Tips Dan Teknik Budidaya Ayam Ras Pedaging (Broiler)

Yang di maksut ayam peliharaan atau (Gallus gallus domesticus) Adalah unggas yang biasa di pelihara manusia guna untuk di manfaatkan buat keperluan hidup, Ayam peliharaan merupakan keturunan lansung dari salah satu Subspesiaes ayam hutan yang di kenal sebagai ayam hutan merah atau ayam bangkiwa (bankiva fowi) Kawin saling santarras ayam telah menghasilkan ratusan Galur unggul atau galur murni dengan Bermacam-macam fungsi, Yang paling umum adalah Ayam potong, (Untuk dipotong) Dan ayam petelur, Untuk (Diambil telurnya) Ayam biasa dapat juga di kawin silang dengan kerabat dekatnya, (Ayam hutan hijau) Yang menghasilkan hibrida mandul yang yang jantanya di kenal sebagai ayam Bekisar.

Dengan populasi lebih dari 24 miliar pada tahun 2003, (Firefly's Bird Encyclopaedia) Menyatakan Ada lebih banyak ayam di dunia ini dari pada Burung-burung lainya. Ayam memasok 2 sumber protein dalam Pangan adalah : Daging Ayam Dan Telurnya Ayam. Ayam peliharaan berasal dari domestik ayam hutan merah, Atau ayam (bangkiwa Gallus gallus) yang hidup di india. Namun demikian pengujian molekular menunjukkan kemungkinan sumbangan plasma nutfah dari G. Sonneratii karena ayam hutan merah tidak memiliki sifat kulit warna kuning yang menjadi salah satu Ciri-ciri ayam peliharaan.

Tips Dan Teknik Budidaya Ayam Ras Pedaging (Broiler)


Ukuran tunuh berfariasi, (Monopterus indicus) Hanya berukuran 8,5 cm. Sementara belut mamer (Synbranchus marmoratus) Telah di ketahui dapat mencapai 1,5 m, Dan belut sawah sendiri yang bisa di jumpai di sawah juga di jual dan untuk di makan. Dapat mencapai panjang sekitar 1 m. Atau dalam bahasa betawinya (Di sebut moa). Kebanyakan belut tersebut tidak suka berenang bahkan lebih suka bersembunyi di dalam lumpur. Semua jenis belut adalah pemangsa, Daftar mangsanya adalah seperti Hewan-hewan yang kecil yang ada di rawa dan sungai. Seperti hewan : Ikan, Katak, Serangga, Dan Krustasea yang kecil. Berikut di bawah ini Sejarah singkat Budidaya Ayam Ras Pedaging (Broiler).

1. Sejarah singkat Budidaya Ayam Ras Pedaging (Broiler).

Ayam ras pedaging tersebut, Sama juga dengan Broiler. Yang merupakan jenis ras unggulan hasil persilangan dari Bangsa-bangsa ayam yang memiliki saya Produktifitas yang tinggi. Yang paling utama dalam memproduksi daging ayam. Sebenarnya ayam broiler tersebut baru saja populer di negara indonesia sejak tahun 1980-an, Dimana pemegang perusahaan mencanangkan penggalakan komsumsi daging ruminansia yang pada saat itu sangat sulit keberadaanya. Hingga saat ini broiler telah sangat di kenal oleh masyarakat indonesia dengan dengan berbagai kelebihan. Hanya sampai 5-6 minggu lamanya sudah bisa di panen,  Dalam waktu pemeliharaan yang relatif singkat dan menguntungkan. Maka dari itu banyak peternak baru serta peternak musiman yang telah bermunculan di berbagai wilayah Indonesia.

2. Sentra Perikanan

Ayam telah di kembagkan sangat pesat di setiap negara, Di negara Indonesia usaha ternak ayam pedaging juga telah di jumpai di setiap Propinsi Indonesia.

3. Jenis

Dengan berbagai macam strain ayam ras pedaging yang telah beredar luas di pasaran, Peternak tidak perlu risau dalam menentukan pilihan, Sebab, Semua jenis train yang telah beredar memiliki daya produktifitas relatif sama artinya seandinya terdapat perbedaan. Dalam perbedaan tidak menyolok atau sngat kecil sekali. Dalam menetukan pilihan strain apa yang hendak di pelihara. Para peternak dapat meminta daftar Produktifitas atau prestasi bibit yang di jual di Poultry Shoup. Adapun  jenis strain ayam ras pedaging yang banyak beredar di pasaran adalah : (Super 77, Tegel 70, ISA, Kim cross, Lohman 202, Hyline, Vdett, Missouri, Hubbard, Shaver Starbro, Pilch, Yabro, Goto, Arbor arcres, Tatum, Indian river, Hybro, Cormish, Brahma, Langshans, Hypeco-broiler, Ross, Narshall"m", Euribrid, AA 70, H&N, Sussex, Bromo, CP 707, Dan yang lainya.

4. Manfaat

Manfaat dari beternak ayam ras pedaging antara lain, Seperti berikut

1. Tabungan di hari tua
2. Mencukupi kebutuhan keluarga (Profit motif )   
3. Penyediaan kebutuhan protein hewani.
4. Pengisi waktu luang di masa pensiunan.
5. Pendidikan dan latihan (Diklat) Keterampilan di kalangan remaja.

5. Persyaratan Lokasi

1. Lokasi terpilih bersifat menetap, yang artinya tidak mudah terganggu oleh Keperluan-keperluan yang lain selain untuk usaha peternakan, (Budidaya Ayam Ras Pedaging) (Broiler).
2. Lokasi mudah terjangkau dari Pusat-pusat pemasaran.
3. Dan lokasi yang cukup jauh dari Keramaian atau perumahan penduduk.

6. Pedoman Teknis Budidaya

Sebelum usaha beternak akan di mulai, Seorang peternak wajib memahmi dalam 3 hal unsur produksi Yaitu,

1. Manajemen (Pengelolaan usaha peternakan).
2. Breeding (Pembibitan).
3. Feeding (Makanan ternak/pakan). 

A. Persiapan sarana dan peralatan

1. Perkandangan : Sistem perkandangan yang ideal untuk usaha ternak ayam ras meliputi seperti berikut :
A. Persyaratan temperatur berkisar antara 32,2-35 derajat C.
B. Kelembaban sekitar antara 60-70%, Dan penerangan/pemanasan kandang sesuai dengan aturan yang telah ada.
C. Tata letak kandang agar mendapat sinar matahari pagi dan tidak melawan arah mata angin kencang, Dan model kandang di sesuaikan dengan umur ayam.
D. Untuk anak ayam yang berumur 2 minggu atau 1 bulan hendaklah memakai kandang box, Dan untuk anak ayam remaja 1-2 dan 3 bulan memakai kandang box yang di besarkan, Dan untuk ayam dewasa bisa dengan kandang postal atau kandang bateray.
E. Untuk kontruksi kandang tidak harus dengan bahan yang berharga mahal, yang penting kuat bersih dan tahan lama.

