Tips Mudah Dan Teknik Beternak Jangkrik

Jangkrik atau cengkerik (Gryllidae) adalah serangga yang berkerabat dekat dengan belalang, Yang memiliki tubuh rata dan antena panjang. Dan jengkrik adalah (Omnivora) Di kenal dengan suaranya yang hanya di hasilkan oleh cengkerik janatan, Suara ini di gunakan untuk menarik sang betina dan menolak jantan lainya. Suara cengkerik ini semakin keras dengan naiknya suhu sekitar. Di dunia ini di kenal sekitar 900 spesies cengkerik, Termasuk di dalamnya adalah Gangsir.

Jangkrik atau cengkerik tersebut telah di pelihara manusia sejak lama, Dan di asia dianggap sebagai pembawa keberuntungan. Laga cengkerik adalah sejenis permainan yang sangat populer dan kerap sekali melibatkan taruhan. Di daerah Caraguatatuba, Brazil, Cengkerik hitam di dalam ruangan di percaya sebagai tanda datangnya suatu penyakit. Dan cengkerik hijau berarti harapan. Dan cengkerik kelabu adalah uang, Dalam komedi, Suara cengkerik biasanya di pergunakan untuk menandakan lawakan yang tidak lucu dan tidak membuat orang tertawa. Nah lansung saja kita kepada cara beternaak jangkrik yang sangat gampang di pelihara.

Tips Mudah Dan Teknik Beternak Jangkrik

Beternak jangkrik adalah salah satu komoditi dan jenis usaha yang cukup menjanjikan, Usaha ternak jangkrik adalah usaha yang di beberapa tahun yang lalu. Usaha budidaya jangkrik ini minim kelemahan atau resiko. Karena keberhasilan bisa mencapai 90%. Keberhasilan dalam penetasan dan pembesaran jangkrik juga sama 90% asalkan anda bisa merawat jangkrik dengan bersungguh-sungguh dalam pemberian pakan jangkrik yang tidak mengalami keterlambatan.

1.Sejarah Singkat

Pada masa krisis ekonomi di Indonesia, Budidaya jangkrik (Liogryllus Bimaculatus) Sangatlah gencar. Begitu juga dengan Seminar-seminar yang diadakan di berbagai kota. Budidaya ini banyak di lakukan mengingat waktu yang di butuhkan untuk produksi telur yang hendak di perdagangkan yang hanya memerlukan waktu (2-4 Minggu). Sedangkan untuk produksi jangkrik untuk pakan ikandan burung maupun untuk diambil tepungnya yang hanya memerlukan waktu (2-3 Bulan). Dan jangkrik betina mempunyai siklus hidup (3 Bulan) Sedangkan jangkrik jantan kurang dari (3 Bulan). Dalam siklus hidupnya jangkrik betina mampu memproduksi lebih dari (500 butir telur).

Penyebaran jangkrik di Indonesia sangat merata, Namun untuk Kota-kota besar paling banyak penggemar burung dan ikan, Pada awalnya sangat tergantung untuk mengkomsumsi jangkrik yang berasal dari Alam. Lama kelamaan dengan dengan berkurngnya jangkrik tersebut yang di tangkap dari alam, Maka mulailah mencoba untuk membudidayakan jangkrik alam dengan diternakkan secara Intensif, usaha ini banyak di lakukan Di Kota-kota di pulau jawa, sumatra, Dan yang lainya.

2. Sentra Perikanan

Telah diutarakan di depan bahwa untuk sementara ini sentra peternakan jangkrik adalah di Kota-kota besar di pulau jawa, Karena kebutuhan dari jangkrik sangat banyak. Sedangkan di pulau luar jawa sementara ini masih banyak di dapatkan dari Alam. Sehingga belum banyak Peternak-peternak jangkrik tersebut.

