Cara Dan Teknik Budidaya Ikan Patin

Ikan patin adalah sekelompok ikan yang berkumis, (Siluriformes) Yang termasuk dalam (Genus Pangasius), (Famili Pangasiidae) Nama patin juga di sematkan pada salah satu anggotanya. Sekelompok ikan ini banyak sekali nilainya di segi Ekonomi. Patin biasa dan patin siam, (P. hypophthalmus syn. P. sutchi) Atau di beberapa pustaka menyebutkan Jambal siam.

Banyak berbagai macam jenis ikan perairan air tawar memang lumayan banyak jumlahnya. Selama ini masyarakat banyak yang memilki hoby menjadi salah satu salah satu bagian dari usaha mereka yang sekiranya bisa di jadiakn peluang hidup. pada saat ini ikan patin telah terkenal di Mana-mana pada khusunya di masyarakat indonesia raya. Dan juga telah tersebar hingga sampai kepelosok pedesaan sana.

Sebagai mana yang telah kita ketahui bahwa ikan patin tersebut merupakan salah satu ikan air tawar yang banyak memiliki peluang ekonomi untuk Di Budidayakan. Budidaya ikan patin ini masih perlu kita perluaskan lagi, Karena pemenuhan atas permintaan ikan patin tersebut masih sangat terbatas dan kurang. Ikan patin seperti halnya ikan lele yang tidak memiliki sisik dan tidak memiliki semacam duri yang tajam di bagian siripnya. Dan keduanya tergolong dalam kelompok (catfish) Ada juga yang menyebut ikan patin ini dengan ikan lele bangkok. Di beberapa daerah ikan patin memiliki nama yang Berbeda-beda, Antara lainya adalah ikan Jambal, Ikan Juara, Lancang dan Sodarin. Nah, Rasa ikan patin yang enak dan gurih konon memiliki rasa yang amat lebih gurih di bandingkan ikan lele. Justru ikan patin memiliki kandungan minyak dan lemak yang cukup banyak dalam dagingnya.

Cara Dan Teknik Budidaya Ikan Pantin


Nah Buat anda, Teknik budidaya ikan patin sebenarnya relatif mudah, Sehingga anda tak perlu ragu dan bimbang jiak anda berminat menekuni budidaya ikan patin tersebut. Pada Awal-awalnya pemenuhan kebutuhan ikan patin ini hanya mengandalkan cara penangkapan dari sungai, Danau dan rawa. sebagai habitat ikan patin tersebut. Seiring dengan meningkatnya peminat mastarakat ikan patin mulai di budidayakan di kolam seperti, kolam dengan menggali tanah dan kolam dari terpal.

Peluang usaha budidaya ikan patin terebut bisa dilakukan dengan 2 bidang kegiatan seperti, kegiatan pembenihan, dan kegiatan pembesaran sebagai komsumsi. Kegiatan pembenihan merupakan upaya untuk menghasilkan benih pada ukuran yang tertentu. Budidaya ikan patin pemenuhan bibit ini cukup memenuhi prospek yang bagus karena permintaan bibit juga cukup besar.

Budidayaikan patin sebagai persediaan bibit ini memerlukan waktu yang relatif pendek sehingga perputaran modal dapat di percepat. Budidaya ikan patin ini dalam kategori pembesaran yang biasanya di lakukan pada saat bibit ikan patin memiliki berat 8-12 gram/ekornya. Dan setelah 6 bulan bisa mencapai 600-700 gram/ekonya. sebagai petani ikan patin ini memanen setelah berusia 3 hingga 4 bulan karena permintaan pasar ikan patin dengan bobot yang lebih rendah per ekornya. Budidaya ikan patin sebagai bibit dan ikan komsumsi memiliki peluang usaha yang Sama-sama menguntungkan. Nah tergantung kepada pilihan anda mana yang lebih menguntungkan dan memungkinkan. Budidaya ikan patin memerlukan beberapa persyaratan dan kondisi lingkungan yang optimal untuk pertumbuhan dan perkembangan.Buat anda persyaratan Budidaya ikan patin seperti berikut di bawah ini.

