Tips Terbaik Budidaya Dan Menanam Apel

Apel adalah jenis Buah-buahan yang menghasilkan, Buah apel biasanya berwarna merah kulitnya jika telah masak, telah siap untuk di makan, Namun bisa juga kulinya berwarna hijau dan kuning. Dan kulit buahnya agak lembek, Daging buahnya keras Dan juga memiliki beberapa biji di dalam dagingnya.

Yang pertama sekali di tanam buah apel tersebut di daerah Asia tengah, Dan kini apel telah berkembang di banyak daerah di dunia yang bersuhu udaranya lebih dingin. Apel adalah merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari daerah asaia barat dengan iklim subtropis. Dan di negara indonesia telah di tanam semenjak tahun 1934 hingga saat sekarang ini.

 Tips Terbaik Budidaya Dan Menanam Apel


Jenis tanaman apel menurut Sistematika tanaman apel termasuk dalam :

1. Divisio : Spermatophyta
2. Subdivisio : Angiospermae
3. Klas : Dicotyledonae
4. Ordo : Rosales
5. Famili : Rosaceae
6. Genus : Malus
7. Spesies : Malus sylvestris Mill

Dari Spesies sylvestris Mill tersebut Terdapat bermacam-macam varietas yang memiliki Ciri-ciri atau kekhasan yang tersendiri. Beberapa varietas Apel unggulan antara lain adalah : Rome Beauty, Manalagi, Anna, Princess noble, Dan Wangli/Lali jiwo. Nah berikut di bawah ini Lansung saja kita pada inti artikel Tips Terbaik Menanam Dan Budidaya Apel tersebut.

Manfaat Tanaman

Buah apel banyak mengandung Vitamin C  Dan B, Selain dari itu buah apel kerap menjadi pilihan para pelaku diet sebagai makanan Substitusi.

Sentra Penanaman

Di Negara Indonesia Buah apel dapat tumbuh dan berbuah, Baik pada daerah yang dataran Tinggi. Sentra produksi buah apel di daerah malang (Batu dan Poncokusumo) Dan juga pasuruan (Nongkojajar), Jatim. Di daerah ini buah apel telah di usahakan semenjak tahun (1950) Kemudian berkembang pesat pada tahun (1960) sampai saat ini. Selain dari itu, pada daerah yang banyak di tanami buah apel adalah di jawa timur, (Kayumas-Situbondo, Banyuwangi) Di jawa tengah (Tawangmangu), Di daerah bali (Buleleng dan Tabanan), Di Nusa tenggara barat dan Nusa tenggara timur Juga Sulawesi selatan, Sedangkan sentra penanaman di dunia berada di Eropa, Amerika, Dan Australia. 


Syarat Tumbuh

1. Iklim

1. Curah hujan yang ideal adalah (1.000-2.600 mm/Tahun Dengan hari hujan 110-150 hari/tahun). Dalam setahun banyaknya bulan basah atau hujan adalah 6-7 bulan dan bulan kering 3-4 bulan. Curah hujan yang tinggi pada saat berbunga akan menyebabkan bunga gugur sehingga tidak dapat menjadi buah.

2. Tanaman Apel membutuhkan cahaya matahari yang cukup antara (50-60%) di setiap harinya. Terutama pada saat Pembungaan.

3. Suhu yang sesuai berkisar antara (16-27Derajat C).

4. Kelembaban udara yang di kehendaki atau di butuhkan tanaman Apel sekitar (75-85%).


Media Tanam

1. Tanaman apel tumbuh dengan baik pada tanah yang bersolum dalam, Mempunyai lapisan Organik Yang tinggi, Dan Struktur tanahnya Remah dan Gembur, Mempunyai Aersi, Penyerapan Air, Juga Porositas baik. Sehingga pertukaran Oksigen dan pergerakan hara dan kemampuan penyimpanan airnya Optimal.

2. Tanah yang cocok adalah Latosol, Andosol dan Regosol.

3. Derajat keasaman tanah pH yang cocok untuk tanaman apel adalah 6-7 dan kandungan air tanah yang di butuhkan adalah air yang tersedia.

4. Dalam pertumbuhanya tanaman apel membutuhkan kandungan air tanah yang cukup.

5. Kelerengan yang terlalu tajam akan menyulitkan perawatan tanaman, Sehingga apabila masih memungkinkan di buat terasering maka tanah masih layak di tanamkan.

Ketinggian Tempat

Tanaman Apel dapat tumbuh dan berbuah baik pada ketinggian (700-1200 m dpl) Dan dengan ketinggian Optimal (1.000-1.200 m dpl).

Pedoman Budidaya

1. Pembibitan

Perbanyakan tanaman apel di lakukan secara Vegetatif dan generatif. Perbanyakan yang baik dan lama dan sering menghasilkan bibit yang menyimpang dari Induknya. Teknik perbanyakan generatif di lakukan dengan biji, Sedangkan perbanyakan Vegetatif di lakukan dengan Okulasi atau penempelan (Budding) Atau Sambungan (Grafting) dan Stek.

1. Persyaratan Benih : Syarat batang bawahmerupakan Apel liar, Perakaran luas dan kuat, Bentuk pohon kokoh, Mempunyai daya adaptasi yang tinggi, Sedangkan syarat mata tunas adalah berasal dari batang tanaman apel yang sehat dan memiliki Sifat-sifat Unggul.

2. Penyiapan Benih : Penyiapan benih di lakukan dengan cara perbanyakan batang bawah di lakukan Langkah-langkah sebagai berikut yang di bawah ini :

A. Anakan/Siwilan 

1. Ciri-ciri anakan yang diambil adalah setinggi 30 cm, diameter 0,5 cm, Dan kulit batang Kecoklatan.

2. Anakan diambil dari pangkal batang bawah tanaman produktif dengan cara menggali tanah di sekitar pohon, Kemudian anakan di cabut beserta Akar-akarnya secara berlahan-lahan dan Berhati-hati.

3. Setelah anakan di cabut, anakan di rompes dan cabang-cabang di potong, kemudian di tanam pada bedengan selebar 60 cm dengan kedalaman parit 40 cm.

B. Rundukan (Layering)

1. Bibit hasil rundukan dapat di peroleh dengan dua cara yaitu :

1. Anakan pohon induk liar : Anakan yang agak panjang di rebahkan melekat tanah, Lalu cabang di jepit kayu dan di itmbin tanah. Penimbunan di lakukan Tiap-tiap mata dan apabila telah cukup kuat tunas dapat di pisahkan dengan cara memotong cabangnya.