3. Jenis

Ada lebih dari 100 jenis jangkrik yang terdapat di Indonesia, Jenis jangkrik yang banyak di Budidayakan pada saat ini adalah (Gryllus Mitratus Dan Gryllus testaclus). Untuk pakan ikan dan burung kedua jenis ini dapat di bedakan dari bentuk tubuhnya, Dimana Gryllus Mitratus wipositornya lebih pendek,Di samping itu Gryllus Mitratus memounyai garis putih pada pinggir sayap punggungnya. Serta penampilanya yang tenang.    

4. Manfaat

Jangkrik segar yang telah di ketahui baik untuk pakan burung berkicau seperti (Poksay, Kacer, hwambie) Serta untuk pakan ikan. Dan baik juga untuk pertumbuhan udang dan lele dalam bentuk tepung.

5. 3 Persyaratan Lokasi

1. Lokasi Budidaya harus tenang, Teduh dan mendapat sirkulasi udara yang baik.
2. Lokasi jauh dari Sumber-sumber kebisingan, Seperti di daerah pasar, jalan raya, dan lain sebagainya.
3. Tidak terkena sinar matahari secara lansung dan berlebihan.

6. Pedoman Teknis Budidaya

Ternak jangkrik merupakan jenis usaha yang jika tidak di rencanakan dengan matang, Akan sangat merugikan usaha tersebut, Ada beberapa tahap yang perlu di lakukan dalam merencanakan usaha ternak jangkrik, Yaitu :

1. Penyusunan jadwal kegiatan. 
2. Menetukan struktur organisasi.
3. Menentukan spesifikasi pekerjaan.
4. Menetapkan fasilitas fisik.
5. Merencanakan metoda pendekatan pasar.
6. Menyiapkan anggaran, mencari sumber dana dan melaksanakan usaha ternak jangkrik.

1. Penyiapan sarana dan peralatan

Karena jangkrik bisa melakukan kegiatan di waktu malam hari, Maka kandang jangkrik jangan di letakkan di bawah sinar matahari, Jadi diletakkan pada tempat yang teduh dan gelap. Sebaiknya terhindar dari lalu lalangnya orang lewat, terlebih lagi untuk kandang peneluran. untuk menjaga kondisi kandang yang mendekati habitatnya, Maka dinding kandang diolesi dengan lumpur sawah dan diberikan Daun-daun yang kering seperti daun pisang atau daun timbul, daun sukun, dan daun yang lainya. Untuk tempat persembunyian, disamping untuk menghindari dari sifat kanibalisme dari jangkrik.

Dinding atas kandang bagian dalam sebaiknya di lapisi lakban keliling agar jangkrik tidak merayap naik sampai keluar kandang. Disalah satu sisi dinding kandang di buat lubang yang di tutup kasa untuk memberikan sirkulasi udara yang baik dan untuk menjaga kelembaban kandang untuk ukuran kotak pemeliharaan jangkrik. Jika tidak ada ukurang yang beku, Yang penting sesuai dengan kebutuhan untuk jumlah populasi jangkrik tiap kandang.

Menurut hasil pemantauan di lapanggan dan pengalaman peternak, Bentuk kandang biasanya biasanya berbentuk persegi panjang dengan ketinggian 30-50 cm, Dan lebar 60-100 cm. Sedangkan panjangnya 120-200 cm. Kotak kandang dapat di buat dari kayu dengan rangka kaso, Namun, Untuk mengirit biaya maka dinding kandang dapat di buat dari triplek.

Kandang biasanya di buat bersusun,Dan kandang yang paling bawah mempunyai minimal 4 kaki penyangga, Untuk menghindari gangguan binatang seperti semut, tikus, dan cicak, juga serangga yang lainya. Maka ke 4 kaki kandang dialasi dengan mangkuk yang berisi air, Minyak tanah, atau vaselin yang di lumurkan di Tiap-tiap kaki penyangga.