B. Peralatan

1. Litter (Alas lantai) : Alas lantai atau litter haruslah dalam keadaan kering, Maka tidak ada atap yang bocor dan air hujan tidak ada yang masuk dan angin kencang. Kemudian tebal Litter setinggi 10 cm, Lalu bahan litter di pakai campuran dari kulit padi atau sekam, dan dengan sedikit kapur dan pasir secukupnya. Atau hasi serutan kayu dengan panjang antara 3-5 cm untuk pengganti kulit padi/sekam.

2. Indukan atau brooder

Alat ini berbentuk bundar atau persegi 4 dengan areal jangkauan 1-3 m dengan alat pemanas di tengah. Yang fungsinya seperti induk ayam yang menghangatkan anak ayamnya ketika baru menetas.  

3. Tempat bertengger

Tempat bertengger tersebut adalah untuk tempat istirahat dan tidur. Di buat pada dinding dan usahakan kotoran jatuh kelantai yang mudah di bersihkan dari luar, Di buat tertutup agar terhindar dari angin dan letaknya lebih rendah dari tempat bertelur.

4. Tempat makan dan minum (Tempat grit)

Tempat makan dan minum ayam harus tersedia cukup, Yang berbahan dari bambu, Almunium atau apa saja yang pasti kuat asal tidak bocor dan tidak berkarat. Untuk tempat grit dengan kotak khusus.

5. Alat-alat rutin

Alat-alat rytin tersebut termasuk alat kesehatan ayam contohnya seperti : Suntikan, Gunting operasi, Pisau potong operasi kecil dan sebagainya.

1. Pembibitan

Ternak-ternak yang di pelihara haruslah memenuhi persyaratan seperti sebagai berikut :

1. Ternak sehat dan tidak cacat pada fisiknya.
2. Pertumbuhan dan perkembanganya Normal.
3. Ternak berasal dari pembibitan yang pasti telah di kenal keunggulanya.
4. Tidak ada lekatan tinja di buburnya.

2. Pemilihan bibit dan calon induk

Ada beberapa pedoman teknis untuk memilih bibit/DOC, (Day OldChicken/Ayam umur sehari) Sebagai berikut :

1. Anak ayam/(DOC) Berasal dari induk yang sehat.
2. Bulu tampak halus dan penuh, Serta baik pertumbuhanya.
3. Tidak terdapat kecacatan pada tubuh ayam.
4. Nafsu makan anak ayam membaik.
5. Ukuran badan normal, Dan ukuran berat badan antara (35-40 gram).
6. Tidak ada letakan tinja di buburnya.

Perawatan bibit dan calon induk

Di lakukan di setiap saat, Jika ada kelainan pada ternak, Supaya segera di beri perhatian secara khusus dan di berikan pengobatan sesuai dengan petunjuk dinas peternakan setempat, Atau dokter hewan yang bertugas di daerah yang bersangkutan.

3. Pemeliharaan

Pemberian pakan dan minuman

1. Untuk pemberian pakan ayam ras broiler ada 2 cara,
Face yaitu fase starter (0-4 minggu)
Dan fase finisher umur (4-6 minggu)

A. Kualitas dan kuantitas pakan fase Starter adalah : Kualitas atau kandungan zat gizi pakan terdiri dari protein 22-24%, Lemak 2,5%, Serat kasar 4%, Kalsium (CA) 1%, Phospor (P) 0,7-0,9% ME 2800-3500 Kcal.

B. Kualitas pakan terbagi/digolongkan menjadi 4 golongan yaitu minggu pertama :

1. Minggu pertama : Umur 1-7 hari, 17 gram/hari/ekor.
2. Minggu ke dua : Umur 8-14 hari, 43 gram/hari/ekor.
3. Minggu ke tiga : Umur 15-21 hari, 66 gram hari/ekor.
4. Minggu ke empat : Umur 22-29 hari, 91 gram/hari/ekor.
Jadi jumlah pakan yang di butuhkan tiap ekor sampai pada umur empat minggu sebesar 1.520 gram

Kualitas dan kuantitas pakan fase finisher adalah :

1. Kualitas atau kandungan zat gizi pakan terdiri dari protein 8,1-21,2%, Lemak 2,5%, Serat kasar 4,5%, Kalsium (Ca) 1%, Phospor (P) 0,7-0,9%, Dan energi (ME) 2900-3400 Kcal.

Kuantitas pakan terbagi/digolongkan dalam empat golongan  adalah :

1. Minggu ke lima : Umur 30-36 hari, 111 gram/hari/ekor.
2. Minggu ke enam : Umur 37-43 hari, 129 gram/hari/ekor.
3. Minggu ke tujuh : Umur 44-50 hari, 146 gram/hari/ekor.
4. Minggu ke delapan : Umur 51-57 hari, 161 gram/hari/ekor.
Jadi total jumlah pakan per ekor pada umur 30-57 hari adalah 3.829 gram.

Pemberian minum di sesuaikan dengan umur ayam yang di kelompokkan dalam 2 fase yaitu : 

1. fase starter : Umur 1-29 hari, Dan kebutuhan air minum terbagi lagi pada Masing-masing minggu, Yaitu :
Minggu pertama : 1-7 hari, 1,8 liter/hari/100 ekor.
Minggu ke dua : 8-14 hari, 3,1 liter/hari/100 ekor.
Minggu ke tiga : 15-21 hari, 4,5 liter/hari/100 elor.
Minggu ke empat : 22-29 hari, 7,7 liter/hari/ekor.
Jadi jumlah air minum yang di butuhkan sampai 4 minggu adalah sebanyak : 122,6 liter/100 ekor.

Pemberian air minum pada hari pertama hendaknya di beri tambahan gula dan obat anti stress kedalam air minumnya. Banyaknya gula yang di berikan adalah : 50 gram/liter air. 

2. fase finisher : Umur 30-57 hari, Terkelompok dalam Masing-masing minggu, Yaitu :

Minggu ke lima : 30-36 hari, 9,5 liter/hari/100 ekor.
Minggu ke enam : 37-43 hari, 10,9 liter/hari/100 ekor.
Minggu ke tujuh : 44-50 hari, 12,7 liter/hari/100 ekor.
Minggu ke delapan : 51-57 hari, 14,1 liter/hari/ekor.
Jadi total air minum 30-57 hari sebanyak : 333,4 liter/hari/ekor.

Pemeliharaan Kandang

Kebersihan lingkungan kandang (Sanitasi) pada areal peternakan merupakan usaha pencegahan penyakit yang paling mudah. Hanya di butuhkan tenaga yang ulet dan terampil saja. Tindakan preventif dengan memberikan vaksin pada ternak dengan merek dan dosis sesuai dengan cacatan pada label yang daroi poultry shoup. Agar bangunan kandang dapat berguna secara efektif, maka bangunan kandang perlu di pelihara secara baik, yaitu kandang selalu di bersihkan dan di jaga/dicek Yang apabila ada bagian yang rusak, supaya segera di sulam dan di perbaiki kembali. Dengan sedemikian daya guna kandang bisa maksimal tampa mengurangi persyaratan kandang bagi ternak yang di budidayakan atau di pelihara.