2. Perundukan tempelan batang sawah : Dilakukan pada waktu tempelan di buka (2 Minggu) Yaitu dengan memotong  2/3 bagian penampang batang sawah. sekitar 2 cm diatas tempelan, dan bagian atas karatan di benamkan di dalam tanah lalu di tekuk lagi keatas. Kemudian pada tekukan di beri penjepit kayu atau Bambu.

2. Setelah rundukan berumur sekitar 4 bulan, di lakukan pemisahan bakal bibit dengan cara memotong miring batang tersebut di bawah keratan atau tekukan. Lalu bekas luka diolesi defolatan.

C. Stek

Stek apel liar berukuran panjang 15-20 cm (Diameter seragam dan lurus), Sebelum di tanam bagian bawah stek di celupkan larutan Roton F untuk merangsang pertumbuhan Akar. Dan jarak penanaman (30 x 25 cm) Tiap bedengan di tanami dua baris, Dan stek siap diokulasi pada umur 5bulan, dan dia meter batang 1 cm dan perakaran cukup kuat.

Teknik Pembibitan

A. Penempelan.

1. Pilih batang bawah yang memenuhi syarat, yaitu yang telah berumur 5 bulan, dan diameter batang ± 1 cm dan kulit batangnya mudah di kelupas dari kayu.

2. Ambil mata tempel dari cabang atau batang sehat yang berasal dari pohon apel varietas unggul yang telah terbukti keunggulanya. caranya adalah dengan menyayat mata tempel beserta kayunya sepanjang 2,5-5cm. (Matanya Di Tengah-tengah) Kemudian lapisan kayu di buang dengan hati-hati agar matanya tidak Rusak.

3. Buat lidah kulit batang yang terbuka pada batang bawah setinggi ± 20 cm dari pangkal batang dengan ukuran yang di sesuaikan dengan mata tempel, Dan lidah tersebut diungkit dari kayunya dan di potong setengahnya.

4. Masukkan mata tempel kedalam lidah batang bawah sehingga menempel dengan baik Terus ikat temempelan dengan pita plastik putih dengan seluruh bagian tempelan.

5. Setelah 2-3 Minggu, Ikatan tempelan dapat di buka dan semprot/kompres dengan (ZPT). Kemudian tempelan yang jadi mempunyai tanda mata tempel yang berwarna hijau segar dan melekat.

6. Pada okulasi yang jadi, Kerat batang sekitar 2 cm diatas okulasi dengan posisi melintang sedikit condong keatas sedalam 2/3 bagian penampang. Tujuan untuk Mengkonsentrasiakan pertumbuhan sehingga memacu pertumbuhan mata Tunas.

B. Penyambungan

1. Batang atas (Entres) berupa cabang (Pucuk cabang lateral).
2. Batang bawah di potong pada ketinggian 20 cm dari leher akar.
3. Potong pucuknya dan belah bagian tengah batang bawah dengan panjang 2-5 cm.
4. Cabang entres di potong sepanjang 15 cm (3 mata) Dan dauny di buang, Kemudian pangkal batang atas di iris berbentuk baji. Dan panjang irisan sama dengan panjang belahan batang bawah.
5. Btang atas di sisipkan kedalam batang bawah, Sehingga kambium keduanya dapat bertemu.
6. Ikat sambungan dengan tali plastik serapat mungkin.
7. Kerudungi setiap sambungan dengan kantung plastik, Kemudian setelah berumur 2-3 minggu kerudung plastik dapat di buka untuk melihat keberhasilan sambungan.

Pemeliharaan Pembibitan

Pemeliharaan batang bawah meliputi :

A.Pemupukan : Pemupukan di lakukan 1-2 bulan sekali dengan urea dan TSP Masing-masing 5 gram per tanaman (Di sebar mengelilingi) di sekitar tanaman.

B. Penyingan : Waktu penyiangan tergantung pada pertumbuhan gulma.

C. Pengiran : 1 Minggu sekali (Apabila tidak Hujan).

D. Pemberantasan Hama dan Penyakit : Di semprotkan pestisida 2 kali tiap bulan dengan memperhatikan gejala serangan, Fungisida yang di pergunakan adalah (Antracol atau Dithane). Sedangkan insektisida adalah (Supracide atau Decis). Bersama dengan ini Dapat pula di berikan Pupuk daun, Dan di tambah perekat (Agristic).

Pemindahan Bibit

Bibit okulasi grafting atau (Penempelan dan sambungan) dapat di pindahkan ke lapang pada umur minimal 6 bulan setelah okulasi. Di Potong-potong hingga 80-100 cm dan daun di rompes.

Pengolahan Media Tanam

1. Persiapan : Persiapan yang di perlukan adalah Persiapan pengolahan tanah dan pelaksanaan survai. Dan tujuan untuk mengetahui jenis tanaman, Kemiringn tanah, Kedaan tanah, Menentukan kebutuhan tenaga kerja, Bahan peralatan, Dan biaya yang di butuhkan/perlukan.

2. Pembukaan Lahan : Tanah diolah dengan cara menyangkul tanah sekaligus membersihkan Sisa-sisa tanaman yang masih tertinggal.

3. Pembentukan Bedengan : Pada tanaman Apel bedeng hampir tidak di perlukan, Tetapi hanya peninggian alu penanaman.

4. Pengapuran :  Pengapuran bertujuan untuk menjaga keseimbangan pH tanah, Pengapuran hanya di lakukan apabila pH Tanah kurang dari 6.

5. Pemupukan : Pupuk yang di berikan pada pengolahan lahan adalah pupuk kandang sebanyak (20 gram) per lubang tanam yang di campur merata dengan tanah, Setelah itu di biarkan selama 2 Minggu.