2. Pembibitan

1. Pemilihan Bibit Dan Calon Induk

Bibit yang di perlukan untuk di besarkan haruslah sehat, Tidak sakit, Tidak cacat (Sungut bibit atau kaki patah) Dan berumur sekitar (10-20hari). Calon induk jangkrik yang baik adalah Jangkrik-jangkrik yang berasal dari tangkapan alam Bebas. Karena biasanya memiliki ketahanan tubuh yang lebih baik. Walaupun induk betina tidak dapat dari hasil penangkapan Alam Bebas, Maka induk betina dapat di beli dari peternakan. Sedangkan induk yang jantan di usahakan dari hasil penangkapan Alam Bebas, Karena lebih Gresif. Adapun Ciri-ciri indukan betina dan induk jantan yang baik adalah sebagai berikut ini.

a. Indukan :

1. Sungut atau antenanya masih panjang dan lengkap.
2. Kedua kaki belakangnya masih lengkap.
3. Masih bisa melompat dengan tangkas, Gesit dan kelihatan sehat.
4. Badan dan bulu jangkrik berwarna hitam mengkilap.
5. Pilih induk yang besar.
6. Dengan pemilihan jangkrik yang mengeluarkan zat cair dari mulut, Apabila duburnya apabila di pegang.

b. Induk Jantan

1. Selalu mengeluarkan suara mengerik.
2. Pemukaan sayap atau punggung kasar dan bergelombang.
3. Tidak mempunyai ovipositor di ekor.
4. Induk betina tidak mengerik.
5. Induk betina mempunyai Permukaan punggung atau sayap halus   
6. Induk betina ada ovipositor di bawah ekor untuk mengeluarkan telur.

2. Perawatan bibit dan calon induk

Perawatan bibit yang sudah di keluarkan dari kotak penetesan berumur (10 hari) harus Benar-benar di perhatikan dan di kontrol makananya. Karena pertumbuhanya sangat Pesat. Jika makananya kurang, Maka anakan jangkrik akan maenjadi kanibal akan memakan anakan yang lemak. Selain itu perlu juga di kontrol kelembaban udara serta binatang pengganggu/pemangsa. seperti binatang : Semut, Tikus, Cicak, Kecoa, Dan Laba-laba. Untuk mengurangi sifat kanibal dari jangkrik, Maka makanan jangan sampai berkurang. Makanan yang bisa di berikan Antara lain adalah : Ubi,/Singkong, Sayuran dan dedaunan. Serta di berikan pergantian setiap hari.

3. Sistem Pemuliabiakan

Sampai saat ini pembiakan jangkrik yang di kenal adalah dengan mengawinkan induk jantan dan induk betina. Sedangkan untuk bertelur ada yang alami dan ada juga dengan cara (caesar). Namun resiko dengan cara caesar induk betinanya besar kemungkinanya mati dan telur yang di peroleh tidak merata tuanya sehingga daya tetasnya Rendah.

4. Reproduksi dan Perkawinan

Induk dapat memproduksi telur yang daya tetasnya tinggi (80-90%) apabila di berikan makanan yang bergizi tinggi. Setiap peternak mempunyai Ramuan-ramuan yang khusus di berikan pada induk jangkrik antara lain adalah : Bekatul jagung, Ketan item, Tepung ikan, Kuning telur Itik, Kalk dan terkadang di tambah Vitamin.

Di samping itu suasana kandang harus mirip dengan habitat alam bebas, Dinding kandang diolesi dengan tanah liat, Semen putih dan Lem kayu. Juga di beri Dedaunan kering seperti daun pisang, Daun jati, Daun tebu, Serta serutan Kayu.

Jangkrik biasanya meletakkan telurnya Di pasir atau di tanah, Jadi di dalam kandang khusu peneluran di siapkan media pasir yang di masukkan di piring. Perbandingan antara betina dan jantan 10 : 2, Agar di dapat telur yang daya tetasnya tinggi. Apabila jangkrik telah selesai bertelur sekitar 5 hari, maka telur di pisahkan dari induknya. Agar telur tidak di makan oleh induknya, Kemudian kandang bagian dalam di semprot dengan larutan antibiotik (cotrymoxale). Selain peneluran secara alami, Bisa juga di lakukan peneluran secara caesar. Akan tetapi kekuranganya dalah telur tidak merata matangnya (Daya tetas lemah).