Hama dan penyakit

Berak darah (Coccidiosis)
Gejala : Tinja berdarah dan mencret, Nafsu makan berkurang, Sayap terkulasi, Bulu kusam menggigil ke dinginan.

Pengendalian 

1. Menjaga kebersihan lingkungan, Dan menjaga litter tetap kering.
Dengan tetra Chloine Capsule di berikan melalui mulut, Noxal, Trisula Zuco tablet di larutkan dalam air minum atau sulfague moxaline, amprolium, cxaldayocox.

2. Tetelo (NCD/New Casstle Diseae)

Gejala : Ayam sulit bernafas, Batuk-batuk, Timbul bunyi ngorok, Lesu, Mata Ngantuk, Sayap terkulasi, Terkadang berdarah, Tinja encer kehijauan yang spesifik adanya gejala (tertikolis) Yaitu kepala Berputar-putar tak menetu dan lumpuh.

Pengendalian :

1. Menjaga kebersihan lingkungan dari peralatan yang tercemar virus, Binatang vektor penyakit tetelo, Ayam yang mati segera di bakar atau di buang.

2. Pisahkan ayam yang sakit, mencegah tamu masuk ke areal peternakan tampa baju yang mensucihamakan/Steril serta melakukan vaksinasi (NCD) Sampai saat ini belum ada obatnya.

Hama Tungau atau Kutuan

Gejala : Ayam gelisah, Sering mematuk-matuk, Dan mengibas-ngibaskan bulu di sebabkan gatal, Nafsu makan turun, Pucat dan kurus.

Pengendalian :

1. Sanitasi lingkungan kandang ayam yang baik, Pisahkan ayam yang sakit dengan ayam yang sehat.

2. Dengan menggunakan karbonat sevin dengan kosentrasi 0,15% dengan mengencerkan dengan air lalu semprotkan dengan menggunakan karbonat sewvin dengan kosentrasi 0.15% yang mengencerkan dengan air kemudian semprotkan ketubuh pasien. Dengan furginasi atau pengasepan menggunakan insektisida yang mudah menguap seperti Nocotine sulfat atau Black leaf 40.

Panen

1. Hasil utama : Untuk usaha ternak ayam pedaging hasil utamanya adalah berupa daging ayam.
2. Hasil tambahan : Usaha ternak ayam broiler atau pedaging adalah berupa tinja atau kotoran kandang dan bulu.

Pascapanen

1. Stoving 

Penampungan ayam sebelum dilakukan pemotongan, Yang biasanya di letakkan di kandang penampungan (Houlding Ground).

2. Pemotongan

Pemotongan ayam di lakukan pada lehernya, Prinsipnya agar darah keluar keseluruhan atau sekitar 2/3 leher terpotong dan di tunggu 1-2 menit, Hal seperti ini agar kualitas daging bagus dan tidak mudah tercemar dan mudah busuk.
    
3. Pengulitan atau pencabutan bulu

Ayam yang telah terpotong tersebut di celupkan kedalam air panas (51,7-54,4 C) Dan lama pencelupan ayam broiler adalah (30 detik). Dan Bulu-bulu yang halus di cabut dengan membubuhkan lilin cair atau di bakar dengan nyala api biru.

4. Pengeluaran jeroan

Bagian bawah dubut di potong sedikit, Dan seluruh isi perut (Hati, Usus, Dan ampela) Di keluarkan. Isi perut tersebut dapat di jual atau dapat di sertakan pada daging siap, Di masak dalam kemasan terpisah.

5. Pemotongan Karkas

Kaki, dan leher ayam di potong, Tunggir di potong jika tidak di sukai, Setelah semua jeroan telah di keluarkan dan juga berkas telah di cuci bersih, Kaki ayam/paha di tekukan di bawah dubur, Lalu ayam di dinginkan lalu di kemas.

Analisis Ekonomi Budaya

1. Analisis Budidaya usaha

Dasar perhitungan biaya : Yang di keluarkan dari pendapatan yang di peroleh dalam analisis ini anatara lain adalah :

1. Jenis yang di pelihara adalah jenis ayam ras pedaging (broiler) dari strain (CP.707).

2. Sistem pemeliharaan yang diterapkan dengan cara intensif pada kandang model postal.

3. Luas tanah yang dp ergunakan yaitu 200 m 2 dengan nilai harga sewa tanah dalam 1 ha/tahun adalah Rp 1.000.000,-

4. Kandang di buat dari kerangka bambu, Lantai tanah, Dan dinding terbuat dari Bilah-bilah bambu dengan alas dinding setinggi 30 cm, Terbuat dari batu bata yang plester dan atap menggunakan genteng.

5. Ukuran kandang, Yaitu tinggi bagian tepinya 2,5 m, lebar kandang 5 m, dan lebar bagian tepi kandang 1,5 m.

6. Lokasi peternakan dekat dengan sumber air dan listrik.

7. Menggunakan alat pemanas (Brooder) gasolec dengan bahan bakar gas.

8. Penerangan dengan lampu listrik.

9. Umur ayam yaitu di mulai dari bibit yang berumur 1 hari.

10. Litter/alas kaandang menggunakan sekam padi.

11. Jenis pakan yang di berikan adalah : BR-1 untuk anak ayam umur 0-4 minggu dan BR-2 untuk umur 4-6 minggu.

12. Tingkat kematian ayam diasumsikan 6%.

13. Lama masa pemeliharaan yaitu 6 minggu (42 hari).

14. Berat Rata-rata per ekor ayam diasumsikan 1,75 gram berat hidup pada saat panen.

15. Harga ayam per kg berat hidup, Yaitu diasumsikan Rp 2500, Walau kisaran harga sampai mencapai Rp 3.000 Ditingkat peternak atau petani.

16. Ayam di jual pada umur 6 minggu atau 42 hari.

17. Nilai pupuk kandang yaitu Rp 60.000.

18. Bunga bank yaitu 1,5%/Bulan.

19. Nilai penyusutan kandang di perhitungkan dengan kekuatan masa pakai 6 tahun dan nilai penyusutan peralatan di perhitungkan dengan masa pakai 5 tahun.

