Tips Terbaik Budidaya Ternak Kambing

Kambing merupakan binatang memamah biak yang berukuran sedang, Kambing ternak (Capra aegagrus hircus) Adalah Supspesies kambing liar yang secara alami tersebar di Asia Barat Daya (Daerah bulan sabit yang subur, Dan Turki dan Eropa). Kambing liar jantan maupun kambing betina memiliki tanduk sepasang, Namun tanduk pada kambing jantan lebih besar, Umumnya, kambing mempunyai jenggot, dahi cembung, ekor agak keatas, dan kebanyakan berbulu lurus dan kasar.

Panjang tubuh kambing liar, Tidak termasuk ekornya, adalah 1,3 meter - 1,4 meter. Sedangkan ekornya 12 cm - 15 cm. Bobot yang betina (50 kg - 55 kg) Sedangkan kambing yang jantan bisa mencapai (120 kg). Kambing liar terbesar dari Spanyol kearah timur sampai India, Dan dari india keutara sampai Mongolia dan Siberia. Habitat yang sukainya adalah pada daerah pegunungan yang Berbatu-batu.

Tips Terbaik Budidaya Ternak Kambing


Kambing tersebut telah di budidayakan manusia Kira-kira (8000 hingga 9000 tahun yang lalu). Di alam aslinya kambing hidup berkelompok 5 - 20 ekor. Dalam pengembaraanya mencari makanan, Kelompok kambing ini di pimpin oleh kambing betina yang paling Tua, Sementara Kambing-kambing jantan berperan menjaga keamanan kawanan. Waktu yang aktif mencari makanan siang dan malam hari. Makanan utamanya adalah Rumput-rumputan dan dedaunan.

1. Pendahuluan 

Ternak kambing telah lama diusahakan oleh petani atau masyarkat sebagai usaha sampingan atau tabungan, karena pemeliharaan dan pemasaran hasil produksi (Baik itu daging, susu, kotoran, dan kulitnya) Relatif mudah meskipun secara tradisional telah memberikan hasil yang Lumayan. Jika pemeliharaanya di tingkatkan (Menjadi semi intensif atau intensif). Pertambahan berat badanya dapat mencapai (50 - 150 gram/hari), Dan ada 3 hal pokok yang harus di perhatikan dalam usaha ternak kambing tersebut Yaitu bibit, Makanan Dan tata Laksananya.

2. Bibit

Pemeliharaan bibit haruslah di sesuaikan dengan tujuan dari usaha, Apakah untuk pedaging, Atau perah Misalnya : (Kambing kacang untuk produksi daging, Kambing etawah untuk produksi susu dan sebagainya). Secara umum Ciri bibit yang baik adalah yang berbadan sehat, Tidak cacat, Bulu bersih dan mengkilat, Daya adaptasi yang tinggi terhadap lingkungan.

a. Ciri-ciri untuk calon induk

1. Tubuh kompak, Dada dalam dan lebar, Garis punggunglurus, Tubuh besar, Tetapi tidak terlalu gemuk.
2. Jinak dan sorot matanya ramah.
3. Kaki lurus dan tumit tinggi.
4. Gigi lengkap, Mampu merumput dengan baik, (efisien), Rahang atas dan bawah rata.
5. Dari keturunan kembar atau di lahirkan tunggal tetapi dari induk yang muda.
6. Kambing simetris, Tidak menggantung dan berputing 2 buah.

b. Ciri-ciri untuk calon pejantan

1. Tubuh besar dan panang, Dengan bagian belakang lebih besar dan lebih tinggi, dada lebar, Tidak terlalu gemuk, Gagah, Aktif dan memiliki libido (Nafsu kawin yang tinggi).
2. Kaki lurus dan kuat.
3. Dari keturunan kembar.
4. Umur antara 1,5 - 3 tahun.

3. Makanan

Jenis dan cara pemberianya di sesuaikan dengan umur dan kondisi ternak. pakan yang di berikan harus cukup protein, karbohidrat, vitamin dan mineral, mudah di cerna, tidak beracun dan di sukai ternak, murah dan mudah di peroleh. Pada dasarnya ada dua macam makanan Yaitu : hijauan (Berbagai jenis rumput) dan makan tambahan (Berasal dari Kacang-kacangan, tepung ikan, bungkil kelapa, vitamin dan mineral).