5. Proses kelahiran

Sebelum penetesan telur sebaiknya terlebih dahulu di sapkan kandang yang permukaan dalam kandang di lapisi dengan pasir. Sekam atau handuk yang lembut. dalam satu kandang cukup di masukkan 1-2 sendok teh, Telur di mana satu sendok teh telur di perkirakan berkisar antara 1.500-2.000. Butir telur. Selama proses ini berlangsung waena telur akan berubah warna dari bening sampai kelihatan keruh. Kelembaban telur haruslah di jaga dengan menyemprot telur setiap hari dan telur harus Di Bolak-balik agar jangan sampai berjamur. Telur akan menetas merata sekitar 4 sampai 6 hari.

3. Pemeliharaan

1. Sanitasi Dan Tindakan Preventif

Seperti yang telah di jelaskan di atas bahwa dalam pengolahan peternakan jangkrik ini sanitasi merupakan masalah yang sangat penting untuk menghindari adanya Zat-zat atau racun yang terdapat pada bahan kandang. Maka sebelum jangkrik di masukkan kedalam kandang, Ada baiknya kandang di bersihkan terlebih dahulu dan diolesi dengan lumpur sawah, Untuk mencegah gangguan hama. Maka kandang di beri kaki dan setiap kaki masing-masing di masukkan kedalam kaleng yang berisi air.

2. Pengontrolan Penyakit

Untuk pembesaran jangkrik, Di pilih jangkrik yang sehat, dan di pisahkan dari yang sakit. Dan pakan ternak harus di jaga agar jangan sampai ada yang berjamur, karena dapat menjadi sarang penyakit. Dan kandang di jaga agar tetap lembab, Tetapi tidak basah. Karen kandang yang basah juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit.

3. Perawatan Ternak

Perawatan jangkrik di samping kondisi kandang yang harus di usahakan sama dengan habitat aslinya. Yaitu (Lebab dan Gelap), Maka yang tidak kalah pentingnya, Adalah gizi yang cukup Agar tidak saling Memakan seperti (Kanibal).

4. Pemberian Pakan

Anakan umur 1-10 hari, di berikan (Voor) Yaitu makanan ayam. Yang terbuat dari kacang kedelai, Beras merah dan jagung kering yang haluskan. Setelah Vase ini, Anakan mulai dapat di beri pakan Sayur-sayuran di samping jagung muda dan gambas. Sedangkan untuk jangkrik yang sedng di jodohkan, Di beri pakan antara lain adalah : Sawi, Wortel, Jagung muda, Kacang tanah, Daun singkong, Serta ketimun, Karena kandung air yang tinggi. Bahkan ada juga yang menambah pakan untuk ternak yang di jodohkan antara lain adalah : Bekatul jagung, Tepung ikan, Ketan hitam, Kuning telur Itik, Kalk, Dan beberapa vitamin yang di haluskan dan yang bercampur menjadi satu.

5. Pemeliharaan Kandang          

Air dalam kaleng yang terdapat di kaki kandang, Di ganti setiap 2 hari sekali, Dan kelembaban kandang harus di perhatikan serta diusahakan agar bahaya jangan sampai masuk kedalam kandang tersebut.

7. Hama Dan Penyakit

1. Penyakit Hama Dan Penyebabnya

Sampai sekarang belum di temukan penyakit yang serius menyerang jangkrik. Yang biasanya penyakit tersebut timbul karena jamur yang menempel di daun. Sedangkan hama yng sering mengganggu jangkrik adalah semut atau serngga kecl, Tikus, Cicak, Katak dan Ular.

2. Pencegahan Serangan Hama Dan Penyakit

Untuk menghindari infeksi oleh jamur, Maka makanan dan daun tempat berlindung yang tercemar jamur haruslah di buang. Hama pengganggu jangkrik bisa diatasi dengan membuat kaleng yang berisi air. Dan minyak tanah atau mengoleskan gemuk pada kaki kandang jangkrik.

