Tips Terbaik Membuat Pakan Lele (Pellet) Alternatif

Mengetahui Jenis-jenis pakan ikan lele merupakan hal yang sangat penting dalam usaha budidaya ikan lele. Pada umumnya, pada pembudidayaan hewan ternak apapun jenisnya pakan merupakan faktor yang sangat penting yang menentukan hasil panen ternak tersebut, Tampa pemberian pakan yang baik, mustahil untuk mewujutkan traget produksi yang akan di capai meskipun benih yang dipergunakan adalah kualitas Super.

Pada usaha ternak lele disamping lokasi atau tempat dan kondisi air, Pakan merupakan salah satu faktor penunjang utama pertumbuhan dan kesehatan lele. Pakan lele yang baik serta di tunjang dengan tata cara pemberian pakan yang tepat baik dalam hal waktu maupun penggunaanya, Sehingga para peternak lele dapat memperoleh keuntungan yang maksimal dari ikan yang terkenal.

 Tips Terbaik Membuat Pakan Lele (Pellet) Alternatif


Pakan merupakan komponen yang paling penting dalam usaha budidaya ikan, Termasuk juga ikan lele sekitar 2/3 biaya produksi ikan lele di belanjakan untuk pakan. Masalahnya, harga pakan lele tidaklah murah, Karena sebagaian besar bahan bakunya di impor, Justru hal tersebut menjadi keluhan bagi para pembudidaya ikan. Untuk menjawab kendala, Ada baiknya kita mengetahui bagai mana cara membuat pakan lele alternatif dan sebagai subtitusi pellet buatan pabrik. Terdapat 2 tipe pakan alternatif yang akan di paparkan, Yakni pakan dari Bahan-bahan utama dan pakan yang dengan memanfaatkan Sisa-sisa. Pakan dari bahan-bahan yang memiliki kandungan nutrisi sesuai dengan kebutuhan ikan lele tersebut. Sedangkan pakan tambahan didapatkan dari bahan-bahan organik sisa atau yang harganya murah dan ketersedianya melimpah.

Kandungan Nutrisi Pakan : Pakan lele yang baik haruslah memenuhi rasio pemberian pakan dengan penambahan bobot tubuh kurang dari (1 FCR>1) Yang artinya, Di setiap pemberian pakan sebanyak 1 kg akan menambah bobot tubuh sebanyak 1 kg. Jadi, Semakin kecil rasio FCR tersebut semakin baik juga pakanya.

Penyediaan pakan : Penyediaan pakan lele untuk pakan utama harus memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, Dan pakan tersebut harus mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Protein berfungsi sebagai sumber energi pertama (Utama). Jenis ikan karnivora semacam lele tersebut membutuhkan protein yang tinggi yaitu lebih dari 35% dari berat pakan.

Lemak : Lemak dibutuhkan sebagai sumber energi tambahan yang penting, Selain sebagai sumber energi, Lemak sangat penting untuk kelangsungan hidup ikan. Melarutkan beberapa jenis vitamin dan menjaga keseimbangan daya apung ikan dalam air. Dan Penambahan lemak pada pakan juga mempengaruhi rasa dan mutu pakan. Lele membutuhkan lemak dengan kadar 4-5% dari berat pakan. Kadar lemak tidak boleh berlebihan karena dapat menyebabkan penimbunan lemak pada usus dan hati ikan. Sehingga nafsu makan ikan menjadi berkurang.

Karbohidrat : Karbohidrat terdiri dari senyawa serat kasar dan bahan bebas tampa nitrogen. Fungsi utama dari karbohidrat adalah sebagai sumber energi. Selain berfungsi sebagai nutrisi, karbohidrat juga dapat menjadi bahan perekat dalam pembuatan pakan lele. Kandungan karbohdrat pada pakan lele sebaiknya pada kisaran 4-6%.

Vitamin : Vitamin merupakan zat organik yang di butuhkan ikan dalam jumlah kecil, namun peranya sangat vital, Peranya untuk mempertahankan kondisi dan daya tahan tubuh. Vitamin pada umumnya tidak dapat disintesis oleh tubuh ikan. Jadi haruslah dipenuhi dari luar atau pakan kebutuhan vitamin akan menurun seiring dengan pertumbuhan besar ikan.