Teknik Penanaman

1. Penentuan Pola Tanam : Tanaman apel dapat di tanam secara monokultur maupun intercroping, Intercroping hanya dapat di lakukan apabila tanah belum tertutup tajuk-tajuk daun sebelum 2 tahun. Tetapi pada saat ini, setelah melalui beberapa penelitian intercroping pada tanaman apel dapat di lakukan dengan tanaman yang berhabitat rendah, Seperti : Cabai, Bawang Dan yang lainya. Tanaman apel tidak dapat di tnam pada jarak yang terlalu rapat karena akan menjadi sangat rimbun yang akan menyebabkan kelembaban Tinggi, Sirkulasi Udara kurang, Sinar matahari terhambat dan meningkatkan pertumbuhan penyakit Jarak tanam yang ideal untuk tanaman apel tergantung varietas. Untuk varietas manalagi dan Prices Moble adalah 3-3,5 x 3,5 m, Sedangkan untuk varietas Rome Beauty dan Anna dapat lebih pendek yaitu 2-3 x 2,5-3 m.

2. Pembuatan Lubang Tanam : Ukuran lubang tanm antara (50 x 50 x 50 cm) Sampai (1 x 1 x 1 m). Tanah atas dan tanah bawah di pisahkan, Masing-masing di campur pupuk kandang Kurang lebih 20 kg, Kemudian tanah di biarkan selama 2 minggu, Dan menjelang tanam tanah galian di kembalikan sesuai dengan asal mulanya.

3. Cara Penanaman : Penanaman apel di lakukan baik pada musim hujan atau kemarau (Di sawah) untuk lahan tegal dianjurkan pada musim hujan. Nah berikut di bawah ini cara menanam bibit apel adalah :

1. Masukkan tanah bagian bawah bibit kedalam lubang tanam.

2. Masukkan bibit di tengah lubang sambil diatar perakaranya agar menyebar.

3. Masukkan tanah bagian atas dalam lubang sampai sebatas akar dan di tambah tanah galian lubang tersebut.

4. Apabila semu tanh telah masuk, Kemudian tanah di tekan-tekan secara perlahan dengan tangan agar agar bibit tertanam kuat dan lurus. Dan untuk menahan angin, Bibit dapat di tanam pada ajir dengan ikatan longgar.

Pemeliharaan Tanaman

1. Penjarangan Dan Penyulaman : Penjarangan tanaman tidak di lakukan. Sedangkan penyulaman di lakukan pada tanaman yang mati atau di matikan karena tidak menghasilkan dengan cara menanam tanaman barumenggantikan tanaman yang lama. Penyulaman sebaiknya di lakukan pada musim hujan.

2. Penyiangan : Penyiangan hanya di lakukan di sekitar tanaman induk terdapat banyak gulma yng dinggap dapat mengganggu tanaman. Pada kebun yang di tanami apel dengan jarak tanam yang rapat sehingga Rumput-rumput tidak dapat tumbuh.

3. Pembubunan : Penyiangan yang biasanya di ikuti dengan pembubunan tanah, Pembubunan di maksutkan untuk meninggikan kembali tanah di sekitar tanaman agar tidaaak tergenang air dan juga untuk menggemburkn tanah. Pembubunan biasanya di lakukan setelah Panen atau bersamaan dengan pemupukan.

4. Perempalan/Pemangkasan : Bagian yang perlu di pangkas adalah bibit yang baru di tanam setinggi 80 cm, Tunas yang tumbuh di bawah 60 cm, Tunas-tunas ujung beberapa ruas dari pucuk, 4-6 mata dan bekas tangkai buah, Knop yang tidak subur, Cabang yng berpenyakit, Dan tidak produktif. Cabang yang menyulitkan bulan sampai di dapat bentuk yang di inginkan 4-5 tahun.

5. Pemupukan : Musim hujan/Tanah sawah. Bersamaan rompes daun.

Hama Dan Penyakit 

1. Hama. Kutu hijau (Aphis pomi Geer) 

Ciri : Kutu dewasa berwarna hijau kekuningan, Antena pendek, Panjang tubuh 1,8 mm, Ada yang bersayap dan ada pula tidak bersayap. Panjng sayap 1,7 mm, Berwarna hitam dan perkembangbiakan sangat cepat, telur dapat menetas dalam 3-4 hari.

Gejala : 1. Nimfa maupun kutu dewasa menyerang dengan menghisap cairan Sel-sel, Daun secara berkelompok di permukaan daun muda, terutama di ujung tunas muda, Tangkai cabang, bunga, dan buah,

2. Kutu menghasilkan embun madu yng akan melapisi permukaan daun dan merangsang tumbuhnya jamur hitam (Embun jelaga) Dan daun berubah bentuk Mengkerut, Leriting, Terlambat berbunga, Buah-buah muda gugur, Jika tidak mutu buahpun terlihat jelek.

Pengendalian

1. Sanitasi kebun dan pengaturan jarak tanam jangan terlalu rapat.
2. Dengan musuh alami coccinellidae lycosa.
3. Dengan penyemprotan Supracide 40 EC (Ba Metidation) Dosis 2 cc/liter air atau 1-1,6 liter.
4. Supracide 40 EC dalam 500-800 liter/ha air dengn interval penyemprotan 2 minggu sekali.
5. Convidor 200 SL (b.a. Imidakloprid) Dosis 0,125-0,250 cc/liter air.
6. Convidor 200 SL dalam 600 liter/h air dengan interval penyemprotan 10 hari sekali.
7. Convidor tersebut dapat mematikan sampai Telur-telurnya, Cara penyemprotan dari atas ke bawah. Dan penyemprotan di lakukan 1-2 minggu sebelum pembungaan dan di lanjutkan 1-1,5 bulan setelah bunga mekar sampai 15 hari sebelum Panen.

2. Tungau, Spinder mite, Cambuk merah, (panonychus Ulmi)

Ciri : Warna mewrah tua, Panjang 0,6 mm.

Gejala

1. Tungau menyerang daun dengan menghisap cairan Sel sel daun.
2. Pada serangan hebat menimbulkan bercak kuning buram, cokelat, Dan mengering.
3. Pada buah yang menyebabkan bercak Keperak-perakan atau cokelat.

Pengendalian

1. Dengan musah alami coccinellidae dan lycosa.
2. Penyemprotan Akarisida Omite 570 EC sebanyak 2 cc/liter air atau 1 liter Akarisida Omite 570 EC dalam 500 liter air/hektar dengan interval 2 minggu.

3. Trips

Ciri : Berukuran kecil dengan panjang 1 mm, nimfa berwarna putih Kekuning-kuningan , Dewasa berwarna cokelat kehitam-hitaman, Bergerak dengan cepat dan apabila di sentuh akan segera terbang menghindar.