3. Pemberian Vaksinasi Dan Obat

Untuk saat ini karen hama dan penyakit dapat diatasi secara Prefentif, Maka penyakit jangkrik dapat di tekan Seminimum mungkin. Nah, Jadi pemberian obat dan Vaksinasi tidak di perlukan.

8. Panen

1. Hasil Utama

Peternak jangkrik dapat memperoleh 2 Hasil utama yang nilai Ekonomisnya sama besar. Yaitu : Telur yang dapat di jual untuk peternak lainya dan jangkrik dewasa untuk pakan burung, ikan, Umpan ikan (Memancing) Serta untuk tepung jangkrik.

2. Penangkapan

Telur yang telah di letakkan oleh induknya pada media pasir atau tanah, Di saring dan di tempatkan pada media kain yang basah, Untuk setiap lipatan kain basah dapat di tempatkan 1 sendok teh yang untuk di perjual belikan. Sedangkan untuk jangkrik dewasa, umur 40-55 hari atau 55-70 hari Dimana tubuhnya baru mulai tumbuh sayap, Di tangkap dengan menggunakan tangan dan di masukkan ketempt penampungan untuk di jual.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Tips Tips Mudah Dan Teknik Beternak Jangkrik tersebut, Semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/06/tips-mudah-dan-teknik-beternak-jangkrik.html   

18 Responses to “Tips Mudah Dan Teknik Beternak Jangkrik”

Perusahaan O.D.A.P mengatakan...
13 Maret 2014 pukul 12.40.00 WIB

Hasilkan Blog Anda Menjadi Mesin Penghasil Uang Dengan Penghasilan 3 Juta - 15 Juta / Minggu, Daftar & Pelajari Segera Caranya Di http://newkerjaonline2014.blogspot.com/


Unknown mengatakan...
31 Juli 2015 pukul 15.13.00 WIB

obat tradisional patah tulang
obat infeksi usus
obat pembengkakan lutut
obat radang paru paru anak
obat Nyeri Lambung
obat gatal selangkangan


Unknown mengatakan...
5 Agustus 2015 pukul 02.28.00 WIB

Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat bagi kami semua, dan coba anda lihat informasi berikutnya.News Information Tips Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak thanks semuanya semoga bermanfaat.


988bet mengatakan...
25 Agustus 2015 pukul 14.57.00 WIB

http://beternakjangkrik.blogspot.com/2009/10/jual-telur-jangkrik-jangkrik-clondo-dan.html?showComment=1440489459951#c168589753025529173


Cewek Centil mengatakan...
9 April 2016 pukul 00.04.00 WIB


bagus gan artikel nya, sangat membantu dan sangat bermanfaat...

Monggo silakan kunjunggi juga artikel saya di bawah ini :


<=> Kumpulan Bokep Dewasa Lokal :


- Video Mesum Ibu Pacarku dan Tantenya

- Video Dewasa Risti Adik Kelas SMA Ku

- Video Ngentot ML sama Ibu Mertua

- Video Sex Tanteku Ngajak Duluan

- Video Bokep Menikmati Pembantu Perawan Hot


- Video Mesum Ibu Dan Anak Sama-Sama Nakal

- Video Dewasa Terbaru Perawan Kampung Manis

- Video Ngentot Gangbang Bertiga dengan Istri

- Video Sex Aku Menekan Penisku Dalam-Dalam

- Video Bokep | Ngentot ABG SMP Kelas 1 Imut Tocil



- Bokep Mesum Menikmati Perawan Tubuh Adik Iparku

- Video Dewasa Desahan Tanteku Bikin Aku Muncrat

- Video Ngentot Pesta Seks Perawan Kimcil

- Video Sex Tante Cantik Yang Sombong Banget

- Video Ngentot Goyangan Tanteku Berkesan


- Video Bokep Kutiduri Istri Tetanggaku Yang Genit

- Video Dewasa Ngintip Istri Dipijat

- Video Sex Sedarah Ngentot Mba Lisa Cantik

- Video Mesum Service Plus SPG Susu

- Video Bokep Janda Kembang Penuh Nafsu


- Video Ngentot Ayu Baby Sitter Tetanggaku

- Video Dewasa Berawal dari Toko Buku

- Video Sex Villa Surga Kenikmatan


- Video Bokep Indo Lokal 2016

- Video Bokep Asia Pijat Urut Terbaru

- Kumpulan Video Bokep Barat Terlengkap

- Kumpulan Video Bokep India Hot

- Kumpulan Cerita Sex Terbaru

- Kumpulan Janda Mesum Telanjang




Cewek Centil mengatakan...
9 April 2016 pukul 00.05.00 WIB


bagus gan artikel nya, sangat membantu dan sangat bermanfaat...

