Tips Dan Teknik Budidaya Ayam Ras Petelur

Yang di maksut ayam peliharaan atau (Gallus gallus domesticus) Adalah unggas yang biasa di pelihara manusia guna untuk di manfaatkan buat keperluan hidup, Ayam peliharaan merupakan keturunan lansung dari salah satu Subspesiaes ayam hutan yang di kenal sebagai ayam hutan merah atau ayam bangkiwa (bankiva fowi) Kawin saling santarras ayam telah menghasilkan ratusan Galur unggul atau galur murni dengan Bermacam-macam fungsi, Yang paling umum adalah Ayam potong, (Untuk dipotong) Dan ayam petelur, Untuk (Diambil telurnya) Ayam biasa dapat juga di kawin silang dengan kerabat dekatnya, (Ayam hutan hijau) Yang menghasilkan hibrida mandul yang yang jantanya di kenal sebagai ayam Bekisar.

Dengan populasi lebih dari 24 miliar pada tahun 2003, (Firefly's Bird Encyclopaedia) Menyatakan Ada lebih banyak ayam di dunia ini dari pada Burung-burung lainya. Ayam memasok 2 sumber protein dalam Pangan adalah : Daging Ayam Dan Telurnya Ayam. Ayam peliharaan berasal dari domestik ayam hutan merah, Atau ayam (bangkiwa Gallus gallus) yang hidup di india. Namun demikian pengujian molekular menunjukkan kemungkinan sumbangan plasma nutfah dari G. Sonneratii karena ayam hutan merah tidak memiliki sifat kulit warna kuning yang menjadi salah satu Ciri-ciri ayam peliharaan.

Ayam menunjukkan perbedaan morfologi diantara kedua tipe kelamin, (dimorfisme sesual) Dan ayam jantan (Jago rooster) lebih etraktif, dan berukuran lebih besar. Dan bulu ekor panjang menjuntai. Ayam betina (babon hen) relatif kecil, dan berukuran kecil, dan jalu endek atau nyaris tidak kelihatan. Berjengger kecil, dan bulu ekornya pendek, Perkelaminan ini diatur oleh sistem hormon. Jika terjadi gangguan pada fungsi fisiologi tubuhnya, Ayam betina bisa berganti kelamin menjadi jantan karena ayam dewasa masih memiliki ovotestis yang dorman dan Sewaktu-waktu bisa aktif.


Sebagai hewan peliharaan ayam mampu mengikuti kemana saja manusia membawanya. Hewan ini sangat adaptif dan dapat di katakan bisa hidup di sembarang tempat, Asal tersedia makanan untuknya. Karena kebanyakan ayam peliharaan sudah kehilangan kemampuan terbang yang bagus dan baik. Dan ayam lebih banyak menghabiskan waktunya di tanah atau dan Terkdang di pohon. Dan Terkadang Anak-anak ayam di mangsa oleh unggas pemangsa seperti burung elang.

1. Sejarah Singkat

Ayam petelur, adalah Ayam-ayam betina dewasa yang di pelihara khusus untuk diambil Telur-telurnya. Asal mula ayam unggas adalah berasal dari ayam dan itik liar yang di tangkap dan di pelihara serta dapat bertelur cukup banyak. Dari tahun ke tahun ayam hutan dari wilayah dunia di seleksi secara ketat oleh para pakar ayam. Dan arah seleksi di tujukan kepada produksi yang banyak. Karena ayam hutan tadi dapat di ambil telur dan dagingnya, maka arah dari produki yang banyak dalam seleksi tadi mulai Spesifik. Ayam yang terseleksi untuk tujuan produksi daging di kenal dengan ayam broiler. Sedangkan untuk produksi telur di kenal sebagai ayam petelur. Selain dari itu seleksi juga di arahkan pda warna kulit telur hingga kemudian di kenal sebagai ayam petelur putih dan ayam petelur coklat. Persilangan dan seleksi itu di lakukan dengan cukup lama sehingga menghasilkan aym petelur seperti yang telah ada saat sekarang ini. Di dalam setiap kali persilangan Sifat-sifat jelek di buang dan sifat baik di pertahankan, Terus di murnikan. Inilah yang kemudian di kenal dengan ayam petelur Unggul.