Gejala

1. Menjerang daun, kuncup/tunas, dan buah yang masih sangat muda.
2. Pada daun terlihat Berbintik-bintik putih, kedua sisi daun menggulung keatas dan pertumbuhan tidak normal.
3. Pada ujung daun tunas mengering dan gugur.
4. Pada daun meninggalkan bekas luka yang berwarna cokelat keabu-abuan.

Pengendalian

1. Secara mekanis dengan membuang Telur-telur pada daun dan menjaga agar lingkungan tajuk tanaman tidak terlalu rapat.

2. Penyemprotan dengan intektisida seperti lannate 25 WP (b.a. Methomyl) dengan dosis 2 cc/liter air atau Lebaycid 550 EC (b.a. Fention) dengan dosis 2 cc/liter air pada saat tanaman sedang bertunas, Berbunga, Dan pembentukan buah.

4. Ulat Daun (Spodopteralitura)

Ciri : Larva berwarna hijau dengan Garis-garis Abu-abu memanjang dari abdomen sampai kepala. Pada lateral larva terdapat bercak hitam yang berbentuk lingkaran atau setengah lingkaran. Meletakkan telur secara berkelompok dan di tutupi dengan rambut halus yang berwarna cokelat muda.

Gejala : Menyerang daun, Mengakibatkan Lubang-lubang tidak teratur hingga Tulang-tulang daun.

Pengendalian.

1. Secara mekanis dengan membuang Telur-telur pada daun
2. Penyemprotan dengan penyemprotan seperti Tamaron 200 LC (b.a. Metamidofos) Dan Nuvacron 20 SCW (b.a. Monocrotofos).

5. Serangga Penghisap Daun (Helopelthis Sp)

Ciri : Helopelthis theivora dengan abdomen warna hitam dan merah, sedangkan helopelthis Antoni dengan abdomen warna merah dan putih, Serangga berukuran kecil,panjang nimfa yang baru menetes 1 mmdan panjang serangga dewasa 6-8 mm. Pada bagian thoraknya terdapat benjolan yang menyerupai jarum.

Gejala : Menyerang pada pagi hari, Sore atau pada saat keadaan berawan. Menyerang daun muda,Tunas dan buah buah dengan cara menghisap cairan sel, Daun yang terserang menjadi coklat dan perkembanganya tidak simetris, Tunas yang terserang menjadi coklat, Mengering dan akhirnya mati juga, Serangan pada buah menyebabkan buah menjadi bercak bercak coklat, nekrose, dan apabila buah membesar, Bagian bercak bercak ini pecah, yang menyebabkan kualitas buah menurun.

Pengendalian :

1. Secara mekanis dengan cara pengerondongan atap plastik/pembelonsongan buah.
2. Penyemprotan dengan insektisida seperti : Lannate 25 WP (b.a. Metomyl), Baycarb 500 EC (b.a. BPMC) Yang di lakukan pada sore hari atau pagi hari.

6. Ulat Daun Hitam (Dasychira Inclusa Walker)

Ciri : Larva mempunyai 2 jambul dekat kepala berwarna hitam yang mengarah kerah samping kepala, Dan pada bagian badan terdapat 4 jambul yang merupakan kumpulan serta berwarna coklat Kehitam-hitaman. Di sepanjang 2 sisi tubuh terdapat rambut yang berwarna Abu-abu dan panjang larva 50 mm.

Gejala : Menyerang daun muda dan yang tua, Dan tanaman yang terserang tinggal tulang Daun daunya dengan kerusakan 30%. Dan pada siang hari larva bersembunyi di balik daun. 

Pengendalian :

1. Secara mekanis dengan membuang telur telur yang biasanya di letakkan pada daun.
2. Penyemprotan insektisida Seperti : Nuvacron 20 SCW (b.a. Monocrotofos) Dan matador 25 EC.

7. Lalat Buah (Rhagloletis Pomonella)

Ciri : Larva tidak berkaki, Setelah menetas dari telur 10 hari kemudian dapat segera memakan daging buah,Warna lalat hitam, Dan kaki Kekuning-kuningan lalu meletakkan telur pada buah,

Gejala : Bentuk buah menjad jelek,Dan terlihat benjol-benjol.

Pengendalian :

1. Penyemprotan insektisida kontak seperti Lebacyd 550 EC.
2. Membuat perangkat lalat jantan dengan menggunakan Methyleugenol sebanyak 0,1 cc lalu di teteskan pada kapas yang sudah di tetesi Insektisida 2 cc. Dan kapas tersebut di masukkan ke botol plastik (Bekas air mineral) Yang di gantungkan dengan ketinggian 2 meter,Karena aroma yang mirip Bau-bau yang di keluarkan sang betina, Maka si jantan tertarik dan menghisap kapas tersebut.

Penyakit

1. Penyakit Embun Tepung (Powdery Mildew)

 Penyebab : Padosphaera leucottich Salm. Dengan Stadia imperfeknya adalah oidium Sp.

Gejala :

1. Pada daun atas tampak Memutih atau putih, Tunas tidak normal, kerdil dan tidak berbuah,
2. Pada buah berwarna coklat, Dan berkutil coklat.

Pengendalian

1. Memotong tunas atau bagian yang sakit dan di bakar.
2. Dengan menyemprotkan fungisida Nimrod 250 EC (2,5-5 cc/10 liter air (500 liter/Ha) Atau Afugan 300 EC (0,5-1 cc/liter air (Pencegahan) Dan 1-1,5 cc/liter air Setelah perompesan sampai tunas berumur 4-5 minggu dengan interval 5-7 Hari.

Penyakit Becak Daun (Marssonina coronaria J.J. Davis)

Gejala : Pada daun umur 4-6 minggu setelah perompesan terlihat brecak putih yang tidak teratur, Berwarna coklat, Dan permukaan atas timbul titik-titik hitam, Di mulai dari daun tua, Daun muda hingga seluruh bagian Gugur.

Pengendalian :

1. Jarak tanam tidak terlalu rapat, Dan bagian yang terserang di buang atau di bakar.

2. Di semprot fungisida Agrisan 60 WP 2 gram/liter air, Dosis 1000-2000 gram/ha sejak 10 hari setelah rompes dengan interval 1 minggu sebanyak 10 Aplikasi atau delseme MX 200 2gram/liter air, Henlate 0,5 gram/liter air sejak umur 4 hari setelah rompes dengan interval 7 hari hingga 4 minggu.