Cara pemberianya

1. Di berikan 2 kali sehari (Pagi dan sore) Berat rumput 10% dari berat badan kambing, Dan berikan juga air minum (1,5 - 2,5 liter per ekor per hari) Dan garam berjodium secukupnya.

2. Untuk kambing bunting, induk menyusui, kambing perah dan pejantan yang sering di kawinkan perlu di tambahkan makanan penguat, Dalam bentuk bubur sebanyak 0,5 - 1 kg/ekor/hari.

Tata laksana

1. Kandang

Kandang harus segar (ventilasi baik, cukup cahaya matahari, bersih, minimal berjarak 5 meter dari rumah. Ukuran kandang yang biasa di gunakan adalah, Kandang beranak : (120 cm x 120 cm /ekor). Kandang induk : (100 cm x 125 cm /ekor). Kandang induk : (100 cm x 125 cm /ekor). Kandang anak : (100 cm x 125 cm /ekor). Kandang pejantan : (110 cm x 125 cm /ekor). Kandang dara/dewasa : (100 cm x 125 cm /ekor).

2. Pengelolaan reproduksi 

Diusahakan agar kambing bisa beranak minimal 3 kali dalam 2 tahun. Hal-hal yang harus di perhatikan adalah :

1. Kambing mencapai dewasa kelamin pada umur 6 s/d 10 bulan, Dan sebaiknya di kawinkan pada umur 10 - 12 bulan atau pada saat bobot badan mencapai 55 - 60 kg.
2. Lama birahi 24 - 45 jam, siklus birahi berselang selama 17 - 21 hari.
3. Tanda-tanda birahi : Gelisah, nafsu makan dan minum menurun, ekor sering di kibaskan, sering kencing, kemaluan bengkak, dan mau/diam apabila di naiki.
4. Ratio jantan dan betina = 1 : 10 Saat yang tepat untuk mengawinkan kambing adalah : a. Masa bunting 144 - 156 hari (..... 5 bulan) b. Masa melahirkan, penyapihan dan istirahat 2 bulan.

3. Pengendalian Penyakit

1. Hendaknya di tekankan pada pencegahan penyakit melalui sanitasi kandang yang baik, makanan yang cukup gizi dan vaksinasi.
2. Penyakit yang sering menyerang kambing adalah : Cacingan, Kudis, (Scabies), Kembung perut (Bloat), Paru-paru (Pneumonia), orf, dan koksidiosis.

4. Pasca Panen

1. Hendaknya diusahakan untuk selalu meningkatkan nilai tambah dari produksi ternak, Baik daging, susu, kulit, tanduk, maupun kotoranya. Jika kambing hendak di jual pada saat berat badan tidak bertambah lagi (umur sekitar 1 - 1,5 tahun) diusahakan agar permintaan akan kambing cukup tinggi.
2. Harga di perkirakan berdasarkan : Berat hidup x (45 sampai 50%) karkas x harga daging eceran.

Budidaya Ternak Kambing

1. Keluaran : Ternak kambing produksi optimal.
2. Bahan : Kambing, Pakan, Peralatan konstruksi kandang, Dan lahan.
3. Alat : Tempat pakan/Minum.

Pedoman teknis

1. Jenis kambing asli di indonesia adalah kambing kacang dan kambing peranakan etawa (PE).
2. Memilih bibit : Pemilihan bibit di perlukan untuk menghasilkan keturunan yang lebih baik, Pemeliharaan calon bibit dianjurkan di daerah setempat, Yang bebas dari penyakit dengan Phenotype baik.

a. Calon induk : Umur berkisar antara >12 bulan, (2 buah gigi seri tetap), Tingkat kesuburan reproduksi sedang, sifat keindukan baik, tubuh tidak cacat, berasal dari keturunan kembar (Kembar 2) Jumlah puting 2 buah dan berat badan (20 kg).

b. Calon Pejantan : Pejantan mempunyai penampilan bagus dan besar, Umur > 1,5 tahun (Gigi seri tetap), Keturunan kembar Mempunyai nafsu kawin besar, Sehat dan tidak cacat.