20. Perhitungan Analisis biaya ini hanya di perhitungkan sebagai pedoman dasar karena nilai/harga Sewaktu-waktu dapat mengalami perubahan.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Tips Dan Teknik Budidaya Ayam Ras Pedaging (Broiler) tersebut, Semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/06/tips-dan-teknik-budidaya-ayam-ras.html

45 Responses to “Tips Dan Teknik Budidaya Ayam Ras Pedaging (Broiler)”

Unknown mengatakan...
23 Agustus 2014 pukul 01.00.00 WIB

mas mohon petunjuknya utnuk tips pemberian vaksin dan bitamin pemeliharaan ayam ras pedaging,,,,
mohon pedomanya mas dalam pemberian vaksin dan vitamin,,dan produk apa yg bagus..

mohon petunjuk ya mas..??
sya baru mau memulai usaha ini...
saya berada didaerah Kab.Inhil Riau


Unknown mengatakan...
5 Agustus 2015 pukul 02.22.00 WIB

Terimakasih atas informasinya yang sangat bermanfaat bagi kami semua, dan coba anda lihat informasi berikutnya.News Information Tips Manfaat dan Khasiat Daun Sirsak thanks semuanya semoga bermanfaat.


master togel mengatakan...
2 November 2015 pukul 00.39.00 WIB

SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

…TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

**** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
2.UANG GAIB
3.JUAL TUYUL MEMEK
4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

…=>AKI KANJENG<=…
>>>085-320-279-333<<<


Unknown mengatakan...
27 September 2016 pukul 02.55.00 WIB

Trash is my responsibility, COMMITTED AND MOVING TOGETHER LET'S BE PART OF THE SOLUTION TO SAVE THE FUTURE EARTH.
judi togel online yang aman dan terpercaya


Anonim mengatakan...
5 Oktober 2016 pukul 07.41.00 WIB

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhib SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda


Adi Cahyo mengatakan...
22 Maret 2017 pukul 20.02.00 WIB

STOK PULSA MURAH WWW.JHOVAPULSA.COM
BISA TRX TANPA KODE KECUALI TOKEN PLN
Info Lengkap silakan gabung channel telegram kami: @h2hjhova

TOKEN LISTRIK FEE 175
PP20=19.825
PP50=49.825
PP100=99.825
PP200=199.825
PP500=499.825
PP1000=999.825
CEK HARGA= CH.PP.PIN

Harga INDOSAT :
I5=5,525
I10=10,525
I20=20,000
I25=24,950
I30=30,000
I50=49,400
I100=98,250
IS5=6,050 (PULSA SMS)
IS10=11,650 (PULSA SMS)
IS25=27,800 (PULSA SMS)
CEK HARGA= CH.INDOSAT.PIN

Harga TELKOMSEL :
SS1=1,200 (PULSA SMS)
SS5=5,300 (PULSA SMS)
TN5=5,450
TN10=10,250
TN20=19,900
TN25=24,550
TN50=48,400
TN100=96,100
CEK HARGA= CH.TELKOMSEL.PIN

Harga XL :
X5=5,550
X10=10,550
X15=15,075
X25=24,900
X30=29,900
X50=49,500
X100=98,500
CEK HARGA= CH.XL.PIN

Harga AXIS :
AX5=5,550
AX10=10,550
AX15=15,075
AX25=24,900
AX30=29,900
AX50=49,500
AX100=98,500
CEK HARGA= CH.AXIS.PIN

Harga THREE :
T1=1,000
T2=2,000
T3=3,000
T4=3,975
T5=4,950
T10=9,900
T20=19,800
T25=24,750
T30=29,700
T50=49,500
T100=99,000
CEK HARGA= CH.THREE.PIN

Harga SMARTFREN :
SM5=5,175
SM10=10,175
SM20=20,100
SM25=24,900
SM30=29,900
SM50=49,500
SM60=59,700
SM100=98,000
CEK HARGA= CH.SMARTFREN.PIN

PULSA DATA LENGKAP, Bisa cek harga setelah Daftar.
Cara Daftar: DAFTAR.H2H.NAMA.KOTA
CONTOH: DAFTAR.H2H.CAHAYARELOAD.JAKARTA

Format registrasi dikirim dari HP yang ingin didaftarkan ke SMS Center: 082322227473, 085729208444, 089509220583

Tunggu sampai mendapat balasan Registrasi sukses dari Server kami.
Selanjutnya anda bisa paralelkan id jabber/telegram/nimbuzz/gtalk..
Cara paralel ke SMS Center: K.PARALEL.JABBER.ID_AGEN.ID_JABBER
Contoh: K.PARALEL.JABBER.MA0101.andipulsacell@xmpp.jp

Cara Cek harga Pulsa Data
CH.XLDATA.1234
CH.AXISDATA.1234
CH.TELKOMSELDATA.1234
CH.THREEDATA.1234
CH.INDOSATDATA.1234
CH.BOLT.1234

cara Transaksi= KODE.NOHP.PIN
Contoh: I5.08562844432.1234

SMS Center:
085729208444 (INDOSAT)
082322227473 (TELKOMSEL)
089509220583 (THREE)

Nimbuzz Center:
centerjhova@nimbuzz.com
pusattransaksipulsa@nimbuzz.com

Telegram Center:
@centertrxpulsabot
Panduan trx telegram kunjungi link ini ==> TRANSAKSI PULSA VIA TELEGRAM


Jabber Center:
centerjhova@xmpp.jp
centerjhovapulsa@xmpp.jp
jhovapulsa@xmpp.jp
jhovapulsa@jabbim.com
centerjhova@jabbim.com
6285729208444@jkt.xmpp.id
6285729208444@sgp.xmpp.id
centertransaksi@jabberix.com
centertransaksi@jabber.ru

Gtalk Center:
pusattransaksipulsa@gmail.com
trxpulsa12@gmail.com

Center TTS khusus pemakai Tiger Engine:
tts_315ae365354e_jhovapulsa.trx

Cara deposit:
Ambil tiket terlebih dahulu dengan format: TIKET.NOMINAL.PIN
Contoh: TIKET.1000000.1234
Setelah transfer silakan konfirmasi ke center dengan format: k.isi pesan.pin
Contoh: k.sudah trf 1000212 ke mandiri pengirim an Budi.1234

Contoh laporan sukses:
22/09/15 19:26:53 Yth Andi Reload, Sukses isi 10H ke 08999604038 SN 0922192652109452301. Saldo Rp630.278-Rp9.900=Rp620.378. TRANSAKSI LANCAR...

Contoh laporan gagal:
22/09/15 12:34:06 Yth Andi Reload, isi 50H ke 085778241221 gagal, ket: No tujuan salah. Silakan diperiksa kembali.. SALDO Anda Rp879.078-Rp0=Rp879.078. TRANSAKSI LANCAR...