3. Jamur upas (Cortisium salmonicolor berk et Br).

Pengendalian : Mengurangi kelembaban kebun, Dan menghilangkan bagian tanaman yang sakit.

4. Penyakit kanker (Botryosphaeria Sp)

Gejala : Menyerang batang/cabang (Busuk, Warna coklat kehitaman, Dan terkadang mengeluarkan cairan). Dan buah (Bercak kecil warna coklat muda, Busuk, Mengelembung, Berair, Dan warna buah memucat.

Pengendalian :

1. Tidak memanen buah terlalu masak.
2. Mengurangi kelembaban kebun.
3. Membuang bagian yang sakit.
4. Pengerokkan batang yang sakit kemudian diolesi fungisida Difolatan 4 F 100 cc/10 liter air atau Copper sandoz.
5. Di semprotkan Benomyl 0,5 gram/liter air, Antracol 70 WP 2 gram/liter air.

5. Busuk buah (Gloeosporium Sp)

Gejala : Bercak kecil coklat dan berbintik-bintik hitam berubah menjadi Orange.
Pengendalian : Tidak memetik buah terlalu masak, Dan pencelupan dengan Benomyl 0,5 gram/liter air untuk mencegah penyakit pada penyimpanan.

6. Busuk Akar (Armilliaria Melea)

Gejala : Menjelang tanaman apel pada daerah dingin basah, D itandai dengan layunya daun, Gugur, Dan kulit akar membusuk.

Pengendalian : Dengan Eradifikasi, Yaitu membongkar/Mencabut tanaman yang terserang beserta Akar-akarnya, Dan bekas lubang tidak di tanami minimal (1 tahun).

8. Panen

Ciri-ciri Dan Umur Panen

Pada umumnya buah apel dapat di panen pada umur 4-5 bulan setelah bunga mekar. Dan tergantung pada varietas dan iklim. Rome beauty dapat di petik pada umur sekitar 120-141 hari dari bunga mekar, Dapat di panen pada umur 141 hari setelah bunga mekar dan Anna sekitar 100 hari. Tetapi pada musim hujan dan tempat yang lebih tinggi, Umur buah lebih panjang.

Pemanenan yang paling baik di lakukan pada saat tanaman mencapai tingkat masak fisiologis (Ripening), Yaitu tingkat di mana buah mempunyai kemampuan untuk menjadi masak normal setelah di panen. Ciri masak fisiologis Buah apel adalah : Ukuran buah terlihat maksimal, Aroma buah mulai terasa, Dan warna buah tampak cerah segar dan apabila di tekan terasa (Kres).

Cara Panen

Pemetikan apel di lakukan dengan cara memetik buah dengan tangan secara serempk untuk setiap kebun.

Periode Panen

Priode panen apel adalah, 6 bulan sekali bedasarkan siklus pemeliharaan yang sudah di lakukan.

Prakiraan Produksi

Produksi buh apel sangatlah tergantung dengan Varietas, Dengan secara umum produksi apel adalah 6-15 kg/Pohon.

PascaPanen

1. Pengumpulan : Setelah di petik, Buah apel di kumpulkan pada tempat yng teduh atau tidak terkena sinar matahari langsung agar laju respirasi berkurang sehingga di dapatkan apel yang tinggi kualitas juga kuantitasnya. Penggumpulan di lakukan dengan Hati-hati kalau bisa jangan di tumpuk dan di lempar-lemparkan. Kemudian di bawa dengan keranjang di gudang untuk di seleksi.

2. Penyortiran dan penggolongan : Penyortiran di lakukan untuk memisahkan antara buah yang baik dan bebas dari penyakit dengan buah yang jelek atau buah yang berpenyakit. Agar penyakit tidak tertular keseluruhan buah yang di panen yang dapat menurunan mutu produ. Penggolongan di lakukan untuk mengklasifikasikan produk berdasarkan jenis variets, Ukuran dan kualitas buah.

3.Penyimpanan : Pada dasarnya buah apel dapat di simpan lebih lama di banding dengan buah-buahan yang lain, Misalnya, Rome beauty 21-28 hari (Umur petik 113-120 hari) Atau 7-14 hari (Umur petik 127-141 hari).Untuk penyimpanan lebih lama (4-7 bulan) Haruslah di simpan pada suhu minus 6-0 deajat C dengan precooling 2,2 derajat C.

4.Pengemasan Dan Transportasi : Kemasan yang di gunakan adalah kardus dengan ukuran (48 x 33 x 37 cm) Dengan berat 35 kg buah apel. Dasar dan diatas susunan apel perlu di beri potongan kertas dan di susun miring (Tangkaisejajar panjang kotak).Kemudian dasar kotak di isi 3-3 atau 2-2 atau juga berselang 3-2 saling menutup ruang antar buah.

10 Analisis Ekonomi Budidaya Tanaman

Analisis UsahaBudidaya : Perkiraan analisis budidaya apel skala 1 hektar selama masa tanam 6 tahun di daerah jawa timur pada tahun 1999 adalah seperti berikut :