Menginjak awal tehun 1900-an Ayam-ayam liar tersebut tetap pada tempatnya akrab dengan pola kehidupan masyarakat di pedesaan. Lalu memasuki periode pada tahun 1940-an Orang-orang mulai mengenal ayam lain selain dari ayam liar tersebut. Dan orang mulai membedakan antara ayam orang belanda (Pada masa itu belanda menjajah indonesia) dengan ayam liar di indonesia. Ayam liar ini kemudian di namakan ayam lokal yang kemudian di sebut ayam kampung, Karena keberadaan ayam itu memang berada di pedesaan. Sementara ayam belanda di sebut dengan ayam luar negri yang kemudian lebih akrab dengan sebutan ayam negeri, (Dikala itu masih merupakan ayam negeri galur murni) Dan ayam semacam ini masih bisa di jumpai di tahun 1950-an yang di pelihara oleh beberapa orang penggemar Ayam. Pada saat itu Sifat-sifat ayam di anggap seperti ayam kampung saja, Apabila telurnya enak di makan, Maka dagingnya juga enak di makan. Namun pendapat itu ternyata tidaklah benar, Ayam negeri/Ayam ras ini ternyata bertelur bnayak tetapi dagingnya tidak enak atau kurang manis dagingnya.

White leghorn yang khusus dan pada umumnya setelah habis masa produktifnya, Antipati orang terhadap daging ayam ras ini cukup lama, Hingga menjelang akhir priode 1990-an. Pada ketika itu mulai merebak peternakan ayam broiler yang memang khusus untuk daging. sementara ayam petelur dwiguna/ayam petelur cokelat mulai pula menjamur. di sinilah masyarakat mulai sadar bahwa ayam ras mempunyai klasifikasi sebagai petelur handal dan pedaging yang enak. Lalu mulailah terjadi pula persaingan tajam antara telur dan daging ayam ras, Dengan telur dan daging ayam kampung. Sementara itu telur ayam ras cokelat mulai di atas angin, sedangkan telur ayam kampung mulai terpuruk pada penggunaan resep makanan tradisional saja. Persaingan inilah menandakan maraknya peternakan ayam petelur.

Ayam kampung memang bertelur dan dagingnya memang bertelur dagingnya dapat di makan juga. Tetapi tidak dapat diklafikasikan sebagai ayam dwiguna secara komersial unggul. Sebabnya, dasar genetis antara ayam kampung dan ayam ras petelur dwiguna terebut Sangat berbeda jauh sekali, Ayam kampung dengan kemampuan adaptasi yang luarbiasa baiknya. Sehingga ayam kampung dapat menggantisipasi perubahan iklim dengan dengan baik di bandingkan ayam ras, Hanya kemampuan genetisnya yang membedakan produksi kedua Ayam-ayam ini. Walaupun ayam ras tersebut juga berasal dari ayam liar di Asia dan Afrika.

2. Sentra Perikanan

Ayam telah di kembangkan sangat pesat di setiap negara, sentra peternakan ayam petelur telah di jumpai di seluruh pelosok indonesia, Terutama di pulau jawa dan sumatra, Tetapi peternakan ayam telah menyebar di asia dan afrika serta sebagian dari eropa.

3. Jenis Jenis ayam petelur terbagi menjadi 2 tipe :

1. Tipe ayam petelur ringan

Tpie ayam ini di sebut dengan ayam petelur putih, Ayam petelur ringan ini mempunyai badan yang ramping/kurus, mungil dan kecil. Dan matanya bersinar. Bulunya berwarna putih bersih, dan berjengger merah. Ayam ini berasal dari galur murci white leghorn, Ayam galur ini sangat sulit di cari, Tetapi ayam petelur ringan komersial banyak di jual di indonesia dengan berbagai nama. Di setiap pembibit ayam petelur di indonesia pasti pasti memiliki dan menjual ayam petelur ringan (Petelur putih) komersial ini. Ayam ini mampu bertelur lebih dari 260 telur pertahun, produksi henhouse. Sebagai petelur Ayam tipe seperti ini memang khusus untuk bertelur saja, Sehingga semua kemampuan dirinya di arahkan kepada kemampuan bertelur saja. Karena dagingnya hanya sefikit, Ayam petelur ringan ini Sensitif terhadap cuaca panas dan keributan. Karena ayam ini mudah terkejut atau kaget dan apa bila ayam ini kaget produksinya akan cepat turun, Begitu juga apabila kepanasan.