JHOVA PULSA
Mukiran 2 001/001, Kec. Kaliwungu, Kab. Semarang 50229
CS: 089608013555
Telegram: 089608013555 / @jhovapulsa
Channel Telegram: @h2hjhova
WWW.JHOVAPULSA.COM
SOFTWARE PULSA IRS


Unknown mengatakan...
22 April 2017 pukul 23.58.00 WIB

pakan organik - kami menyediakan bibit azolla untuk pakan bebek. gurame, nila lele, ayam. dengan harga murah dan tentu saja terjangkau serta memiliki kandungan protein yang tinggi, harga perkilo hanya 25 ribu.. siap kirim keluar kota dengan ekspedisi seperti jne, tiki, j & T, ekspedisi bus damri dan ALS. biaya ditanggung pembeli

bayu : 082378483036 WA


Sinarharapanpakanternak mengatakan...
27 Mei 2017 pukul 11.21.00 WIB

Ijin share info berguna min, siapa tahu jadi manfaat bersama. Sedia tepung Roti dari fresh kulit roti tawar. Side product/ bad stock fresh. Tidak repot sortir gula/selai. Non jamur. Lokasi pondok cabe, untuk kebutuhan sekitar tangsel, parung, gn sindur dan depok.
Juga menyediakan basis dasar bahan baku pembuatan pakan ternak lainya seperti tepung kulit udang dan tepung ikan murni.
Cod lokasi/ loco gudang. PM. Hub : 08987300699/ WA


Sinarharapanpakanternak mengatakan...
27 Mei 2017 pukul 11.21.00 WIB

Ijin share info berguna min, siapa tahu jadi manfaat bersama. Sedia tepung Roti dari fresh kulit roti tawar. Side product/ bad stock fresh. Tidak repot sortir gula/selai. Non jamur. Lokasi pondok cabe, untuk kebutuhan sekitar tangsel, parung, gn sindur dan depok.
Juga menyediakan basis dasar bahan baku pembuatan pakan ternak lainya seperti tepung kulit udang dan tepung ikan murni.
Cod lokasi/ loco gudang. PM. Hub : 08987300699/ WA


Ibu Rasmita mengatakan...
7 Januari 2018 pukul 23.55.00 WIB

Assalamualaikum...
senang sekali saya bisa menulis
dan berbagi kepada teman2 melalui tempat ini,
sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga
dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki,
namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang,
hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yang saya punya,
akhirnya saya menanggung hutang ke pelanggan-pelanggan saya totalnya 270 juta dan di bank totalnya 350 juta ,
saya sudah stress dan hampir bunuh diri anak saya 3 orang masih sekolah di smp / sma dan juga anak sementara kuliah,tapi suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anak-anaknya ditengah tagihan hutang yang menumpuk,
demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue,
ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman
dan bercerita kepadanya, alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya.
dulu katanya dia juga seperti saya setelah konsultasi dengan Mbah Saroh hidupnya kembali sukses,
awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama saya pikir2
dan melihat langsung hasilnya, `
saya akhirnya bergabung dan semua petunjuk Mbah Saroh saya ikuti dan hanya 2 hari astagfirullahallazim,
alhamdulilah demi allah dan anak saya, berkat pesugihan putih mbah saroh akhirnya uang gaib 1,5m yang saya pesan benar benar ada di tangan saya,
semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha,
kini saya kembali sukses terimaksih Mbah Saroh saya tidak akan melupakan jasa mbah. yakin dan percaya insya allah,
saya sudah buktikan demi allah silakan kunjungi website di www.pesugihanputih.ga atau KLIK DISINI













































































































KEREN TANIA mengatakan...
10 Februari 2018 pukul 03.15.00 WIB

bosan tidak tahu mesti mengerjakan apa ^^
daripada begong saja, ayo segera bergabung dengan kami di
F*A*N*S*P*O*K*E*R cara bermainnya gampang kok hanya dengan minimal deposit 10.000
ayo tunggu apa lagi buruan daftar di agen kami ^^


Togelpelangi mengatakan...
20 Maret 2018 pukul 11.08.00 WIB

AYO SEMUA BERMAIN DI TOGEL PELANGI JANGAN LEWATKAN PROMO MENARIK DARI KAMI

HUBUNGI KONTAK KAMI :
BBM : D8E23B5C
WHAT APPS : +85581569708
LINE : togelpelangi
WE CHAT : togelpelangi
LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET

SALAM JACKPOT DARI KAMI :)


cecegelis mengatakan...
5 Mei 2018 pukul 06.50.00 WIB

JAGUARQQ AGEN JUDI POKER ONLINE DAN AGEN DOMINO 99 TERPERCAYA DI INDONESIA
Segera daftar dan bermain di JaguarQQ
Hanya dengan minimal deposit dan withdraw sebesar Rp.15.000,-
Anda sudah memiliki kesempatan untuk menangkan hingga jutaan rupiah
JaguarQQ menyediakan 8 Game dalam 1 User ID diantaranya :
-Poker
-AduQ
-BandarQ
-Domino QQ
-Capsa Susun
-Bandar Poker
-Bandar Sakong
-Bandar 66 (NEW)
Segera Gabung dan Dapatkan Promo Terbesar
-Bonus Rollingan 0.5% Setiap Minggu nya (diproses setiap hari Jumat)
-Bonus Refferal 20% Terbesar Seumur Hidup Tanpa Syarat Apapun
Untuk info lebih lanjut Silahkan hubungi Cs JAGUARQQ:
LiveChat 24 Jam Online
PIN BBM : 2AE76E22
WA : 081319506846
WEBSITE :www.jaguarqq.info


CemePoker mengatakan...
30 Oktober 2018 pukul 19.53.00 WIB

BONUS FREECHIP HARIAN!

CemePoker merupakan agen Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang menyediakan berbagai banyak game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sebagai agen judi poker dengan rating win tertinggi.
Cemepoker menjamin 100% keamanan para membernya serta pemain Poker kami DIJAMIN 100% Player VS Player.
Jangan lupa nantikan bonus menarik setiap bulannya dan bonus referal seumur hidup.

Baca juga :
https://www.pokerceme.org/fakta-fakta-kartu-remi-yang-belum-anda-ketahui/
https://www.pokerceme.org/tag/agen-poker/
https://www.pokerceme.org/tips-jitu-meraih-kemenangan-dalam-game-poker-online/

Ayo sekarang di pokerceme.org


Rai Vinsmoke mengatakan...
11 Desember 2018 pukul 07.59.00 WIB

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
Promo Fans**poker saat ini :
- Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
- Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
- Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^


Unknown mengatakan...
25 Desember 2018 pukul 07.23.00 WIB

Alhamdulilah !! Ternyata owh Ternyata, Dapat DUIT 4 Juta sampe Puluhan Juta Sebulan, DISINI GAMPANG GAESS >>> bebepoker,me
~ Bonus New Member Rp10.000
~ Bonus Next Deposit 5%
~ Minimal Deposit Dan WithDraw Rp15.000
~ Bonus Rollingan 0,3 - 0,5%
~ Bonus Referral Up 10% ( Seumur Hidup )


kerajinan furniture jepara mengatakan...
19 Januari 2019 pukul 04.16.00 WIB Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

heriseo61 mengatakan...
27 Februari 2019 pukul 02.52.00 WIB


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
viagra jakarta
viagra asli jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
toko viagra jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko viagra asli
jual viagra asli
harga viagra
harga viagra asli
beli viagra
beli viagra asli
pesan viagra
pesan viagra asli
viagra indonesia
jual pil biru
toko pil biru
agen pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
penjual viagra
penjual viagra asli
viagra original usa
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel original
titan gel rusia
obat cialis
obat kuat cialis
cialis jakarta
cialis asli jakarta
cialis original
cialis england


Ahmad Muchlis mengatakan...
1 Juli 2019 pukul 14.33.00 WIB

terima kasih, dari penjual ayam bakar terlaris di indonesia


Meimei Jevi mengatakan...
10 Juli 2019 pukul 00.39.00 WIB

PUNYA AKUN GOPAY TIDAK DIGUNAKAN ?
DEPOSIT SAJA BERSAMA SITUS RESMI ZEUSBOLA,

HANYA DENGAN 1 USERID BISA BERMAIN SELURUH PERMAINAN DENGAN AMAN DAN SANTAI DEPOSIT VIA GOPAY LOHHH !!