Monggo silakan kunjunggi juga artikel saya di bawah ini :



KUMPULAN BOKEP LOKAL TERBARU


- Video SEX Istri Berjilbab Selingkuh

- Video Mesum Nikmatnya Perawan Gadis Tomboy

- Video Hot Main Serong Dengan Teman Kantor

- Video Panas Desahan Liar si Janda Sombong

- Video Ngentot Guruku Seorang Pelacur


- Video SEX Dientot Pembantu Rumahku

- Video Ngentot Nikmatnya Ngesex Dengan Tante Lia

- Video Mesum Pelajaran Sex Untuk Anak Tetangga

- Video Dewasa Ngentot Memek Perawan Gadis SMA

- Video Ngemut Selingkuh Dengan Janda Muda


- Video SEX Bugil Si Montok Tante Ana

- Video Mesum Adik Iparku Si Gadis Berjilbab

- Video Hot Aku dan 2 Anak SMA

- Video Panas Terbaru Ngentot Sambil Tidur

- Video Ngentot Ayah Tiri Sangat Buas


- Video SEX Dientotin 5 Cewek Bergiliran

- Video Mesum Ngesex dengan Bidan Muda Hot

- Video Hot Aku Dan Janda Stw Yang Montok

- Video Panas Gairah Suster Perawan Ting-ting

- Video Ngentot Sex Dengan Mantan Ibu Guru


- Video SEX Kado Spesial Dari Tante Girang

- Video Mesum Ngentot Selingkuh Istri Tetangga

- Video Hot Nikmatnya Perawan Mbak Ira Wati


- Video Bokep Indo Lokal 2016

- Video Bokep Asia Pijat Urut Terbaru

- Kumpulan Video Bokep Barat Terlengkap

- Kumpulan Video Bokep India Hot

- Kumpulan Cerita Sex Terbaru

- Kumpulan Janda Mesum Telanjang



Cewek Centil mengatakan...
9 April 2016 pukul 00.05.00 WIB


bagus gan artikel nya, sangat membantu dan sangat bermanfaat...

Monggo silakan kunjunggi juga artikel saya di bawah ini :


<=> Kumpulan Bokep Lokal Indonesia :


- Video CHACY LUNA SEKSI POSE DI RANJANG

- Video SIVA APRILIA HOT MODEL ISAP

- Video 5 WANITA HAUS SEX

- Video AKU DAN 3 SEPUPUKU

- Video PESTA SEX ANAK SMP


- Video Hot Lembur Nikmat

- Video TANTE TANTE HAUS SEX

- Video TANTE DESSY YANG HOT

- Video Mbak Yola… Selingkuhanku…

- Video TANTE VIDA YG BINAL HAUS SEX



- Bokep Anak SMU Nakal

- Video TANTE EVI YG HOT

- Video KOMUNITAS TANTE TANTE GIRANG

- Video GADIS TOKET GEDE

- Video Dewasa TANTE – TANTE BUGIL


- Video Bercinta dengan asisten ibuku

- Video TANTE RISKHA YANG GANAS

- Adegan SOFY JANDA BERJILBAB HAUS SEX

- Video Hot Anak Kos Belakang

- Video ENAKNYA NGENTOT DI KELAS SAMPAI LEMAS


- Video Tante Girang Asyik Mandi Bareng Di Bak

- Video Hot Tante Mandi Bareng

- Video Toket Abg Montok bikin Ngaceng



- Video Bokep Indo Lokal 2016

- Video Bokep Asia Pijat Urut Terbaru

- Kumpulan Video Bokep Barat Terlengkap

- Kumpulan Video Bokep India Hot

- Kumpulan Cerita Sex Terbaru

- Kumpulan Janda Mesum Telanjang



Cewek Centil mengatakan...
9 April 2016 pukul 00.05.00 WIB

bagus gan artikel nya, sangat membantu dan sangat bermanfaat...