1. Tanah yang baik untuk kolam pemeliharaan dan budidaya ikan patin adalah : Sejenis tanah liat/Lempung. Tidak berporos, Jenis-jenis tanah tersebut bisa menhan massa air kuat dan besar dan tidak bocor sehingga dapat di buat sebagai pematang atau dinding kolam.

2. Kemiringan tanah yang baik untuk pembuatan kolam yang berkisar antara 3-5% untuk memudahkan pengairan kolam secara gravitasi.

3. Apabila pembesaran patin dilakukan dengan jala apung yang di pasang disungai maka lokasi yang tepat adalah sungai yang ber arus lambat.

4. Kualitas air untuk pemeliharaan ikan patin haruslah bersih. tidak terlalu keruh dan tidak bercampur Bahan-bahan kimia beracun. dan minyak atau limbah pabrik. Dan kualitas air harus terus di perhatikan, untuk mengindari timbulnya Jamur dan yang lainya. Maka perlu di tambahkan larutan penghambat pertumbuhan jamur (Emolin atau Blitzich Dengan dosis 0,05 cc/Liter).

5. Suhu air yang bagus pada saat penetesan telur menjadi larva di akuarium adalah antara 26-28 Derajat C. Di Daerah-daerah yang suhu airnya relatif rendah diperlukan heater atau pemanas untuk mencapai suhu optimal yang relatif Stabil.

6. PH Air Berkisar Antara : 6,5-7.

Teknik Budidaya ikan patin

Pembibitan ikan patin : Pembibtan ikan patin merupakan upaya untuk mendapatkan bibit dengan dengan kualitas yang baik, Dan jumlah yang mencukupi permintaan. dengan cara tradisional bibit ikan patin diperoleh dengan menangkap dari habitat aslinya seperti, Sungai, Danau, Rawa dan tempat yang lainya. Untuk tujuan komersial bibit harus diupayakan semaksimal mungkin dengan pembibitan di kolam. Persiapan dan Langkah-langkahnya adalah seperti berikut di bawah ini.


1. Memilih calon induk siap pijah

Induk patin yang hendak di pijah sebaiknya di pelihara dahulu secara khusus terlebih dahulu dengan pemeliharaan yang Intensif. Selama pemeliharaan induk ikan di beri makanan yang khusus yang mengandung protein tinggi. Dan selain dari itu di berikan juga rucah 2 kali seminggu sebanyak 10% bobt ikan induk. Langkah-langkah ini dilakukan untuk mempercepat kematangan gonad.

Ciri-ciri induk patin yang telah matang gonad dan siap untuk di pijahkan. sebagai berikut ini.

A. Induk Betina

1. Umur 3 tahun
2. Ukuran 1,5-2 kg
3. Perut membesar kearah anus
4. Perut terasa empuk dan halus jika di raba
5. Kloaka membengkak dan berwarna merah tua
6. Kulit pada bagian perut lembek dan tipis
7. Jika di sekitar Kloaka ditekan akan keluar beberapa butir telur yang berbentuk bundar dan besarnya seragam.

B. Induk jantan

1. Umur 2 tahun
2. Ukuran 1.5-2 kg
3. Kulit perut lembek dan tipis
4. Jika di urut akan keluar cairan sperma berwarna putih
5. Kelamin membengkak dan berwarna merah tua

2. Persiapan hormon peransang/kelenjar hipifise dari ikan donor, Seperti biasanya ikan emas

Hormon perangsang dibuat dengan menggunakan kelenjar hipofise ikan mas. Kelenjar hipofise bisa di temukan pada bagian otak ikan mas. Yang berwarna putih dan cuckup kecil. Lalu ambil dengan Hati-hati dengan menggunakan pinset. Setelah diambil masukkan kedalam tabung kecil dan di tumbuk sampai halus lebih bagus jika anda pastikan benar benar halus ddan lebut. Kemudian campurkan dengan air murni atau (aquades) yang bisa anda beli di apotik terdekat.

3. Kawin suntik (Induce breeding)

Setelah kelenjar hipofise di campur dengan air murni (aquades) telah disediakan, ambil dengan jarum suntik dan suntikkan pada ikan patin tersebut. Dan ikan patin siap dipijahkan. Metode kawin suntik ini diterapkan untuk merangsang induk patin betina untuk mengeluarkan telur untuk yang selanjutnya di buahi oleh si patin jantan.