DAFTAR SEKARANG DI ZEUSBOLA

Hubungi Contact Kami Untuk Informasi Lebih Lanjut :

Whatsapp Zeusbola

Link Alternatif ZEUSBOLA : https://zeus303.com/

Deposit Via OVO


Deposit Via Pulsa


Deposit Via Go Pay


Kujungi Juga :

https://medium.com/@shellynnita88/


Agen Bola Terpercaya mengatakan...
10 Juli 2019 pukul 05.09.00 WIB

BONUS 10% SETIAP HARI

Peserta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa layanan guna awal akun permainan judi atau taruhan online buat anda di perutusan judi online yg bertaraf International, berlaku dan terpercaya hanya di zeus bola.

Sbg Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola sudah berkerja sama bersama industri Sbobet beroperasi di Asia yang dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh penguasaan Isle of Man terhadap beroperasi yang merupakan juru taruhan latihan jasmani di dunia.
judi deposit pulsa

Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola ---> http://104.248.148.252/


DewaZeus mengatakan...
21 Juli 2019 pukul 05.35.00 WIB

BISA DEPOSIT PAKAI PULSA

DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan mater master agen taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Dealer Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di bolazeus.

Sebagai Perutusan Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn perseroan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh presiden Isle of Man pada beroperasi yang merupakan juru taruhan sport sedunia.

https://dewazeus.site/tips-penting-memilih-agen-poker-online-deposit-via-pulsa-terpercaya/
https://dewazeus.site/situs-poker-online-deposit-via-pulsa-termurah-hanya-25rb/
livechat wa zeusbola

Ayo gabung sekarang di dewazeus.site


awdawd mengatakan...
25 Agustus 2019 pukul 21.48.00 WIB

warna bulu ayam bangkok aduan terbaik 2019

http://agensabungayam.logdown.com/post/7837654-warna-bulu-ayam-bangkok-aduan-yang-sering-juara

Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita


Sylvia ANg mengatakan...
13 September 2019 pukul 00.50.00 WIB

Sabung Ayam Online kini sangat populer di kanca penghobi ayam aduan di Indonesia, dan sangat booming. Bagi kamu yang belum mengetahui sabung ayam online sebagai seorang penghobi Adu ayam maka anda termasuk orang yang bisa di bilang sudah ketinggalan jaman.

Sabung Ayam Online ini merupakan pertandingan ayam yang di tayangkan secara online, Dengan nuansa Live Streaming. Untuk menonton pertandingan sabung ayam tersebut anda di wajibkan harus memiliki akun Sabugn ayam online tersebut.

Pendaftarannya hanya membutuhkan data diri anda, bisa mendaftar menggunakan data rekening, OVo , Gopay, Linkaja, Baca Selengkapnya mengenai Sabung Ayam Online Linkaja Klik Link di bawah ini :

https://www.linkaja88.com/daftar-sabung-ayam-online-pakai-linkaja/

BONUS 100% TARUHAN SABUNG AYAM ONLINE | KLIK DISINI UNTUK KLAIM BONUS

Baca Juga Artikel Lainnya Klik Salah Satu dibawah ini :
Judi Online Casino Deposit Via Linkaja
Situs Judi Slot Online Terbaru Menggunakan Linkaja
-------


Admin WarnetGea mengatakan...
22 September 2019 pukul 11.59.00 WIB

waw sangat bermanfaat trimkasih sudah berbagi info pertanian secara online,

kunjungi balik cara ternak ayam kampung


Doyan Main mengatakan...
18 Oktober 2019 pukul 16.13.00 WIB

Dapatkan Permainan Sportsbook Terbesar dan Terlengkap Bersama Winning303..
SBOSports - iSports - CSports - OSports

Dapatkan pertandingan paling update di dalamnya...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Live Casino
2. Poker
3. Slot Online
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Hubungi Kami di :
Customer Service 24 Jam
WA: +6287785425244


awdawd mengatakan...
18 Oktober 2019 pukul 23.40.00 WIB

Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

http://agensabungayam.logdown.com/post/7859263-ciri-ciri-ayam-jago-vietnam-super-pukul


Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388 & KungfuChiken.

https://www.sateayam.fun/
https://m1.hj128.club/
Daftar Sabung Ayam sv388
Daftar Sabung Ayam Online S128

Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

Promo Promo BOLAVITA

Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita


Pemainayam.net mengatakan...
1 November 2019 pukul 09.26.00 WIB

Terima kasih informasinya mas :) Sangat bermanfaat sekali...
Sebelumnya ijin bertanya mas, apakah Doping Ayam Jago Aduan Yang Bagus pada artikel https://pemainayam.club/doping-ayam-jago-aduan-yang-bagus/ ini benar ?


Unknown mengatakan...
9 November 2019 pukul 16.55.00 WIB

Bermain poker saat ini telah menjadi bagian dari kegiatan dan aktivitas banyak orang di Indonesia. Hal yang sangat lumrah, masyarakat Indonesia tetap ingin mencari keuntungan dan uang tambahan di setiap adanya kesempatan.

Bonus Freechip Pokerayam :
> Bonus New Member 10%
> Bonus Deposit Harian 5%
> Bonus Rake Back Mingguan

* Situs Poker Indonesia Terpopuler
* Kontak PokerAyam
* Link Alternatif Pokerayam

HUBUNGI KAMI:
http://165.22.51.220/
WA : 0812-2222-1680
LINE : POKERAYAM


UnKnown mengatakan...
10 November 2019 pukul 17.49.00 WIB

Judi poker pulsa adalah salah satu metode transaksi yang banyak digunakan oleh berbagai kalangan untuk setor dana. Saat ini memang sedang trend permainan judi menggunakan pulsa telkomsel, axis dan XL.

http://167.71.214.170/
Texas Poker
Judi Poker
Sakong Online
Judi Poker Pulsa


Kontak Pokervita
Livechat Pokervita
WA: 08122222996
Wechat: pokervitaofficial
Line: vitapoker


awdawd mengatakan...
15 Desember 2019 pukul 00.12.00 WIB

Permainan Sabung Ayam Online di Agen BOLAVITA , dengan minimal deposit hanya Rp 25.000 saja , dan minimal betting hanya Rp 10.000 saja sudah bisa mainkan permainan Sabung Ayam

http://agensabungayam.logdown.com/post/7872127-situs-judi-sabung-ayam-online-via-pulsa

Produk Kami Judi Sabung Ayam Online S128, SV388.

https://www.sateayam.pro/
https://m1.hj128.pw
Daftar Sabung Ayam sv388
Daftar Sabung Ayam Online S128

Agen Sabung Ayam Online Bolavita Banyak Bonus dan Promo Mari Bergabung :

Promo Sabung Ayam Terbaru 8x Win Beruntun.
Bolavita Bisa Deposit Via OVO & GO-Pay.
Sabung Ayam Deposit Via Pulsa XL & TSEL 25rb.