Yang di butuhkan dalam jumlah kecil namun penting, Yakni mineral, Mineral memainkan peran penting dalam membangun struktur tulang ikan dan dalam fungsi metabolisme. Mineral terdiri dari makromineral dan mikromineral. Makromineral ada dalam konsentrasi tinggi dalam tubuh ikan diantaranya kalsium (Ca), magnesium (Mg), natrium (Na), kalium (K), fosfor (K), klorida (CI), Dan sulfur (S). Sedangkan Mikormineral antara lain adalah besi (Fe), seng (Zn), mangan (Mn), tembaga (Cu), iodium (I), kobalt (Co), nikel (Ni), fluor (F), krom (Cr), silikon (Si), selenium (Se).

Pembuatan Pakan Lele Alternatif : Memnuat pakan lele, disebut pakan tambahan bertujuan untuk melengkapi pemberian pakan utama, Kandungan nutrisi pada pakan lele tambahan dapat di takar dengan tepat, Namun kandunganya masih bisa kita perkirakan (Kira-kirakan). Pemberian pakan lele tambahan dalam budidaya lele intensif bisa menekan biaya pengeluaran pakan, sehingga peternak dapat menikmati keuntungan yang lebih besar. Bahan-bahan berikut disarikan dari Pengalaman para peternak lele tersebut.

1. Pakan Buatan Pengganti Pellet : Pakan alternatif pengganti pellet dapat kita buat dari berbagai bahan, Dan kandungan pertama pellet yang paling dominan adalah (Tepung ikan), Tepung ikan digunakan karena kandungan protein nya yang tinggi dan gizi. Namun harga tepung ikan dapat dikatakan harga yang melambung tinggi, Oleh karena itu kita dapat mencampurnya dengan bahan yang lain lebih murah dan mudah tampa mengurangi kandungan protein yang ada.

Pakan lele alternatif yang kita buat haruslah disesuaikan dengan kebutuhan standar ikan lele untuk tumbuh dan berkembang dengan baik dan cepat, Silahkan anda lihat kembali tabel yang diatas. Maka dari itu banyak bahan alternatif yang bisa kita dapatkan. Sebaiknya yang menjadi acuan adalah kandungan protein. Nah, Berikut di bawah ini tabel berbagai bahan dan kandungan dalam satuan persen (%).

Bahan : 

1. Tepung ikan : Protein (62.99) Lemak (8.4).
2. Tepung kedelai : Protein (36,6) Lemak (14.30).
3. Bungkil kelapa : Protein (18.46) Lemak (15.73).
4. Tepung jagung : Protein (10.40) Lemak (0.53).
5. Dedak halus : Protein (15.58) Lemak (6.8).
6. Tepung tapioka : Protein (2.6) Lemak (2.6).

Seandainya kita ingin membuat pakan lele dari campuran (50 kg tepung ikan, kandungan protein 62.9%) dengan 50 kg dedak halus (15,58%) apakah campuran tersebut memenuhi kebutuhan protein ikan lele tersebut?.

1. Jumlah protein dalam tepung ikan : (62,9% x 50 kg = 31,45 kg).
2. Jumlah protein dalam dedak halus : (15,58 x 50 kg = 7,79kg).
3. Jumlah total protein dari tepung ikan dan dedak halus = 39,24 kg).
4. Artinya dari total berat bahan beku 100 kg didapat protein 39,24 kg atau 39,24% dari adonan tersebut adalah protein. Hal seperti ini mencukupi untuk pakan lele dimana minimal tersedia kandungan protein kasar sebanyak (30%).
5. Untuk memperkaya kandungan nutrisi, kita dapat menambahkanya dengan berbagai vitamin ikan yang tersedia di pasaran.

2. Limbah Peternakan Unggas : Beruntung bagi peternka yang lokasinya dekat dengan peternkan unggas, (Ayam, puyuh, burung), Peternkan unggas yang biasanya menghasilkan limbah berupa ayam mati dalam jumlah yang kontinyu, Limbah tersebut dapat kita pergunakan untuk pakan lele, karena ikan lele pada hakikatnya adalah hewan karnivora.

Bangkai ayam atau puyuh sebaiknya tidak diberikan begitu saja, untuk menghindari terjangkitnya penyakit pada ikan lele, Bangkai harus dibersihkan terlebih dahulu bulunya dengan cara direbus. Selain menghilangkan bulu, proses perebusan berfungsi untuk membunuh bibit penyakit yang mungkin terkandung dalam bangkai tersebut. Perebusan bangkai dapat di lakukan didalam Drum-drum yang besar.