4. Penetesan telur

Telur yang telah di buahi akan menetes dalam waktu sekitar 4 hari paling lama. Selama menunggu telur menetes perlu di pantau kondisi air, Dan ganti air sebagian dengan air bersi dari air sumur.

5. Perawatan Larva

Benih ikan patin yang berumur 1 hari di pindahkan kedalam akuarium atau bak yang berukuran 80 cm x 45 cm x 45 cm. Bisa juga dalam ukuran yang lain. Setiap akuarium atau bak, di isi dengan air sumur Bor yang telah diaerasi. Kepadatan penebaran ikan adalah 500 ekor per akuarium, Aerator di tempatkan pada setiap akuarium agar di perlukan oksigen biar benih dapat tercukupi. Dan untuk menjaga kestabilan suhu ruangan dan dan suhu air, gunakan heater atau dapat juga menggunakan kompor untuk menghemat biaya. Benih umur sehari belum perlu di beri makan tambahan dari luar, Karena masih mempunyai cadangan makanan berupa yolksac atau kuning telur. pada hari ke 3 benih ikan di beri makanan tambahan berupa emulsi kuning kuning telur ayam yang di rebus. Dan selanjutnya Berangsur-angsur diganti dengan makanan hidup berupa (moina cyprinacea) Atau juga yang biasa di kenal dengan kutu air atau Jentik nyamuk.

6. Pendederan

Benih ikan patin dibesarkan pada kolam tebar atau bak yang dari semen. Dan lebih bagusnya pada kolam yang berlumpur, karena banyak mengandung (plankton dan fitoplankton) Sebagai pakan alami.

7. Pemanenan

A. Benih ikan patin bisa dipanen sesuai dengan ukuran yang kita kehendaki.     
B. Pemeliharaan pembesaran : Pemeliharaan pembesaran ditujukan untuk pemenuhan ikan patin komsumsi, Ikan patin komsumsi ada berbgai ukuran, Antara lain, 200 gram hingga 1 kg. Masa panen menyesuaikan dengan permintaan pasar. Dan ada bagian yang lebih senang yang berukuran kecil sekitar 200 gram Bahkan lebih. Pada usia 6 bulan ikan patin sudah mencapai bobot 600 hingga 700 gram.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Cara Dan Teknik Budidaya Ikan Patin tersebut, Semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/05/cara-dan-teknik-budidaya-ikan-pantin.html

28 Responses to “Cara Dan Teknik Budidaya Ikan Patin”

Unknown mengatakan...
14 Desember 2013 pukul 04.27.00 WIB

Keren sob

www.kiostiket.com


Unknown mengatakan...
10 Mei 2014 pukul 09.47.00 WIB

Bagaimana mengatasi patin saya yang sdh berumur 2 bulan dikolam pembesaran seluas 2000m2 dengan populasi 30.000 ekor tiba2 banyak yang mati krn white spot. seblmnya lahan kolam tidak diolah terlebih dahulu. Kondisi kolam baik dinding batu kali. Mohon saran segera


Bisnisrumahan mengatakan...
19 Mei 2014 pukul 13.18.00 WIB

makasih agan ijin baca baca dulu buat bisnis rumahan


aris mengatakan...
30 Desember 2014 pukul 09.37.00 WIB

Mantab bos

http://mas4ries.blogspot.com


Jhonthit mengatakan...
2 Maret 2015 pukul 15.43.00 WIB

pasang iklan baris gratis di www.iklancs.com


naga-mark mengatakan...
10 Juli 2015 pukul 14.58.00 WIB

infonya bagus,,
dan sangat menarik...


Unknown mengatakan...
5 Agustus 2015 pukul 02.27.00 WIB

Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat bagi kami semua, dan coba anda lihat informasi berikutnya.News Information Tips Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak thanks semuanya semoga bermanfaat.