Promo Promo BOLAVITA

Telegram : +62812-2222-995
Wechat : Bolavita
WA : +62812-2222-995
Line : cs_bolavita


BolaZeus mengatakan...
17 Desember 2019 pukul 17.22.00 WIB

BONUS 10% SETIAP HARI

Perwakilan Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan terbaik yg sediakan jasa pelayanan bagi permulaan akun permainan judi atau taruhan online terhadap kamu di kantor cabang judi online yg berkelas International, jadi dan terpercaya hanya di poker deposit pulsa.

Sbg Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dengan industri Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh sang pemimpin Isle of Man buat beroperasi juga sebagai juru taruhan sport sedunia.


https://bolazeus.site/2019/01/02/situs-poker-online-deposit-via-pulsa/
https://bolazeus.site/2019/01/01/kelebihan-bermain-taruhan-online-deposit-via-pulsa/

bonus deposit s128 sabung ayam

Daftar di Link Alternatif anti Internet Positif disini :
link alternatif zeusbola
login zeusbola

Ayo daftar sekarang di Zeusbola


Fenny mengatakan...
17 Januari 2020 pukul 02.04.00 WIB

Pakan Ayam Yang Baru Menetas menjadi hal penting yang wajib anda ketahui sebagai peternak ayam. Untuk membudidaya atau beternak ayam butuh pengalaman dan pengetahuan yang mendalam dari tata cara memelihara mulai dari telur, menetas hingga dewasa. Kami merekomendasi artikel https://pemainayam.club/pakan-ayam-baru-menetas/ untuk anda para pemula yang baru saja terjun di bidang ayam ini :)

Semoga Bermanfaat ya.. #salamsatuhobi

ayam jago


angelkelaba1234@gmail.com mengatakan...
30 Januari 2020 pukul 17.55.00 WIB

Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
Link Alternatif :
arena-domino.club
arena-domino.vip
100% Memuaskan ^-^


Shinisa mengatakan...
23 Februari 2020 pukul 15.33.00 WIB

Slot Online
Daftar Slot Online
Slot Joker123
Cara Bermain Slot Online


samsa mengatakan...
1 Maret 2020 pukul 11.35.00 WIB

Memberikan Daun Kemangi Kepada Ayam Aduan

Manfaat Jantung Pisang Untuk Ayam Aduan


Fenny mengatakan...
15 Maret 2020 pukul 21.29.00 WIB

Bolavita Situs Judi Online yang menyediakan Berbagai Jenis permainan lengkap seperti :

Anda Bisa Menikmati Permainan :
- Sabung Ayam Live
- Casino live
- Slot
- Ding-Dong
- Togel
- Poker Online
- Tembak Ikan
- Dan masih banyak lainnya.

Promo Spesial Bonus 100% Khusus Taruhan Sabung Ayam Dan Casino - Dapat di Klaim Setiap Hari !

Menerima Deposit & Withdraw :
- Transfer Bank ( Semua Jenis Rekening Bank di Indonesia )
- Ovo
- Gopay
- Dana
- Linkaja
- Pulsa

Untuk Minimal Pasang Taruhan Hanya 20ribu Rupiah... Untuk anda yang hobi adu ayam... Jangan sampai lewatkan Promo ini ! Jadi lah orang yang cerdas ..

Gunakan kesempatan Promo ini sebaik mungkin.. Karena promo ini tidak selamanya berlaku ! Kunjungi situs Agen Bolavita sekarang juga !

Jangan sungkan hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :

» Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita

S128
SV388
CASINO
TEMBAK IKAN
SLOT


Angel Tan mengatakan...
18 Maret 2020 pukul 10.07.00 WIB

Promo Spesial Bonus 100% Khusus Judi CASINO Online Disitus Agen Bolavita !

Menyediakan transaksi deposit dan Withdraw menggunakan Ovo, Gopay, Linkaja, Dana, Pulsa dan Semua Jenis rekening Yang ada di Indonesia.

Minimal Deposit & Withdraw yang relatif murah... Hanya Rp 50.000,- Menjamin keamanan dan kenyamanan anda bermain !

Permainan Taruhan Online Yang Tersedia Di Bolavita :

» Sportsbook ( SBOBET / NOVA88 / CBET )
» Casino Online Yang Lengkap
» Sabung Ayam S128 / Sv388
» Togel Online
» Bola Tangkas
» Poker Online
» Slot Online
» Dan Masih Banyak lainnya,..

Link Pendaftaran : http://159.89.197.59/register/

Daftar Bolavita - Bisa Juga Hubungi Kontak Bolavita
» Nomor WhatsApp : +62 812-2222-995