Pakan

1. Ternak kambing menyukai Bermacam-macam daun sebagai pakan dasar dan pakan tambahan (Konsentrat.
2. Pakan tambahan dapat di susun dari (Bungkil kelapa, Bungkil kedelai), Dedak, Tepung ikan di tambah mineral dan vitamin.
3. Pakan dasar pada umumnya adalah rumput kayangan, Daun lamtoro, Gamal, Daun nangka, Dan sebagainya.
4. Pemberian hijauan sebaiknya mencapai 3% berat badan (Dasar bahan kering) Atau 10 -15 % berat badan (Dasar bahan segar).

Pemberian pakan induk : Selain campuran hijauan, Pakan tambahan perlu di berikan pada saat bunting tua dan baru melahirkan, sekitar (1 1/2 % berat badan dengan kandungan protein 16 %).

Kandang : Pada prinsipnya bentuk bahan dan kontruksi kandang kambing berukuran (1 1/2 m²) untuk induk secara individu. Pejantan di pisahkan dengan ukuran kandang (2 m ²), Sedang anak lepas sapi di satukan (Umur 3 bulan) dengan ukuran 1 m/ekor. Dan tinggi penyekat (1 1/2 - 2 X tinggi ternak).

Pencegahan penyakit : Pencegahan penyakit sebelum ternak di kandangkan kambing harus di bebaskan dari parasit internal dengan pemberian obat cacing. Dan parasit eksternal dengan memandikan/dimandikan. Sumber Departemen, http://www.deptan.go.id. Kontak hubungan : Departemen pertanian RI. Jalan Harsono M. NO. 3, Ragunan - Pasar Minggu, Jakarta 12550 - Indonesia.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Tips Terbaik Budidaya Bawang Merah Tersebut, semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/09/tips-terbaik-budidaya-ternak-kambing.html

19 Responses to “Tips Terbaik Budidaya Ternak Kambing”

Unknown mengatakan...
3 Januari 2015 pukul 08.18.00 WIB

sangat menarik artikelnya bos, terimakasih
http://tokoobatherbal23.com/obat-stroke-tradisional/


Unknown mengatakan...
10 September 2015 pukul 07.57.00 WIB

JUAL BONGKAHAN BATU BACAN DOKO SUPER KRISTAL (TERNATE DAN HALMAHERA) DI JAMING 100% KEASLIANNYA
(Uang kembali kalau bukan batu bacan asli dari maluku utara)

Daftar harga sebagai berikut;
? BACAN DOKO HIJAU SUPER KRISTAL
-Berat 1 Ons Rp 500 Ribu
-Berat 5 Ons Rp 1 Juta 250 Ribu
-Berat 1 Kg Rp 2 Juta 500 Ribu
-Berat 2 Kg Rp 4 Juta 200 Ribu
-Harga masih bisa nego dikit mass,setiap pembelian perkilo dapat bonus 1 ons bahan bacan palamea.

? Kondisi bahan ;
– Bahan / rough bacan doko asli bukan sintetis
– Bahan tua (galian lama)
– Hasil tambang sendiri
– Bukan bacan rawatan,tapi murni hasil alam
– Kualitas super kristal,
– Sudah tembus
– Beberapa titik sudah ada yang kristal
– Bahan keras dan padat
– Siap gosok poles
– Daging utuh halus, tanpa kapur
– Tidak rapuh, tidak mudah pecah / retak
– Deskipsi sesuai apa adanya, harap diperhatikan dengan baik agar tidak ada dusta diantara kita

Melayani Pembelian Per Kilo Dan Per Ons Untuk Bongkahan
Kita Juga Melayani Pembelian Luar Daerah Dan Luar Kota
Bagi Pecinta Bacan Yang Minat Silahkan Langsung Hubungi
No.HP 082385118431
PIN BB: 59da266a

#.stock terbatas
Siapa cepat dia dapat
bagi peminat batu bacan di luar kota bisa kami kirim melalui jasa pengiriman seperti:JNE/TIKI/KANTOR POS,
#Transaksi dilakukan setelah harga dan bahan/barang sudah di sepakati.