a) Biaya Produksi1. Lahan sewa 10 tahun @ Rp. 1.000.000, - Rp. 10.000.000, -2. Bibit Tanaman 400 @ Rp. 3.500, - Rp. 1.400.000, -3. Pupuk Kandang- Tahun Ke-1, 67 m3 @ Rp. 15.000, - Rp. 1.005.000, -- Tahun Ke-2, 83 m3 Rp. 1.245.000, -- Tahun Ke-3, 100 m3 Rp. 1.500.000, -- Tahun Ke-4, 125 m3 Rp. 1.875.000, -- Tahun Ke-5, 150 m3 Rp. 2.250.000, -- Tahun Ke-6, 175 m3 Rp. 2.625.000, -4. Pupuk Urea- Tahun Ke-1, 80 kg @ Rp. 1.410, - Rp. 112.800, -- Tahun Ke-2, 100 kg Rp. 141.000, -- Tahun Ke-3, 145 kg Rp. 204.450, -- Tahun Ke-4, 152 kg Rp. 214.320, -- Tahun Ke-5, 222 kg Rp. 313.020, -- Tahun Ke-6, 333 kg Rp. 469.530, -5. Pupuk SP 36- Tahun Ke-1, 65 kg @ Rp. 2.055, - Rp. 133.575, -- Tahun Ke-2, 85 kg Rp. 174.675, -- Tahun Ke-3, 100 kg Rp. 205.500, -- Tahun Ke-4, 100 kg Rp. 205.500, -- Tahun Ke-5, 111 kg Rp. 228.105, -- Tahun Ke-6, 166 kg Rp. 341.130, -6. Pupuk KCl- Tahun Ke-1, 26 kg @ Rp. 2.550, - Rp. 66.300, -- Tahun Ke-2, 50 kg Rp. 127.500, -- Tahun Ke-3, 73 kg Rp. 186.150, -- Tahun Ke-4, 152 kg Rp. 387.600, -- Tahun Ke-5, 333 kg Rp. 849.150, -- Tahun Ke-6, 500 kg Rp. 1.275.000, -7. Pupuk daun- Tahun Ke-1, 3 liter @ Rp. 54.000, - Rp. 162.000, -- Tahun Ke-2, 6 liter Rp. 324.000, -- Tahun Ke-3, 8 liter Rp. 432.000, -- Tahun Ke-4, 10 liter Rp. 540.000, -- Tahun Ke-5, 10 liter Rp. 540.000, -- Tahun Ke-6, 10 liter Rp. 540.000, -8. Obat Dan Pestisida (Antracol, Karathane, Nimrod, Dimecron, dll)- Tahun Ke-1 Rp. 3.000.000, -- Tahun Ke-2 Rp. 4.400.000, -- Tahun Ke-3 Rp. 4.840.000, -- Tahun Ke-4 Rp. 5.668.000, -- Tahun Ke-5 Rp. 8.400.000, -- Tahun Ke-6 Rp. 11.104.000, -9. PERALATAN- Cangkul 20 buah @ Rp. 15.000, - Rp. 300.000, -- Sprayer 3 buah @ Rp. 300.000, - Rp. 900.000, -- Gunting Pangkas 5 buah @ Rp. 50.000, - Rp. 250.000, -10. Tenaga Koperasi Karyawan Bhakti Samudera- Tenaga Tetap 1 orangutan Rp. 960.000, - Rp. 5.760.000, -- Pengolahan Lahan tahun Ke-1 15 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 75.000, -- Pengolahan Lahan tahun Ke-2-6, 40 HOK @ Rp. 200.000, - Rp. 1.000.000, -- Buat Lubang Tanam 70 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 350.000, -- Penanaman 30 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 150.000, -- Penyiangan 20 HOK / thn @ Rp. 100.000, - Rp. 600.000, -- Pemupukan- Tahun Ke-1 dan Ke-2, 30 HOK @ Rp. 150.000, - Rp. 300.000, -- Tahun Ke-3 40 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 200.000, -- Tahun Ke-4, 50 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 250.000, -- Tahun Ke 5, 65 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 325.000, -- Tahun Ke-6, 75 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 375.000, -- Pengendalian HPT- Tahun Ke-1, 24 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 120.000, -- Tahun Ke-2, 36 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 180.000, -- Tahun Ke-3, 48 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 240.000, -- Penyemprotan Hama- Tahun Ke-1, 50 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 250.000, -- Tahun Ke-2, 65 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 325.000, -- Tahun Ke-3, 60 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 300.000, -- Penyemprotan penyakit- Tahun Ke-1, 20 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 100.000, -- Tahun Ke-2, 30 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 150.000, -- Tahun Ke-3, 30 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 150.000, -- Penyabutan batang- Tahun Ke-2, 16 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 80.000, -- Tahun Ke-3, 20 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 100.000, -- Tahun Ke-4, 30 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 150.000, -- Tahun Ke-5, 50 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 250.000, -- Tahun Ke-6, 50 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 250.000, -- Pengairan- Tahun Ke-1, 2, 3: 30 HOK / tahun @ Rp. 150.000, - Rp. 450.000, -- Tahun Ke-4, 5, 6: 40 HOK @ Rp. 200.000, - Rp. 600.000, -- Pemangkasan- Tahun Ke-2, 22 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 110.000, -- Tahun Ke-3, 30 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 150.000, -- Tahun Ke-4, 50 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 250.000, -- Tahun Ke-5, 60 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 300.000, -- Tahun Ke-6, 60 HOK @ Rp. 5.000, - Rp. 300.000, -Jumlah Wesel Produksi selama 6 tahun Rp. 83.125.305, -2) Pendapatan (MULAI Produksi tahun Ke-3)1. Tahun Ke-3: 2.900 kg @ Rp. 5.000, - Rp. 14.500.000, -2. Tahun Ke-4: 3.825 kg @ Rp. 5.000, - Rp. 19.125.000, -3. Tahun Ke-5: 4.990 kg @ Rp. 5.000, - Rp. 24.950.000, -4. Tahun Ke-6: 6.760 kg @ Rp. 5.000, - Rp. 33.800.000, -Number pendapatan Rp. 92.375.000, -3) Keuntungan Dalam, 6 tahun Rp. 9.249.695, -4) Parameter kelayakan Pratama Afiliasi1. B / C ratio = 1,1

Menurut analisis Pudji Santoso dkk (1988) menunjukkan bahwa pada Bambang Sularso BEP apel pertanian di tanah sawah Rp. 33.916.000 untuk lahan tegal dan Rp. 45.034.000 dapat dicapai pada area minimal 0.164 ha (padi) dan 0,39 ha (dost). Ini berarti bahwa jika petani menanam apel lebih dari skala minimum, petani mendapat keuntungan.

Gambaran Peluang Agribisnis

Dalam hal agribisnis, apel tergolong tanaman yang sangat komersial. Hal ini didukung oleh beberapa alasan, yaitu:

1) Iklim: Apel merupakan tanaman yang selektif. Artinya apel merupakan tanaman yang hanya dapat tumbuh dan berkembang di daerah-daerah tertentu di mana iklim yang mendukung. Tanaman apel di banyak negara di dunia yang diproduksi oleh empat musim, sementara hanya beberapa daerah di daerah tropis sukses contoh Malang.

2) Pasar apple Indonesia; selama pasar Apple Indonesia diimpor dari negara-negara Eropa dan Australia. Sejak bekembangnya apel pasar di Indonesia secara bertahap diambil alih oleh produksi dalam negeri. Hal ini dapat dilihat bahwa data BPS menunjukkan peningkatan nasional apel produksi 7.303.372 ton (1984) menjadi 9.046.276 ton (1988), meningkat 17,5%. Target akhir adalah pemenuhan konsumsi nasional dan ekspor.