Unknown mengatakan...
9 Agustus 2015 pukul 22.42.00 WIB

Jelas artikel yang bermanfaat... (Singgah juga ke tempat kami, sahabat... http://khabarikan.blogspot.com)


Anonim mengatakan...
30 November 2015 pukul 14.14.00 WIB

Keren sekali ..
makasih ya atas informasinya

Pengobatan Tradisional Kaki Bengkak Alami


nurmardiana mengatakan...
12 April 2016 pukul 11.54.00 WIB

Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hampir bunuh diri ,anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya setelah bergabung dengan KI KUSUMO hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI KUSUMO di No 0852-5777-6881. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI KUSUMO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI KUSUMO DI 0852-5777-6881. (TANPA TUMBAL/AMAN).


Unknown mengatakan...
2 Oktober 2016 pukul 03.31.00 WIB

Tilapia fish is a fish for consumption that live in fresh water. Characteristics of flat-shaped body of black, gray, or brown. This fish is called Mujair because the first to find fish
togel online


Anonim mengatakan...
5 Oktober 2016 pukul 08.06.00 WIB

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhib SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda


Sinarharapanpakanternak mengatakan...
27 Mei 2017 pukul 11.16.00 WIB

Ijin share info berguna min, siapa tahu jadi manfaat bersama. Sedia tepung Roti dari fresh kulit roti tawar. Side product/ bad stock fresh. Tidak repot sortir gula/selai. Non jamur. Lokasi pondok cabe, untuk kebutuhan sekitar tangsel, parung, gn sindur dan depok.
Juga menyediakan basis dasar bahan baku pembuatan pakan ternak lainya seperti tepung kulit udang dan tepung ikan murni.
Cod lokasi/ loco gudang. PM. Hub : 08987300699/ WA


KEREN TANIA mengatakan...
12 Februari 2018 pukul 02.59.00 WIB


ditunggu apa lagi hanya dengan minimal deposit 10.000
mari coba keberuntungannya bersama dengan kami di fanspoker^^com


Unknown mengatakan...
26 Februari 2018 pukul 23.35.00 WIB

Nama 6 jenis obat perangsang wanita paling ampuh di apotek, sebelum anda memakai berbagai jurus andalan untuk bangkitkan seks istri atau pasangan, ada baiknya anda mencari tahu dulu apa penyebab pasangan anda kurang bergairah ketika di ajak bercinta atau malas dan ogah dalam melayani nafsu seks para pria.


Obat perangsang wanita di apotik kimia farmaSexdrop sering di gunakan oleh artis blue film baik di amerika, jepang atau di korea semuanya menggunakan obat ini karena di samping ampuh, obat ini juga sangat praktis dengan isi yang tidak terlalu banyak sehingga dengan mudah cara penggunaanya dan penyimpanannya.


Jual obat perangsang wanita di kota malang – Obat perangsang wanita murah Max Woman Membuat Wanita Bergairah dan Bernafsu ingin melakukan hubungan seks, Obat Perangsang Max Woman ini tidak dijual bebas seperti di toko obat atau apotik, hanya di toko online kami tempat anda akan mendapatkan produk obat perangsang asli yang terjamin keampuhannya.


VIMAX ASLI CANADA APOTIK OBAT PEMBESAR PENIS PALING AMPUH


Selamat Datang di website resmi vimax asli canada di apotik indonesia www.apotikjualvimax.com kami merupakan olshop penjual obat vimax herbal asli canada pembesar alat vital permanen yang terpercaya dengan produk unggulan yaitu vimax asli import canada. kami merupakan distributor pen jual Obat perangsang wanita dengan harga murah produk asli import luar negeri sudah terbukti ke ampuhannya sehingga sangat cepat efek yang di hasilkan.


UCHIHA SASUKE mengatakan...
20 April 2018 pukul 05.02.00 WIB

numpang share ya,,,
ayo segera daftar kan diri anda di ionqq,c0m
daftar, mainkan dan menangkan hadiahnya,,,
hanya di ionqq.com player bisa jadi bandar...
pin bb : #58a-b14-f5#


Eno mengatakan...
11 Mei 2018 pukul 15.05.00 WIB

Makasih gan infonya, Share sedikit ya http://www.citracakralogam.com/


Unknown mengatakan...
15 September 2018 pukul 09.24.00 WIB

terimakasih infonya. jangan lupa kunjungi website kami https://bit.ly/2NJpsuG


Rai Vinsmoke mengatakan...
11 Desember 2018 pukul 07.48.00 WIB

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^


Carolina Agustina mengatakan...
16 Desember 2018 pukul 00.11.00 WIB

Numpang ya min ^^

Menang Di Acerdomino,com sekarang. jangan habiskan uang kamu di tempat lain,
dapatkan uang terus hanya bermain di acerdomino .com