Jika selesai di rebus, Diamkan bangkai tersebut hingga dingin, Kemudian berikan pada ikan lele pada hari yang sama. Pakan diberikan dengan cara digantung dan dicelupkan pakan dalam air kolam, Setelah habis, diangkat kerangka yang tersisa, Dan jangan sampai menjadi residu dalam kolam.

3. Keong Mas Atau Bekicot : Di sebagian tempat, keong mas merupakan hama bagi petani padi, kita bisa memanfaatkanya daging keong mas yang kaya protein untuk pakan leletambahan. Keong mas mudah ditemukan pada daerah pesawangan. Dan cara mengumpulkanya pun sangat mudah, apalagi jika tempat kita berada di pedesaan. Kita tinggal pasang plang, terima keong mas kamudian nego, selesai sudah.

Sama halnya seperti bangkai unggas, keong mas hendaknya tidak diberikan secara langsung, di rebus terlebih dahulu keong mas atau bekicot dalam air yang mendidih selama beberapa menit. Perebusan tersebut berfungsi untuk mengempukkan daging, Dan memudahkan pelepasan cangkang, juga membunuh bibit penyakit yang tidak kita kehendaki. Jika selesai direbus, lepaskan cangkangnya dengan cara mencukil menggunakan garpu, lalu daging keong mas di dinginkan, kemudian cincang Kecil-kecil, Lansung berikan pada ikan.

4. Belatung : Belatung (maggol) merupakan sumber protein yang sangat baik untuk pakan ikan lele. belatung dihasilkan dari lalat. Ada beberapa jenis belatung yang cocok untuk dijadikan, salah satunya adalah dari lalat black soldier fly (Hermetia illucens). Mengapa hermetia illucens ? karena belatung tersebut memiliki kandungan protein kasar hingga (40%) juga menurut penelitian (BBPBAT) Sangat cocok untuk pakan lele tambahan.

Untuk pembiakan belatung inicukup menyediakan ember, daun pisang, ampas tahu, sisa ikan asin, juga bisa ditambahkan kotoran ayam. Caranya, Masukkan ampas tahu sebagai bahan utama kedalam ember, kemudian tambahkan air bersih lalu aduk hingga rata. Seterusnya tambahkan ikan asin dan kotoran ayam tersebut, Lalu di tutup permukaanya dengan daun pisang kering agar lalat black soldier fly mau bertelur. Dan tempatkan ember ditempat teduh yang terlindung dari air hujan.

Kira-kira selama 3 minggu atau kurang lebih, belatung telah siap di panen. Caranya, Campurkan air pada media kultur, kemudan saring untuk memisahkan media kultur dari belatung. Belatung siap di berikan sebagai pakan lele, Dan untuk bahan baku media kultur sebanyak 100 kg, Kira-kira akan di hasilkan belatung 60 kg. Peringatan dan perhatikan, Jangan menyimpan belatung segar terlalu lama, Karena bisa berubah menjadi Lalat.

5. Ikan Rucah : Bagi para peternak yang lokasinya berdekatan dengan pelelangan ikan, Opsi ini bisa menjadi pilihan yang efektif. Ikan rucah atau ikan Sisa-sisa tangkapan yang Kecil-kecil yang tidak di komsumsi manusia (Orang-orang) yang biasanya di jual dengan harga murah, Dan ikan ini dapat bisa kita manfaatkan untuk pakan lele tambahan.

Ikan rucah tersebut biasanya tidak banyak mengandung tulang atau duri, Bagi ikan rucah seperti ini tidak memerlukan pengolahan terlebih dahulu, bisa langsung di cincang dan diberikan pada lele. Jika ikan rucah tersebut memang mengandung tulang atau berduri, Sebaiknya di rebus saja terlebih dahulu.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Tips Terbaik Membuat Pakan Lele (Pellet) Alternatif Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/10/tips-terbaik-membuat-pakan-lele-pellet.html