3) Faktor lain, yaitu, pengembangan komoditas agro sebagai apel dan pengembangan makanan olahan seperti bubur apel jelly apel dan apel.

Produksi Stanhdar

1. Ruang Lingkup

Standar produksi meliputi: persyaratan mutu, metode pengujian kualitas, metode pengambilan sampel dan cara pengemasan.

2. Diskripsi

3. Klasifikasi dan Standar Mutu

Kualitas standar selama ini berlaku:
a) Grade A = 15,9% (31-4 buah / kg)
b) Grade B = 45,2% (5-7 buah / kg)
c) Grade C = 29,6% (8-10 buah / kg)
d) Kelas D = 7,0% (11-15 buah / kg)

4. Pengambilan

Sampel diambil secara acak dari jumlah kemasan seperti terlihat di bawah. Sampel yang diambil dari masing-masing paket 20 buah dari bagian atas, tengah dan bawah. Contoh-contoh secara acak bertingkat (startified random sampling) sampai minimal 20 buah untuk analisis.

a. Jumlah dalam kemasan partai (lot) sampai 100, sampel yang diambil 5.
b. Jumlah dalam kemasan partai (banyak) 101-300, sampel yang diambil 7.
c. Jumlah dalam kemasan partai (banyak) 301-500, 9 sampel diambil.
d. Jumlah kemasan dalam partai (lot) 501-1000, 10 sampel diambil.
e. Jumlah dalam kemasan partai (banyak) lebih dari 1000, sampel diambil 15 (minimum).
Petugas pengambilan sampel harus memenuhi syarat orang-orang yang berpengalaman atau dilatih di muka dan memiliki hubungan dengan badan hukum.

5. Pengemasan

Apel dikemas dengan peti kayu / bahan lain yang cocok dengan berat bersih maksimum 30 kg. Label pada kemasan luar yang berbunyi sebagai berikut: nama item, ukuran kelas, jenis kualitas, nama / kode perusahaan, berat bersih, negara / tempat tujuan, hasil Indonesia, daerah asal.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Tips Terbaik Budidaya Dan Menanam Apel tersebut, Semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/07/tips-terbaik-budidaya-dan-menanam-apel.html

26 Responses to “Tips Terbaik Budidaya Dan Menanam Apel”

Unknown mengatakan...
20 Januari 2015 pukul 13.21.00 WIB

Silahkan menanam tanaman apel langka berikut ini : http://kebunbibit.id/tanaman/tanaman-buah/apel-india-40cm.html?cid=14


Anonim mengatakan...
1 Februari 2015 pukul 16.03.00 WIB



Unknown mengatakan...
20 Februari 2015 pukul 10.33.00 WIB

Terimakasih atas infonya sangat membantu:)
http://kedaiacemaxs.com/ace-maxs/


Unknown mengatakan...
5 Agustus 2015 pukul 02.24.00 WIB

Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat bagi kami semua, dan coba anda lihat informasi berikutnya.News Information Tips Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak thanks semuanya semoga bermanfaat.


sid arsitek mengatakan...
16 September 2015 pukul 22.27.00 WIB

makasih.. sangat bermanfaat sekali artikelnya..

free download lagu mp3


Anonim mengatakan...
5 Oktober 2016 pukul 07.49.00 WIB

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhib SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda


Unknown mengatakan...
23 Oktober 2016 pukul 05.53.00 WIB


Apples are an annual fruit crop coming from the West Asia region with a sub-tropical climate
judi togel singapura terbesar


KEREN TANIA mengatakan...
11 Februari 2018 pukul 02.54.00 WIB

bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^


UCHIHA SASUKE mengatakan...
18 April 2018 pukul 03.18.00 WIB

ingin punya penghasilan tambahan dan kesempatan menang lebih besar |segera kunjungi ionqq,net | line : ionqq


Unknown mengatakan...
14 Oktober 2018 pukul 15.45.00 WIB

bolavita agen bola dan sabung ayam terbaik indonesia dengan minimal taruhan 50rb

Boss Juga Bisa Kirim Via :
Wechat : Bolavita
WA : +6281377055002
Line : cs_bolavita
BBM PIN : BOLAVITA ( Huruf Semua )


Crownqq mengatakan...
7 November 2018 pukul 16.11.00 WIB

Mau menang banyak dengan modal sedikit..
Ayo gabung di Agen Domino Crown99
=>Bonus Refferal 20%
=>Bonus Turn Over 0,5%
=>Min Deposit Rp20.000
=>1 User ID 8 Games
Situs yang bisa memberikan kemenangan Agen BandarQ
raih kemenangan anda segera...
WHATSAPP : +855967646513
PIN BB : 2B382398


Unknown mengatakan...
8 November 2018 pukul 15.25.00 WIB

https://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/11/manfaat-jeruk-nipis-untuk-kecantikan.html?showComment=1541665466645#c1311107054880370577


Stefanie mengatakan...
11 November 2018 pukul 06.53.00 WIB

Mau mendapatkan pelayanan yang baik dan ramah???

Modal Kecil bisa mendapatkan hasil yg luar biasa...

Untuk yang lagi galau, yang lagi bosan tidak tahu mau ngapain, tenang,,sekarang ada bett288 yang akan menghibur kalian sekaligus mengisi hari-hari kalian dengan games" online yang pastinya tidak akan mengecewakan kalian deh...dan tentu nya juga masih banyak lagi bonus tiap bulan nya buruannn,,,,yuk ikutan gabung bersama bett288.com

Tersedia berbagai game di dalamnya :
* Sportsbook
* Kasino
* Togel
* Poker
* Number Games
* Slots

Kunjungi Situs Kami !!
Dapatkan Bonus Rollingan TO Sebesar 0,5% / Hari
Bonus Referral Sebesar 20% Seumur Hidup
dengan minimal deposit hanya Rp. 20.000 dan minimal withdraw Rp. 50.000

Info lebih lanjut silahkan hubungi CS 24/7 melalui :
* Livechat
* Whatsapp : +855888278896
* Facebook : Stefanie Huang

Salam Sukses bett288.com

SITUS JUDI ONLINE TERPERCAYA DAN TERLENGKAP DENGAN PELAYANAN CS YANG RAMAH


shanti mengatakan...
20 November 2018 pukul 16.44.00 WIB

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


chintia lim mengatakan...
1 Desember 2018 pukul 19.15.00 WIB

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


Dave Thames mengatakan...
11 Desember 2018 pukul 07.00.00 WIB

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)