- BONUS NEW MEMBER 10.000
- BONUS ROLINGAN MINGGUAN 0.5%
- NEXT DEPOSIT 10%
- BONUS REFERRAL SEUMUR HIDUP 15%

WHATSAPP : +855966139323
LINE : ACERPOKER
BBM : D8DVEC7F
LIVE CHAT : ACERDOMINO .COM
ALTERNATIVE LINK : ACERDOMINO .ORG

AGEN POKER DAN DOMINO TERPERCAYA
AGEN POKER TERBESAR
http://acerdomino.org
http://acerdomino.org
ACERDOMINO.COM
ACERDOMINO
AGEN DOMINO TERAMAN DAN TERPERCAYA
CARA MAIN POKER ONLINE


Deka pradifta mengatakan...
8 Maret 2019 pukul 21.43.00 WIB

Terima kasih infonya sangat bermanfaat sekali gan, jangan lupa lihat juga lebih lengkapnya analisa modal awal sampai akhir disini
Analisis lengkap budidaya ikan patin


silvimargaret mengatakan...
24 Juni 2019 pukul 14.03.00 WIB

HANYA DI KENARI POKER BANYAK BONUSNYA BOSSKU
Bonus Welcome Untuk New Member:
- Bagi deposit Rp.10,000 - Rp.14,999 Bonus Rp.5.000
- Bagi deposit Rp.15,000 - Rp.24,999 Bonus Rp.10.000
- Bagi deposit Rp.25,000 - Rp.49,999 Bonus Rp.15.000
- Bagi deposit Rp.50,000 - Rp.99,999 Bonus Rp.20.000
- Bagi deposit Rp.100,000 ke atas Bonus Rp.25.000
- Bonus next deposit 5% untuk deposit Rp.50.000
REAL PLAYER VS PLAYER !!!

Syarat Klaim bonus yaitu menghubungi CS kami di
WHATSAPP : +855966139323
BBM : KENARI00
LIVE CHAT : KENARIPOKER . COM
ALTERNATIVE LINK : KENARIPOKER . COM


Chika Tan mengatakan...
15 Juli 2019 pukul 03.17.00 WIB

WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
anda dapatkan setiap hari nya!!

Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
~ Bonus New Member : 20%
~ Bonus Next Deposit : 5%
~ Bonus Cash Back : 5%

Minimal Deposit : Rp.25.000
Minimal Withdraw : Rp.25.000

Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan maximal Bonus Rp.250.000 , Dengan mininimal deposit Rp 25.000,-
syarat TO x 8
Contoh : 25.000 + 25.000 * 8 = 400.000
Minimal WD 50.000


TEMBAK IKAN ONLINE

Bonus Deposit 50%
Minimal Deposit Rp25.000
Max Bonus Rp. 1.000.000,-
TO x 15 + BONUS

Bonus Deposit 10%
Minimal Deposit : Rp.50.000,-
Max Bonus : Rp. 500.000,-
TO x 7 + BONUS

CASHBACK 10%
Bonus Cashback hanya diberikan kepada player yang tidak mengclaim bonus next deposit

Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

Contact Person WIN323 :
BB : E3E94F65
LINE : win323a

WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )


Vini Wong mengatakan...
19 Agustus 2019 pukul 05.54.00 WIB

Bossku , Dalam Permainan pastinya ada Menang & Kalah nya dong !
Tapi kalau kalah terus Menang pun Jarang Mungkin Rezeki Bossku gak di sana , kalau udah seperti itu Buruan pindah bosku ke EDENPOKER .
BERMINAT menambah penghasilan join ke edenpoker(.)XYZ

# Minimal Deposit IDR 15.000,-
# Minimal Withdraw IDR 15.000,-
# Bonus New Member 10.000,-
# Bonus Deposit 5%,-
# Bonus Rollingan 0.5%,-
# Bonus Referral 10%,-

WA : +855 7863 3569
LIVE CHAT : edenpoker(.)xyz


monica mengatakan...
29 Agustus 2019 pukul 02.46.00 WIB

Cari Situs Judi Online Terpercaya? Teraman? Banyak Bonusnya?
Di Sini Tempatnya.