# PERHATIAN:
Jangan transfer duitnya sebelum kami kirim foto bahan yg ada tulisan atas nama anda.

jika barang sudah kami kirim,kami berikan no.resi pengiriman barang yang anda pesan.salam buat pecinta batu alam bacan doko


Cewek Centil mengatakan...
14 Juni 2016 pukul 17.07.00 WIB

I like your website MR. I wanted to appreciate it for this good read!!
Belahan Memek

| Cerita Dewasa | Cerita Mesum | Cerita Ngentot | Cerita Hot | Cerita Bokep | Foto Bugil | Foto Telanjang | Foto Model Panas | Foto Tante Girang | Foto Janda Sange | Video Sex | Streaming Bokep | Video Dewasa | Video Mesum | Video Ngentot | Bokep Indonesia | Bokep Barat


Anonim mengatakan...
25 September 2017 pukul 09.29.00 WIB

Keren pak Ulasannya


UCHIHA SASUKE mengatakan...
16 April 2018 pukul 03.23.00 WIB

mari bergabung dan bermain di ion QQ-com , ada bonus rolingan 0,3 % dan referal hingga 20 % menanti anda
pin bb : 58ab14f5


Unknown mengatakan...
16 April 2018 pukul 11.43.00 WIB

Bandar Judi Bola, Live Casino, Agen Poker & Live Game Terbaru dan Terpercaya di Asianbola77
Gampang Daftar, Gampang Main dan Gampang Menangnya..

1 USER ID UNTUK SEMUA PERMAINAN :
- SPORTBOOK
- LIVE CASINO
- POKER
- SLOT GAME
- LIVE GAME

Segera Bergabung Bersama Kami di Asianbola77
Promo Menarik Dari Asianbola77
- Minimal Deposit Rp 25.000
- Minimal Withdraw Rp 50.000
- BONUS NEW MEMBER SPORTBOOK 100%
- BONUS DEPOSIT HAPPY HOUR 09:00 - 21:00 WIB
- BONUS CASHBACK UP TO 15%
- BONUS LIVECASINO UP TO 0,8%
- BONUS ROLLINGAN POKER 0,3%
- BONUS REFFERAL 2.5%
Contact Us Now :
?? Wechat : Asianbola77
?? BBM : DC8820C7
?? Wa : +6281244043118
?? Line : Asianbola77
?? Link Pendaftaran : lc.chat/now/9325575/


golden crown poker mengatakan...
9 Juli 2018 pukul 09.56.00 WIB

Selamat Pagi Bosku
Perkenalkan Kami Team marketing dari www.goldencrownpoker.com
kami adalah agent resmi dan terpercaya di indonesia ingin menawarkan promo bermain poker di website kami.
Kami menyediakan berbagai pilihan Permainan seperti:
-. TEXAS POKER
-. SUPER 10
-. OMAHA
-. CEME KELILING
-. DOMINO BET
-. BADAR CEME
-. BANDAR CAPSA4:38 AM 7/9/2018

minimal uang deposit hanya 10.000
minimal uang withdraw 25.000

untuk bonus yang kami berikan dengan keuntungan menarik :

-. Welcome Bonus IDR 150.000 (LANGSUNG)
-. Bonus harian IDR 100.000 (SETIAP HARI)
-. Rollingan 0.5%
-. Referral 10% Seumur Hidup ^.^
-. Menangan Juga Grand Price New Yamaha N-max

INFO CONTACT:

WA : +85570598711
LINE: goldencrownpoker
WECHAT:
BBM : E3F53E29
FB FANSPAGES: GOLDEN CROWN POKER
Instagram: goldcrown_poker

Terimakasih dan selamat bergabung


Dave Thames mengatakan...
28 November 2018 pukul 05.45.00 WIB

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)


Rai Vinsmoke mengatakan...
28 November 2018 pukul 06.49.00 WIB

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^


Dave Thames mengatakan...
11 Desember 2018 pukul 06.42.00 WIB

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)


marianifen mengatakan...
5 Januari 2019 pukul 09.18.00 WIB

Agen Sportsbook terpercaya dan terlengkap B O L A V I T A
minimal deposit 50 ribu
bonus new member 10%
cashback 5% - 10%
daftar segera di sni :)
INFO Kontak Kami (24 jam Online):

BBM: B O L A V I T A
WA: +62 8 1 2-2 2 2 2-9 9 5
Line : cs_b o l a v i t a


Anonim mengatakan...
14 Februari 2019 pukul 16.30.00 WIB

VAZBET menyediakan promo terbaru !!!
Promo Tembak Ikan Online !!!
- Bonus Deposit Awal Member Baru 20% (minimal 100.000)
- Maksimal Bonus 500.000,-
- Minimal Deposit 25.000,-
- Ada bonus CASHBACK 10% dari jumlah WIN/LOSE per-minggu
Tunggu Apa Lagi? Ayo Join VAZBET !!!