Rai Vinsmoke mengatakan...
11 Desember 2018 pukul 07.53.00 WIB

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^


chintia lim mengatakan...
27 Desember 2018 pukul 18.51.00 WIB

Menangkan Jutaan Rupiah dan Dapatkan Jackpot Hingga Puluhan Juta Dengan Bermain di www(.)SmsQQ(.)com

Kelebihan dari Agen Judi Online SmsQQ :
-Situs Aman dan Terpercaya.
- Minimal Deposit Hanya Rp.10.000
- Proses Setor Dana & Tarik Dana Akan Diproses Dengan Cepat (Jika Tidak Ada Gangguan).
- Bonus Turnover 0.3%-0.5% (Disetiap Harinya)
- Bonus Refferal 20% (Seumur Hidup)
-Pelayanan Ramah dan Sopan.Customer Service Online 24 Jam.
- 4 Bank Lokal Tersedia : BCA-MANDIRI-BNI-BRI

8 Permainan Dalam 1 ID :
Poker - BandarQ - DominoQQ - Capsa Susun - AduQ - Sakong - Bandar Poker - Bandar66

Info Lebih Lanjut Hubungi Kami di :
BBM: 2AD05265
WA: +855968010699
Skype: smsqqcom@gmail.com


heriseo61 mengatakan...
27 Februari 2019 pukul 02.54.00 WIB


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
viagra jakarta
viagra asli jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
toko viagra jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko viagra asli
jual viagra asli
harga viagra
harga viagra asli
beli viagra
beli viagra asli
pesan viagra
pesan viagra asli
viagra indonesia
jual pil biru
toko pil biru
agen pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
penjual viagra
penjual viagra asli
viagra original usa
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel original
titan gel rusia
obat cialis
obat kuat cialis
cialis jakarta
cialis asli jakarta
cialis original
cialis england


Unknown mengatakan...
19 Maret 2019 pukul 22.27.00 WIB

Modus! Cari duit yg halallah jangan kibuli org dgn imimg2 sk pegawai.


silvimargaret mengatakan...
24 Juni 2019 pukul 14.12.00 WIB

HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
Bonus Welcome Untuk New Member:
- Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
- Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
- Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
- Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
- Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
- Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
REAL PLAYER VS PLAYER !!!

Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
WHATSAPP : +855966139323
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM


Varrah Mariesha mengatakan...
30 Juni 2019 pukul 02.49.00 WIB

sangat bagus artikelnya dan sangat membantu
ouh iya sedidit share untuk info tentang kangen water bisa klik link di bawah
mesin kangen
mesin kangen water
kangen water
enagic kangen water
harga mesin kangen water
harga mesin kangen water asli
air kangen water

trimaksih semoga blognya semakin ramai yaaa ^_^
\


Chika Tan mengatakan...
16 Juli 2019 pukul 00.39.00 WIB

WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
anda dapatkan setiap hari nya!!

Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
~ Bonus New Member : 20%
~ Bonus Next Deposit : 5%
~ Bonus Cash Back : 5%

Minimal Deposit : Rp.25.000
Minimal Withdraw : Rp.25.000

Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan maximal Bonus Rp.250.000 , Dengan mininimal deposit Rp 25.000,-
syarat TO x 8
Contoh : 25.000 + 25.000 * 8 = 400.000
Minimal WD 50.000


TEMBAK IKAN ONLINE

Bonus Deposit 50%
Minimal Deposit Rp25.000
Max Bonus Rp. 1.000.000,-
TO x 15 + BONUS

Bonus Deposit 10%
Minimal Deposit : Rp.50.000,-
Max Bonus : Rp. 500.000,-
TO x 7 + BONUS

CASHBACK 10%
Bonus Cashback hanya diberikan kepada player yang tidak mengclaim bonus next deposit

Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

Contact Person WIN323 :
BB : E3E94F65
LINE : win323a

WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )


akbar mengatakan...
12 September 2019 pukul 14.47.00 WIB

Terimakasih atas Informasinya,Buah apel juga bisa menjadi obat diabetes Ampuh


awdawd mengatakan...
15 Desember 2019 pukul 02.56.00 WIB

Prediksi togel hongÄ·ong dan togel singapore Akurat 100% dan Arti Tafsir Mimpi

https://www.klik4d.biz/prediksi-togel-akurat-hk-tanggal-15-desember-2019/

https://www.klik4d.biz/kumpulan-makna-mimpi-kelabang-dalam-togel/

INFO Pendaftaran Togel : http://159.89.197.59/register/
INFO Prediksi Togel : https://www.klik4d.site

Agen Togel BOLAVITA
BONUS POTONGAN GAMES TOGEL ONLINE

PERMAINAN TOGEL KLIK4D :
2D = 29,25%
3D = 59,25%
4D = 66%

PERMAINAN TOGEL Isin4D :
2D = 30%
3D = 59%
4D = 66%

Bolavita Sekarang Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
Sekarang Bosku Sudah Bisa Deposit Via Pulsa XL & TSEL Minimal Deposit 25rb.

Boss Juga Bisa Kirim Via :
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita


Anonim mengatakan...
15 Desember 2019 pukul 16.26.00 WIB

Gampang dan Mudah di Akses !!!!
Cukup Daftar Dengan Nomor Handphone
Anda Sudah Menjadi Member edensukses !!!
Agen Judi OnlineTerkini Dan Terpercaya

Promo Bonus New Member dan Member Tetap :
~ Bonus New Member Rp. 10,000,-
~ Bonus Rollingan full 0,5% untuk semua permainan
~ Bonus referral 10%
~ Bonus Special Kejutan Yang Bisa Kamu Dapat Dari Turnover kamu

Minimal deposit hanya 15 ribu
1 User ID Untuk Semua Jenis Permainan
- POKER , DOMINO , CEME , CEME KELILING , CAPSA , SUPER10 , OMAHAEDEN.

Deposit Via Pulsa :
- Telkomsel
- XL
- OVO
- Go Pay

Informasi kontak kami
�� WA : +855 17640528
�� LINE : EDENPOKER
Telegram : EDENPOKER
�� Website :edensukses,club
Email : edenpoker.idn@gmail.com


Posting Komentar