25 Responses to “Tips Terbaik Membuat Pakan Lele (Pellet) Alternatif”

Wisata lembang now obvit cimahi mengatakan...
14 Januari 2015 pukul 01.35.00 WIB

sedia bibit azolla bandung - jawa barat

kegunaan azolla :
- penghijau dan pendingin kolam ikan, sawah, kolam terpal, kolam air mancur
- pakan alternatif alami ikan gurame, nila , mas, koi, lele, belut, patin dll
- pakan alternatif ayam pedaging + petelur, bebek, entog, ayam adu
- pakan alternatif / pengganti rumput utk sapi, kambing, kerbau, domba tanpa

ngarit /kemarau
- bahan baku pupuk hijau dan kompos alami utk tanaman pekarangan, sawah, kebun,

lahan gambut
- sebagai pengurai air limbah dan lahan kritis berair misal : bekas galian c,

air TPA sampah, kolam pemancingan
- penstabil keasaman air / PH terutama kolam terpal, bak semen, toren cor tebar

padat
- kandungan dan kegunaan lain nya bisa cari di google

salam hijau dan kembalikan tanah & air kita sebagai mana fungsi nya tanpa bahan

kimia

WHAT APPS / TELP / SMS PASTI DIBALES : 0896 3650 3911
ketik jual azolla bandung di google utk lebih jelas nya..


Unknown mengatakan...
5 Agustus 2015 pukul 02.14.00 WIB

Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat bagi kami semua, dan coba anda lihat informasi berikutnya.News Information Tips Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak thanks semuanya semoga bermanfaat.


KEREN TANIA mengatakan...
6 Februari 2018 pukul 06.05.00 WIB

bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^


UCHIHA SASUKE mengatakan...
14 April 2018 pukul 03.20.00 WIB

numpang share ya.. ingin mencari tambahan uang saku,, kunjungi kami di ionQQ*com
dan jangan lupa di add pin bb kami : 58ab14f5


Unknown mengatakan...
15 April 2018 pukul 10.06.00 WIB

Bandar Judi Bola, Live Casino, Agen Poker & Live Game Terbaru dan Terpercaya di Asianbola77
Gampang Daftar, Gampang Main dan Gampang Menangnya..

1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN :
- SPORTBOOK
- LIVE CASINO
- POKER
- SLOT GAME
- LIVE GAME

Segera Bergabung Bersama Kami di Asianbola77
Promo Menarik Dari Asianbola77
- Minimal Deposit Rp 25.000
- Minimal Withdraw Rp 50.000
- BONUS NEW MEMBER SPORTBOOK 100%
- BONUS DEPOSIT HAPPY HOUR 09:00 - 21:00 WIB
- BONUS CASHBACK UP TO 15%
- BONUS LIVECASINO UP TO 0,8%
- BONUS ROLLINGAN POKER 0,3%
- BONUS REFFERAL 2.5%
Contact Us Now :
?? Wechat : Asianbola77
?? BBM : DC8820C7
?? Wa : +6281244043118
?? Line : Asianbola77
?? Link Pendaftaran : lc.chat/now/9325575/


Unknown mengatakan...
15 April 2018 pukul 17.13.00 WIB

NUMPANG PROMO BOSKU
SILAHKAN GABUNG DI DEWALOTTO
BANYAK PROMO MENARIK !


Unknown mengatakan...
17 April 2018 pukul 07.32.00 WIB

mari coba keberuntungannya bersama kami hanya dengan
deposit minimal 10.000 bisa menangkan uang jutaan rupiah
ditunggu apalagi, segera bergabung bersama kami di F*A*N*S*P*O*K*E*R


Unknown mengatakan...
18 April 2018 pukul 09.40.00 WIB

Agen Bola Online & Casino Online Terpercaya
1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN !!!
Casinobet77 Menyediakan Permainan Terbaru & Terbaik
Livecasino | Bolaonline | Sabungayam | PokerDomino | SpadeGaming | SlotGame | Tangkas | BatuGoncang | Jdb168 SlotGame | NumberGame Lottery
-----------------------------------------------------------------------
- Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
- Bonus Deposit 30% Khusus Permainan Sportbook
- Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
- Bonus Deposit Setiap hari 5rb - 25rb
- Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
- Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
- Bonus Cashback Game & Tangkas 5%
- Bonus Cashback Sportbook 5%
- Bonus Cashback Sabungayam 5%
- Bonus Referall 2% Semua Game
- Bonus Referall 1% dari member Togel
Contact Us Now :
Livechat Casinobet77
whatsapp : +85599495431
PIN BBM : D6235F1C
Wechat : casinobet77cs1
Line : casinobet77
skype : casinobet77
Link pendaftaran :lc.chat/now/8523001/