2. Tipe ayam petelur Medium

Bobot tubuh ayam ini cukup berat, Meskipun itu beratnya masih berada di antara berat ayam petelur ringan juga ayam broler. Oleh karena itu ayam ini di sebut tipe ayam petelur medium. Tubuh ayam ini tidak lah kurus, Tetapi juga tidak terlihat gemuk. Telurnya cukup banyak dan juga dapat menghasilkan daging yang banyak. Tipe ayam ini di sebut juga dengan dwoguna. Karena warnanya cokelat. Maka ayam ini di sebut juga dengan petelur cokelat yang pada umumnya mempunyai warna bulu yang cokelat. Di pasaran Orang-orang mengatakan telur cokelat lebih di sukai dari pada telur yang berwarna putih. Kalau di lihat dari warna kulitnya memang lebih menarik yang cokelat dari pada yang putih. Tetapi dari segi gizi dan rasanya relatif sama saja. Nah, Satu hal yang berbeda adalah harga di pasaran, Harga telur cokelat lebih mahal dari pada telur putih, Hal ini di karenakan telur cokelat lebih berat dari pada telur yang putih. Dan produksi telur cokelat lebih sedikit dari pada telur putih. Selain dari itu daging dari ayam petelur medium akan lebih laris di jual sebagai ayam pedaging dengan rasa yang enak.

4. Manfaat

Ayam-ayam petelur unggul yang ada sangat baik di pakai sebagai plasma nutfah untuk menghasilakan bibit yang bermutu. Hasil kotoran dan limbah dari pemotongan ayam petelur merupakan penghasilan samping yang dapat di olah menjadi pupuk Kandang. Kompas atau sumber energi (biogas) sedangkan seperti usus dan jeroan ayam dapat di jadikan sebagai pakan ternak unggas setelah di keringkan. Selain dari itu ayam di manfaatkan juga dalam upacara keagamaan.

5. Persyaratan Lokasi

1. Lokasi yng jauh dri keramaian atau perumahan penduduk
2. Lokasi yang mudah di jangkau dari Pusat-pusat pemasaran
3. Lokasi yang terpilih dan yang bersifat menetap (Tidak Berpindah-pindah)

6. Pedoman Teknis Budidaya    

1. Persiapan sarana dan peralatan

A. Kandang

Iklim yang cocok untuk beternak ayam petelur meliputi persyaratan temperatur berkisar antara (32,2-35 °C) Dan lelembaban berkisar antara (60-70%) Penerangan atau pemanasan kandang sesuai dengan aturan yang ada, Tata letak kandang agar mendapat sinar matahari pagi dan tidak melawan arah mata pada angin kencang serta sirkulasi udara yang cukup baik. Jangan membuat kandang dengan permukaan lahan yang berbukit karena menghalangi sirkulasi udara dan membahayakan aliran air permukaan bila turunya hujan. Sebaiknya kandang di bangun dengan sistem terbuka agar hembusan angin cukup memberikan kesegaran di dalam kandang. Dan untuk kontruksi kandang tidak harus dengan bahan yang harga mahal. Yang penting kuat, bersih dan tahan lama. Selanjutnya perlengkapan kandang hendaklah di sediakan selengkap mungkin seperti tempat pakan. Seperti tempat minum, Tempat air, Tempat ransum, Tempat Obat-obatan dan sistem alat Pemanasan dan penerangan.

1. Bentuk-bentuk kandang berdasarkan menjadi 2 sistem sebagai berikut di bawah ini :

A. Sistem kandang koloni : Satu kandang untuk banyak ayam, yang terdiri dari ribuan ekor ayam petelur.
   

B. Sistem kandang individual : Kandang ini lebih di kenal dengan sebutan cage, Ciri-ciri kandang ini adalah pengaruh individu di dalam kandang tersebut menjadi dominan karena satu kotak kandang untuk satu ekor. ayam. Kandang sistem ini banyak di gunakan dalam peternakan ayam petelur komersial.