ZumaQQ, Agen BandarQ, Domino99, Poker Online Terpercaya

Hanya 4 Tahapan Kemenangan yang MUDAH di ZumaQQ
Daftar > Depo > Main > Menang!
Deposit minimal Rp. 20.000,-
Anda Bisa Menjadi JUTAWAN? Kenapa Tidak?
Dengan 1 ID sudah bisa bermain 8 Jenis Permainan
* BandarQ (HOT)
* Bandar 66 (New Hot)
* Bandar Poker
* Sakong Online
* Domino QQ
* Adu Q
* Poker
* Capsa Susun
Ada Juga Bonus Terhot Se-Indonesia
Bonus Turnover 0,5%
Bonus Refferal 10% + 10%

Yuk gabung bersama kami dan Jadilah Jutawan Berikutnya!
Website : ZumaQQ
WA : +85517812404
Line : ZumaQQ


Chintia Ananta mengatakan...
4 Oktober 2019 pukul 06.02.00 WIB

Agen Sbobet
Agen Resmi Sbobet
Sabung Ayam
Casino Online
Berita Bola
Berita Viral
Brita Tranding

Berikut HOT PROMO Yang Ada Di Bola206, antara lain :

Bonus CASHBACK 5% untuk permainan SPORTBOOK
Bonus ROLLINGAN 1% untuk permainan CASINO
Bonus CASHBACK 5% untuk permainan SABUNG AYAM
Bonus Referral 2.5% untuk permainan SPORTBOOK
Bonus Referral 2,5% untuk permainan SABUNG AYAM

SITUS BETTING ONLINE YANG AMAN DAN TERPERCAYA
WWW.INDO206.NET

DENGAN 1 USER ID ANDA DAPAT BERMAIN DI SEMUA GAME KAMI
SPORTBOOK/LIVECASINO/SABUNGAYAM

Minimal DP & WD 50RB
Proses DP & WD HANYA 2 MENIT

AGEN BETTING ONLINE YANG SUDAH
PASTI DAN JELAS TERPERCAYA.
WWW.INDO206.NET


( Via Live Chat ) Respon Cepat
Costumer Service 24 Jam Online

Line ID : agenbola206
IG : @bola206hq
FB : Bola206_Official
WA : +6281363191417


Ditunggu Kehadirannya Di Bola206 :)


Sylvia ANg mengatakan...
1 Februari 2020 pukul 09.24.00 WIB

Nikmati Bonus Spesial Agen Sabung Ayam Live Sebesar 100% di Situs Bolavita Sekarang juga !

Promo Spesial ini dapat anda klaim setiap hari. Bolavita menyediakan pendaftaran Akun Sabung Ayam Online S128 dan Sv388 secara gratis !

Klik Link Disamping ini »» http://159.89.197.59/

Informasi selengkapnya, silahkan hubungi cs kami yang bertugas 24 Jam Online Setiap Hari dibawah ini:

» Nomor WA : +62812-2222-995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Line : cs_bolavita
» ID WeChat : BOLAVITA


KAPAL JUDI mengatakan...
25 Maret 2020 pukul 03.30.00 WIB

KAPAL ASIA (KAPAL JUDI)

HOT PROMO :

- Bonus Cashback Mingguan Hingga 15%
- Bonus Refrensi 2,5% Seumur Hidup
- Bonus Rollingan Casino 0.8%
- Bonus Rollingan Mingguan Sportbook Refferal 0,1%

Discount 4D : 66.00% , 3D : 59.5.00% , 2D : 29.5.00%
Kombinasi = 5%
Shio = 12%
Colok Angka (1A) = 5%
Colok Macau (2A) = 15%
Colok Naga (3A) = 15%
Colok Jitu = 8%

jika ada kendala silahkan hubungi ke live chat kami ya bosku ^^
kami siap membantu bosku 24jam :)
di tunggu kedatangan nya kembali bosku ^^

WA: +855 1537 8728 KAPALJUDI
Fanspage : Kapal Judi Faigk
IG : kapaljudi88
Www Kapaljudi88 Net


Posting Komentar