Unknown mengatakan...
25 April 2018 pukul 04.45.00 WIB

Pagi gan berbagi rejeki bagi pecinta TOGEL atau Games Online bisa bermain bersama di kelinci99 dan dapatkan bonus FREECHIP setiap harinya dengan proses cepat dan pelayanan nyaman akan kami berikan untuk member kita semua penasaran silahkan merapat dan bermain bersama kami ya jika kesulitan bisa juga di bantu dalam pendaftaran ya gan salam JP untuk kita semua TOGEL LOVERS.. pin : 2B1E7B84 di add yach ^^


oke NAgaqq mengatakan...
9 Juli 2018 pukul 07.56.00 WIB

Susah menang di situs lain ???
Ayo daftarkan diri anda di NAGAQQ
Raih kemenangan Dengan AGEN BANDARQ TERBAIK
Bonus Refferal 20% Seumur Hidup
Bonus Rollingan 0.5% Setiap Minggu
WHATSAPP : +855967014811
PIN BB : 2B209F68


dessy mengatakan...
15 Agustus 2018 pukul 03.30.00 WIB

Hai teman-teman, Menjelang kemerdekaan ANAPOKER mengadakan promo nih..
Dengan Minimal Deposit 50.000 dapatkan bonus 25.000 lohhh...
wajib claim melalui livechat ya teman temannn....

Di tunggu kedatangan nya teman teman
info lebih lanjut bisa kunjungin website kami ya
www.anapoker.com
WhatsApp : 0877-8922-1725
BBM : D8B84EE1 / AGENS128


Rai Vinsmoke mengatakan...
28 November 2018 pukul 07.05.00 WIB

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^


Dave Thames mengatakan...
11 Desember 2018 pukul 06.46.00 WIB

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)


nabilla mengatakan...
27 Desember 2018 pukul 05.00.00 WIB

dewalotto 1 user id main semua game ::
1,togel
2.taruhan bola
3.casino
4.poker, domino,ceme, live poker
5.tembak ikan
6.number game
7.sabung ayam
8.slot
9.dan bayak lagi permainan lainnya, daftarkan sekarang juga di dewalotto*com


devi tania mengatakan...
4 Januari 2019 pukul 07.41.00 WIB


Masih Binggung Mencari Situs Togel Online, Live Casino & Taruhan Bola Yang Terpercaya ?
Perkenalkan Kami Adalah Bandar Togel Terpercaya .
Menang Berapa Pun Akan Kami Bayar !!
Nikmati Fasilitas Exclusive Dari Kami :
Pasaran 5 Pasaran Togel Di Sediakan : Sydney ~ Japan4D ~ Singapore ~ China4D ~ Hongkong
Proses Transaksi Yang Cepat Dan Super Mudah .
Minimal Depo 20rb & WD 50rb
Togel Online : WWW.AREATOTO.NET
Mudah Di Akses Dari Berbagai Gadget .
Layanan CS Yang Ramah Dan Online 24 Jam Setiap Hari Nya .
Jangan Pusing Lagi Boss .
Bermain lah Dengan Santai Dan Pasang Taruhan Anda Bersama Kami
Informasi Lebih Lengkap di AREATOTO


kerajinan furniture jepara mengatakan...
22 Januari 2019 pukul 09.42.00 WIB

KURSI PELAMINAN

Sangat membantu.


devi tania mengatakan...
12 Februari 2019 pukul 04.49.00 WIB

Lagi Cari Bandar Togel Online Dengan Games Lainya Yang Lengkap ?
Tapi Gak Tau Situs Mana Yang Bisa Di Percaya ?
Daftar Di : http://bit.ly/2oEkvnc
Minimal Deposit Rp.20.000,-
Minimal Withdraw Rp.50.000,-
Lengkap 1 Userid Dapat Bermain :
Togel, Taruhan Bola, Live Casino & Sabung Ayam
Proses Deposit / Withdraw Kurang Dari 2-3 Menit
Perlayanan Terbaik ( Di Layani CS Yang Ramah )
Website Online 24 Jam / Setiap Harinya
Daftarkan Sekarang Juga : http:WWW.AREATOTO.NET


devi tania mengatakan...
15 Februari 2019 pukul 07.26.00 WIB


Ayo daftarkan diri anda bersama kami di kelinci99.info ya..
1 id bisa bermain sepuasnya..."
kontak 2.B.1.E.7.B.8.4...
dengan cs angelina sedang bertugas..