2. Jenis-jenis kandang berdasarkan Lantainya dibagi menjadi 3 macam, Seperti berikut di bawah ini :

1. Kandang dengan lantai liter : Kandang ini di buat dengan lantai yang dilapisi dengan kulit padi. 
Pesak/Sekam padi, Dan kandang ini pada umumnya di terapkan pada kandang sistem koloni.

2. Kandang dengan lantai kolong berlubang : Untuk sistem kandang ini terdiri dari batu atau kayu kosa dengan Lubang-lubang Diantaranya, Yang nantinya untuk membuang tinja ayam dan lansung pada tempat pembuangan.

3. Kandang dengan lantai campuran liter dengan kolong berlubang : Dengan perbandingan 40% luas lantai kandang untuk alas liter dan 60% luas lantai dengan kolong berlubang terdiri dari 30% di kanan, Dan 30% di kiri.

B. Peralatan

Peralatan ini terbagi menjadi 4, Sebagai berikut di bawah ini.

1. Alas lantai (Litter)

Alas lantai (Litter) Harus dalam keadaan kering, Maka tidak ada atap yang bocor dan air hujan tidak ada yang masuk walaupun angin kencang. Tebal litter setinggi 10 cm, Dan bahan liter di pakai campuran dari kulit Padi/Sekam dengan sedikit kapur dan pasir secukupnya. atau hasi serutan kayu dengna panjang antara 3-5 cm untuk mengganti kulit Padi/sekam.

2. Tempat bertelur

Penyediaan tempat bertelur, Agar mudah mengmabil telurnyadan kulit telur tidak menjadi kotor, bisa di buat kotak yang berukuran (30 x 35 x 45 cm) yang cukup untuk 4-5 ekor ayam. Dan kotak di letakkan di dinding kandang dengan lebih tinggi dengan 4 bertengger. Kemudian penempatanya agar mudah pengambilan telur dari luar, sehingga telur tidak pecah dan terinjak-injak serta di makan. Dasar tempat bertelur di buat miring dari kawat hingga telur lansung keluar sarang setelah bertelur dapat di buat lubang yang lebih besar dari besar telur pada dasar sarang.

3. Tempat bertengger

Tempat bertengger untuk tempat Istirahat atau tidur ayam, di buat dekat dinding dan di usahakan kotoran jatuh ke lantai yang mudah di bersihkan dari luar. Di buat tertutup agar terhindar dari angin dan letaknya lebih rendah dari tempat bertelur.

4. Tempat makan minum dan tempat grit

Tempat makan dan minum haruslah tersedia cukup, bahanya bisa dari bambu, almunium atau apa saja yang kuat asal tidak bocor dan berkarat.Untuk tempat grit, dengan kotak yang khusus.

2. Penyimpanan Bibit

1. Ayam petelur yang akan di pelihara haruslah memenuhi syarat antara lain sebagai berikut.

a. Ayam petelur harus sehat dan tidak cacat fisiknya
b. Pertumbuhan dan perkembangan normal
c. Ayam petelur berasal dari bibit yang diketahui keunggulanya

Ada beberapa pedoman teknis untuk memilih bibit/DOC (Day Old Chicken)/ Ayam umur sehari.

a. Anak ayam (DOC) berasal dari induk yang sehat
b. Bulu tampak halus dan penuh serta baik pertumbuhanya
c. Tidak terdapat kecacatan pada tubuhnya
d. Anak ayam mempunyai nafsu makan yang baik
e. Ukuran badan normal, Dan ukuran berat badan antara 35-40 gram
f. Tidak ada letakan tinja di duburnya

A. Pemilihan bibit dan caalon induk    

Penyiapan bibit ayam petelur yang berkreteria baik dalam hal ini tergantung sebagai berikut di bawah ini.

1. Konversi Ransum

Konversi ransum merupakan perabandingan antara ransum yang di habiskan ayam dalam menghasilkan sejumlah telur. Keadaan ini sering di sebut dengan ransum per kiligram telur. Ayam yang baik akan makan sejumlah ransum dan menghasilkan telur yang lebih banyak dan lebih besar dari pada sejumlah ransum yang di makannya. Apabila ayam tersebut makan terlalu terlalu banyak dan bertelur sedikit, maka hal seperti ini merupakan cermin buruk pada ayam, Bila bibit ayam mempunyai konversi yang kecil maka bibit itu dapat di pilih. Nilai konversi ini di kemukakan berikut ini pada berbagai bibit ayam dan juga dapat diketahui dari lembaran daging yang sering di bagikan pembibit kepada peternak dalam setiap promosi penjualan bibit Ayamnya.