heru mengatakan...
22 Februari 2019 pukul 16.44.00 WIB

Jual Kambing Qurban jenis Peranakan Etawa (PE) & Jawa Randu (Bliogon) TB 70 cm - 100 cm (1 meter). Bobot tidak susut karena kami beri pakan hijauan murni tanpa pakan fermemtasi, sehat, gemuk, bertanduk, tidak cacat. dengan Harga murah karena hasil peternakan sendiri & peternakan Kelompok binaan BEJO UTOMO FARM MALANG - JAWA TIMUR. Hp/Wa 081334272800 blog saya di www.malangkambingdombasuper.blogspot.com


heru mengatakan...
22 Februari 2019 pukul 16.47.00 WIB

Jual Kambing Qurban jenis Peranakan Etawa (PE) & Jawa Randu (Bliogon) TB 70 cm - 100 cm (1 meter). Bobot tidak susut karena kami beri pakan hijauan murni tanpa pakan fermentasi, sehat, gemuk, bertanduk, tidak cacat. dengan Harga murah karena hasil peternakan sendiri & peternakan Kelompok binaan BEJO UTOMO FARM MALANG - JAWA TIMUR. Hp/Wa 081334272800 NB: Saya juga menjual bibit Kambing PE & Jawa Randu, serta Limbah Singkong untuk pakan ternak. blog saya di www.malangkambingdombasuper.blogspot.com


heru mengatakan...
22 Februari 2019 pukul 16.50.00 WIB

Jual Kambing Qurban jenis Peranakan Etawa (PE) & Jawa Randu (Bliogon) TB 70 cm - 100 cm (1 meter). Bobot tidak susut karena kami beri pakan hijauan murni tanpa pakan fermentasi, sehat, gemuk, bertanduk, tidak cacat. dengan Harga murah karena hasil peternakan sendiri & peternakan Kelompok binaan BEJO UTOMO FARM MALANG - JAWA TIMUR. Hp/Wa 081334272800 NB: Saya juga menjual BIBIT KAMBING PE & JAWA RANDU, serta LIMBAH SINGKONG MURAH MERIAH UNTUK PAKAN TERNAK. blog saya di www.malangkambingdombasuper.blogspot.com


TATO4D mengatakan...
15 Juni 2019 pukul 05.53.00 WIB

Artikel yang menarik.. harap kunjungi kembali ya bosku...

Jangan lupa gabung di tempat kami ada banyak bonus menariknya bosku

Alto123 AGEN JUDI TERPERCAYA

AltoQQ JUDI POKER TERPERCAYA

DAFTAR ALTOQQ

BANDAR BOLA TERPERCAYA

JUDI TOGEL ONLINE


silvimargaret mengatakan...
24 Juni 2019 pukul 15.50.00 WIB

Numpang ya bossku ^^

HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
Bonus Welcome Untuk New Member:
- Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
- Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
- Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
- Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
- Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
- Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
REAL PLAYER VS PLAYER !!!

Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
WHATSAPP : +855966139323
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM


Lady Mia mengatakan...
23 Juli 2019 pukul 22.49.00 WIB

KABAR BAIK!!!

Nama saya Lady Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman agar sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran di muka, tetapi mereka adalah penipu , karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

Perusahaan pinjaman yang nyata dan sah, tidak akan menuntut pembayaran konstan dan mereka tidak akan menunda pemrosesan transfer pinjaman, jadi harap bijak.

Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya telah ditipu oleh beberapa pemberi pinjaman online, saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Cynthia, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa konstan pembayaran atau tekanan dan tingkat bunga hanya 2%.

Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik jika dia membantu saya dengan pinjaman, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres atau penipuan

Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman apa pun, silakan hubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan atas karunia Allah, ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan memberi tahu saya tentang Ibu Cynthia, ini emailnya: arissetymin@gmail.com

Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran cicilan pinjaman saya yang akan saya kirim langsung ke rekening perusahaan setiap bulan.

Sepatah kata cukup untuk orang bijak.


Admin WarnetGea mengatakan...
22 September 2019 pukul 19.52.00 WIB

waw sangat bermanfaat trimkasih sudah berbagi info pertanian online,



kunjungi balik cara ternak Kambing dan domba


Posting Komentar