fatimah tki di singapur mengatakan...
8 April 2020 pukul 08.55.00 WIB

Pengakuan tulus dari: FATIMAH TKI, kerja di Singapura

Saya mau mengucapkan terimakasih yg tidak terhingga
Serta penghargaan & rasa kagum yg setinggi-tingginya
kepada KY FATULLOH saya sudah kerja sebagai TKI
selama 5 tahun Disingapura dengan gaji Rp 3.5jt/bln
Tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari
Apalagi setiap bulan Harus mengirimi Ortu di indon
Saya mengetahui situs KY FATULLOH sebenarnya sdh lama
dan jg nama besar Beliau
tapi saya termasuk orang yg tidak terlalu yakin
dengan hal gaib. Karna terdesak masalah ekonomi
apalagi di negri orang akhirnya saya coba tlp beliau
Saya bilang saya terlantar disingapur
tidak ada ongkos pulang.
dan KY FATULLOH menjelaskan persaratanya.
setelah saya kirim biaya ritualnya.
beliau menyuruh saya untuk menunggu
sekitar 3jam. dan pas waktu yg di janjikan beliau menghubungi
dan memberikan no.togel "8924"mulanya saya ragu2
apa mungkin angka ini akan jp. tapi hanya inilah jlnnya.
dengan penuh pengharapan saya BET 200 lembar
gaji bulan ini. dan saya benar2 tidak percaya & hampir pingsan
angka yg diberikan 8924 ternyata benar2 Jackpot….!!!
dapat BLT 500jt, sekali lagi terima kasih banyak KY
sudah kapok kerja jadi TKI, rencana minggu depan mau pulang
Buat KY,saya tidak akan lupa bantuan & budi baik KY.
Demikian kisah nyata dari saya tanpa rekayasa.
Buat Saudaraku yg mau mendapat modal dengan cepat

~~~Hub;~~~

Call: 0823 5329 5783

WhatsApp: +6282353295783

Yang Punya Room Trimakasih

----------


Sylvia ANg mengatakan...
16 April 2020 pukul 22.38.00 WIB

Linkaja88 Adalah Agen Penyedia Judi Sabung Ayam Online Terpercaya di Indonesia. Bagi anda yang hobi pasang taruhan sabung ayam online, Linkaja88 menyediakan pertandingan sabung ayam Live dari produk Sabung Ayam S128 Dan Sabung Ayam Sv388.

Linkaja88 Cukup populer sebagai situs taruhan online di Indonesia. Memiliki Licensi resmi dari Filipina dan menjadi satu-satunya Agen yang menyediakan Judi Online Deposit Menggunakan Linkaja Terbesar di Indonesia.

Promo yang dapat kamu nikmati :

★ Bonus 10% Deposit Pertama !
★ Bonus 5% Deposit Setiap Hari
★ Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x (dapat di Klaim Setiap Hari)
★ Bonus Cashback Mingguan 5% s/d 10%
★ Bonus Referral 7% + 2%
★ Bonus Rollingan 0,5% + 0,7%

Linkaja88 menjadi Agen Judi Online yang menyediakan promo paling besar sepanjang sejarah perjudian Online.

Bagi kamu yang ingin bergabung di Linkaja88 dan menikmati promo yang ada.. Langsung saja daftar dengan mengkunjungi Link dibawah ini :

Link pendaftar Klik : https://bit.ly/3b2Tnq7
Kontak WhatsApp » Klik Link : https://bit.ly/aktif24jam

Bonus Terbesar Dalam Judi Sabung Ayam
Klik Langsung » https://www.linkaja88.net/bonus-terbesar-judi-sabung-ayam-100/


Midnight Story mengatakan...
22 Juli 2020 pukul 02.48.00 WIB

MUSEUMBOLA MENYEDIAKAN SLOT TERLENGKAP DENGAN RIBUAN MESIN SLOT SERTA PULUHAN PROVIDER JUDI SLOT
LANSUNG AKSES KE SITUS KAMI YA RAIH JUARA RATUSAN HINGGA MILIARAN RUPIAH SEHARI NYA!!
DEPOSIT BANK LOCAL :
BCA - MANDIRI - BNI - BRI - DANAMON - JENIUS BTPN DLL

DEPOSIT E-CASH :
OVO - DANA - LINKAJA - GOPAY - SAKUKU - DOKU

DEPOSIT PULSA (DEPOSIT NON RATE/ALIAS TANPA POTONGAN)
-> TELKOMSEL
-> XL / AXIS

Demo SLOT
Slot 888 Dragon
Slot Joker Jewel
Slot Aztec Gem


LINK AKSES :
Agen Togel Sidney
Agen Toto Macau
Museumtoto IDNLive
Museumbola Slot Pulsa
Museumbola Joker123
Museumbola Livecasino
Link Alternatif museumbola
Link Alternatif Museumbola
Link Alternatif Museumbola


MarketingPulsa mengatakan...
4 September 2020 pukul 06.42.00 WIB

Zeusbola - Situs Bandar Judi Online Terlengkap, Teraman & Terpercaya 2020
Menerima Deposit Pulsa, Ovo, Gopay, Dana, Linkaja.
Nikmati Seluruh Kemudahan Bertransaksi Bersama Zeusbola.

Pendaftaran Melalui : https://zeus303.com/

Hubungi Kami Melalui :

Whatsapp : (+62) 822 7710 4607
Telegram : (+62) 813 3355 5996 ( @zeusbola )
Line : zeusbola
Fanspage Facebook : zeusbola.me

http://134.209.98.69/situs-slot-deposit-pulsa-tanpa-potongan/


Fenny mengatakan...
24 September 2020 pukul 11.47.00 WIB

PROMO SPESIAL 100% SABUNG AYAM ONLINE | MENANG TARUHAN BERUNTUN -

Nikmati Promo Spesial Bonus 100% Khusus untuk Taruhan Sabung Ayam Onlie yang di siarkan secara Live (Langsung) dari Arena yang ada di Negara Filipina !

Pertandingan di liput secara live oleh kru proffesional dari Laga Tournament yang di adakan di negara tersebut ! Minimal Deposit hanya IDR 50.000,- Dan Untuk Taruhannya minimal IDR 20.000,- Saja

Dapat di tonton melalui Aplikasi Khusus yang dapat di download dan di Instal di Smartphone Android / iOS kesaangan anda !

Download Aplikasi Sabung Ayam Livenya sekarang juga ! Klik Di sini <<<===

Tersedia :
» Sabung Ayam S128
» Sabung Ayam SV388

Menerima Transakdi Deposit & Withdraw Menggunakan OVO | GOPAY | LINKAJA | DANA | PULSA dan SEMUA JENIS REKENING BANK DI INDONESIA.

Untuk Informasi selengkapnya, Hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :

» Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita


MBO128NET mengatakan...
4 Februari 2021 pukul 18.08.00 WIB

Bandar Togel Terpercaya
SITUS TOGEL TERBAIK
AGEN TOGEL TERBAIK 2021
Bandar Togel Indonesia
Situs Agen Togel Terbaik
SITUS TOGEL DEPOSIT PULSA

MBO128 AGEN TOGEL TERBAIK 2021

Bingung cari situs online TERPERCAYA???
Yuk sini gabung langsung bersama MBO128
Menyediakan berbagai permainan Online

Minimal DEPOSIT Rp.25.000
Minimal TARIK DANA Rp.50.000

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR TOGEL ONLINE

KONTAK : WhastApp: 0852-2255-5128

Transaksi bisa dilakukan melalui Via :

• PULSA ( Telkomsel , XL – Axis ) Bisa isi dari Counter / Transfer Pulsa / Alfamart dan Indomaret TANPA POTONGAN PULSA

• BANK ( BCA, Mandiri, BNI, BRI, Danamon, Permata,Semua Bank Nasional dan Daerah )

• E-Money ( OVO, Dana, LinkAja, PayPro, GoPay)


seiyuuryu mengatakan...
29 Juni 2021 pukul 00.55.00 WIB

Winning303

PENAWARAN PROMOSI:
Promo Deposit Pulsa dengan Potongan 20% Via TELKOMSEL / XL

Memberikan Permainan Paling Seru dengan Tingkat Kemenangan yang tinggi... Yakin anda susah menang??? coba saja di winning303.. Kemenangan tidak akan jauh dari semangat anda!!
Raih Jackpot Spesial yang bisa anda dapatkan...dengan modal kecil dapatkan bonus BESAR...
Hanya di Winning303...

Winning303 juga menyediakan permainan lain dengan 1 ID...
1. Sportsbook / SBOBET
2. Live Casino / Baccarat live sexy
3. Slot Online / Slot JOKER
4. Sabung Ayam S128 / sv388
5. Poker IG / Poker IDN POKER

• Bonus new member 20%
• Bonus Next Deposit 10%
• Bonus rollingan poker sampai 0,5 %
• Bonus referral sampai SEUMUR HIDUP
• Bonus Cashback 5-10 %
• Bonus Menang 7x sabung ayam sv388

Ayo Langsung bergabung dengan kami...
Customer Service 24 Jam
Hubungi Kami di :
Website : Winning303,us (ganti koma jadi titik)
WA:+6287785425244


Posting Komentar