Monggo silakan kunjunggi juga artikel saya di bawah ini :


<=> Kumpulan Bokep Lokal Indonesia :


- Video Anak Extrakulikuler Dance Mesum

- Video Gubuk Lepas Dibalik Kenduri

- Video Tante Muda Mulus HAUS SEX

- Video Sex Muda Mudi Lagi Mesum

- Video PESTA SEX Gadis India Dikamar


- Video Hot Jilbab Lembur yg Nikmat

- Video Cewek SMK 1 Mesum Dikelas

- Video Pelajar Cipokan Di Warnet

- Video Mbak Yola… Selingkuhanku…

- Video TANTE Septi CD Hitam YG BINAL



- Bokep Anak Counter Hp SMU Nakal

- Video TANTE EVI babu Bejat

- Video KOMUNITAS TANTE TANTE GIRANG

- Video GADIS TOKET GEDE

- Video Dewasa TANTE – TANTE BUGIL


- Video Bercinta dengan asisten Papa

- Video TANTE Nana YANG GANAS

- Adegan SOFY JANDA BERJILBAB Tetangga Sebelah

- Video Hot Tante Kos Belakang

- Video ENAKNYA NGENTOT Dgn Majikan SAMPAI Muncrat


- Video Tante Girang Asyik Mandi Bareng Di Bak

- Video Hot Tante Mandi Bareng Sekretaris

- Video Toket Bayaranku Dengan Sex



- Video Bokep Indo Lokal 2016

- Video Bokep Asia Pijat Urut Terbaru

- Kumpulan Video Bokep Barat Terlengkap


- Video Bokep Indo Lokal 2016

- Video Bokep Asia Pijat Urut Terbaru

- Kumpulan Video Bokep Barat Terlengkap

- Kumpulan Video Bokep India Hot

- Kumpulan Cerita Sex Terbaru

- Kumpulan Janda Mesum Telanjang


Cewek Centil mengatakan...
9 April 2016 pukul 00.06.00 WIB

bagus gan artikel nya, sangat membantu dan sangat bermanfaat...

Monggo silakan kunjunggi juga artikel saya di bawah ini :


KUMPULAN STREAMING 18+ TERBARU


- Video SEX Akibat Ranjang Sempit

- Video Mesum Skandal Aku dan Kakak Tiriku

- Video Hot Aku Malu Tapi Mau

- Video Panas Pelacur Kelas Kontrakan

- Video Ngentot Memek Basah


- Video SEX Janda Kembang Muda

- Video Ngentot Perawan Ngemut Kontol Gede

- Video Mesum Aku Ketagihan Selingkuh

- Video Dewasa Jeritan Pembawa Nikmat

- Video Ngemut Tante Neneng Janda Kesepian


- Video SEX Sekretaris Seksi Hot dan Bugil

- Video Mesum Cewek SPG Ready ML Terbaru

- Video Hot Gairah Dua Mantan Kekasih

- Video Panas Memek Lilis yg Sempit

- Video Ngentot Jilbab Toge Narsis Imut


- Video SEX Gadis Berjilbab Adik Iparku

- Video Mesum Tante Meri Mama Temanku

- Video Hot Ngentotin Wanita Setengah Baya

- Video Panas Bercinta Sambil Liat Film BF

- Video Ngentot Bugil Gadis SMA Paling Sensasional


- Video SEX Bercinta Sepanjang Hari Dikamar Kos

- Video Mesum Ngentot Dengan Bantal Guling

- Video Hot Dibalik Jilbab Nurjanah dan Aisyah

- Video Ngentot Servis Cewek Penjaga Apotik

- Video Bugil SPG-SPG CANTIK DARI BANDUNG


- Video Bokep Indo Lokal 2016

- Video Bokep Asia Pijat Urut Terbaru

- Kumpulan Video Bokep Barat Terlengkap

- Kumpulan Video Bokep India Hot

- Kumpulan Cerita Sex Terbaru

- Kumpulan Janda Mesum Telanjang



Anonim mengatakan...
5 Oktober 2016 pukul 08.10.00 WIB

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhib SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda


Unknown mengatakan...
14 Februari 2018 pukul 02.46.00 WIB

bingung mau ngapain
mari bergabung dengan kami difans poker


UCHIHA SASUKE mengatakan...
20 April 2018 pukul 05.02.00 WIB


yuk gabung bersama kami di ^ionQQ^com
menangkan hadiah'nya hingga jutaan rupiah
tunggu apalagi guys, yuk daftarkan segera diri anda sebelum terlambat..
pin BB : 58ab14f5


Dave Thames mengatakan...
11 Desember 2018 pukul 06.53.00 WIB

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)


Rai Vinsmoke mengatakan...
11 Desember 2018 pukul 07.47.00 WIB

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^


heriseo61 mengatakan...
27 Februari 2019 pukul 02.57.00 WIB


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
viagra jakarta
viagra asli jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
toko viagra jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko viagra asli
jual viagra asli
harga viagra
harga viagra asli
beli viagra
beli viagra asli
pesan viagra
pesan viagra asli
viagra indonesia
jual pil biru
toko pil biru
agen pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
penjual viagra
penjual viagra asli
viagra original usa
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel original
titan gel rusia
obat cialis
obat kuat cialis
cialis jakarta
cialis asli jakarta
cialis original
cialis england


Chika Tan mengatakan...
15 Juli 2019 pukul 03.16.00 WIB

WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
anda dapatkan setiap hari nya!!

Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
~ Bonus New Member : 20%
~ Bonus Next Deposit : 5%
~ Bonus Cash Back : 5%

Minimal Deposit : Rp.25.000
Minimal Withdraw : Rp.25.000

Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan maximal Bonus Rp.250.000 , Dengan mininimal deposit Rp 25.000,-
syarat TO x 8
Contoh : 25.000 + 25.000 * 8 = 400.000
Minimal WD 50.000


TEMBAK IKAN ONLINE

Bonus Deposit 50%
Minimal Deposit Rp25.000
Max Bonus Rp. 1.000.000,-
TO x 15 + BONUS

Bonus Deposit 10%
Minimal Deposit : Rp.50.000,-
Max Bonus : Rp. 500.000,-
TO x 7 + BONUS

CASHBACK 10%
Bonus Cashback hanya diberikan kepada player yang tidak mengclaim bonus next deposit

Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

Contact Person WIN323 :
BB : E3E94F65
LINE : win323a

WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )


Vini Wong mengatakan...
19 Agustus 2019 pukul 04.13.00 WIB

Bossku , Dalam Permainan pastinya ada Menang & Kalah nya dong !
Tapi kalau kalah terus Menang pun Jarang Mungkin Rezeki Bossku gak di sana , kalau udah seperti itu Buruan pindah bosku ke EDENPOKER .
BERMINAT menambah penghasilan join ke edenpoker(.)XYZ

# Minimal Deposit IDR 15.000,-
# Minimal Withdraw IDR 15.000,-
# Bonus New Member 10.000,-
# Bonus Deposit 5%,-
# Bonus Rollingan 0.5%,-
# Bonus Referral 10%,-

WA : +855 7863 3569
LIVE CHAT : edenpoker(.)xyz


angelkelaba1234@gmail.com mengatakan...
31 Januari 2020 pukul 11.18.00 WIB

JOIN NOW !!!
Dan Dapatkan Bonus yang menggiurkan dari dewalotto.club
Dengan Modal 20.000 anda dapat bermain banyak Games 1 ID
BURUAN DAFTAR!
dewa-lotto.name
dewa-lotto.com


Posting Komentar