heriseo61 mengatakan...
27 Februari 2019 pukul 02.45.00 WIB


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
viagra jakarta
viagra asli jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
toko viagra jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko viagra asli
jual viagra asli
harga viagra
harga viagra asli
beli viagra
beli viagra asli
pesan viagra
pesan viagra asli
viagra indonesia
jual pil biru
toko pil biru
agen pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
penjual viagra
penjual viagra asli
viagra original usa
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel original
titan gel rusia
obat cialis
obat kuat cialis
cialis jakarta
cialis asli jakarta
cialis original
cialis england


cindy armaya mengatakan...
16 Juni 2019 pukul 00.30.00 WIB

Numpang ya bossku ^^

HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
Bonus Welcome Untuk New Member:
- Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
- Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
- Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
- Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
- Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
- Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
REAL PLAYER VS PLAYER !!!

Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
WHATSAPP : +855966139323
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM


Nanda Yulia mengatakan...
20 Juni 2019 pukul 01.56.00 WIB

Numpang posting ya min ^_^
Buruan yuk mampir di Y9POKER guys
*Minimal Deposit 10.000-,
*Minimal Withdraw 15.000-,

Disini kamu dapat mainkan 1 ID untuk semua game^__^
*Texas Poker *Capsa Susun
*Ceme *Bandar Capsa
*Ceme Keliling *Big Two (new game)
*Domino QQ

Y9POKER ada memiliki beberapa bonus menarik seperti
*Welcome Bonus 20%
*Bonus Referral 5%
*Bonus CashBack Mingguan 0.5%
*Bonus Next Deposit 5%

Buruan Join DIY9POKER !!
Hubungi Customer Service kami yang siap melayani kamu selama 7 x 24 jam Stay Online
Pin BBM : E36DAA23
WA : +6285261535211
LINE : Y9POKER
Live Chat : Y9POKER(.)Com


Chika Tan mengatakan...
3 Juli 2019 pukul 02.57.00 WIB

WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
anda dapatkan setiap hari nya!!

Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
~ Bonus New Member : 20%
~ Bonus Next Deposit : 5%
~ Bonus Cash Back : 5%

Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan minimal deposit Rp 100.000,-

Minimal Deposit : Rp.25.000
Minimal Withdraw : Rp.25.000

Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

Contact Person WIN323 :
BB : E3E94F65
LINE : win323a

WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )


Anonim mengatakan...
15 Desember 2019 pukul 16.20.00 WIB

Gampang dan Mudah di Akses !!!!
Cukup Daftar Dengan Nomor Handphone
Anda Sudah Menjadi Member edensukses !!!
Agen Judi OnlineTerkini Dan Terpercaya

Promo Bonus New Member dan Member Tetap :
~ Bonus New Member Rp. 10,000,-
~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
~ Bonus referral 10%
~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

Minimal deposit hanya 15 ribu
1 User ID Untuk Semua Jenis Permainan
- POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN.

Deposit Via Pulsa :
- Telkomsel
- XL
- OVO
- Go Pay

Informasi kontak kami
📱 WA : +855 17640528
📱 LINE : EDENPOKER
Telegram : EDENPOKER
🌐 Website :edensukses,club
Email : edenpoker.idn@gmail.com


Akhbar Sanusi mengatakan...
23 November 2021 pukul 13.06.00 WIB

Dengan banyaknya yang menyukai burung lovebird, harga jual burung ini pun sangat tinggi dan meningkat, seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga wajar, bila para peternak burung berlomba-lomba membudidayakan burung lovebird agar meraup banyak keuntungan. Namun hal yang banyak terjadi, dalam proses budidaya/beternak burung lovebird, Kita sering mengalami kegagalan untuk mengawinkan keduanya (jantan dan betina). Alasannya cukup simpel, tidak sedikit burung. Masih berkaitan Jika menggunakan cabai bubuk korea warnanya akan jauh lebih merah dan jika menggunakan cabai lokal warnanya tidak secerah cabai korea tapi rasanya lebih mantap.
Cara Membuat Pakan Lele Sistem Pencernaan Kelinci Ufa Bunga SMartphone


Anonim mengatakan...
23 Januari 2022 pukul 21.46.00 WIB

Coin Casino | CasinoCasino
At Coin Casino, the fun クイーンカジノ is waiting, you can 코인카지노 choose between casino games like blackjack, roulette, 온카지노 video poker, and craps, as well as


Posting Komentar