2. Produksi telur

Produksi telur sudah tentu menjadi perhatian, Dipilih bibit yang dapat memproduksi telur yang banyak, Tetapi konversi ransum tetap utama, sebab, Ayam yang produksi telurnya tinggi tetapi makanya juga banyak...! Tidak menguntungkan.

3. Prestasi bibit dilapangan/dipeternakan

Apabila kedua hal yang diatas telah baik maka kemampuan ayam untuk bertelur hanya dalam sebatas kemampuan bibit tersebut. Contoh prestasi beberapa jenis bibit ayam petelur dapat dilihat pada Data-data di bawah ini, - Babcock B-300 v : Berbulu putih, Type ringan, Produksi telur (hen house) 270, ransum 1,82 kg/dosin telur.

- Dexalb xl-link : Berbulu putih, type ringan, produksi telur (hen house) 255-280, ransum 1,8-2.0 kg/dosin telur.

- Hisex White : Berbulu putih, type ringan, produksi telur (hen house) 288, ransum 1,89 gram/dosin telur.

- H & W nick : Berbulu putih, type ringan, produsi telur (hen house) 272, ransum 1,7-1,9 kg/dosin telur.
    
- Hubbarb leghorn : Berbulu putih, type ringan, produksi telur (hen house) 260, ransum 1,8-1,86 kg/dosin telur.

- Ross White : Berbulu putih, type ringan, produsi telur (hen house) 275, ransum 1,9 kg/dosin telur.

- Shaver S 288 : Berbulu putih, type ringan, produksi telur (hen house) 280, ransum 1,7-1,9 kg/dosin telur.

- Babcock B 380 : Berbulu cokelat, type Dwiguna produksi telur (hen house) 260-275 ransum 2,9 kg/dosin telur.

- Hisex brown : Berbulu cokelat, type dwiguna, produksi telur (hen house) 272, ransum 1,98 kg/dosin telur.

- Hubbarb golden cornet : Berbulu cokelat, type Dwiguna, produksi telur (hen house) 260, ransum 1,24-1,3 kg/dosin telur.

- Ross Brown : Berbulu cokelat, type Dwiguna, produksi telur (hen house) 270, ransum 2,0 kg/dosin telur.

- Shaver star cross 579 : Berbulu cokelat, type Dwiguna, produksi telur (hen house) 265, ransum 2,0-2,08 kg/dosin telur.

- Warren sex sal link : Berbulu cokelat, type Dwiguna, produksi telur (hen house) 280, ransum 2,04 kg/dosin telur.

3. Pemeliharaan 

1. Sanitasi dan tindakan Preventif

Kebersihan lingkungan kandang (Sanitasi) Pada areal peternakan merupakan usaha pencegahan penyakit yang paling mudah, Hanya di butuhkan tenaga yang ulet/terampil saja. Tindakan Preventif dengan dengan memberikan vaksin pada ternak dengan merek dan dosis sesuai catatan pada label yang dari poultry shoup.

2. Pemberian pakan

Untuk pemberian pakan ayam petelur ada 2 macam fase, yaitu fase starter (umur 0,4 minggu) Dan fase finisher (umur 4-6 minggu)

A. Kualitas dan kuantitas pakan fase starter adalah sebagai berikut ini.

1. Kwalitas atau kandungan zat gizi pakan terdiri dari protein 22-24%, Lemak 2,5%, Serat kasar 4% Kalsium (Ca) 1% Phospor (p) 0,7-0,9% ME 2800-3500 Kcal.

2. Kwantitas pakan terbagi/digolongan menjadi 4 golongkan Yaitu :

Minggu pertama, (Umur 1-7 hari) 17 gram/hari/ekor.
Minggu kedua, (Umur 8-14 hari) 43 gram/hari/ekor.
Minggu ketiga, (Umur 15-21 hari) 66 gram.hari/ekor.
Minggu ke empat, (Umur 22-29 hari) 91 gram/hari/ekor. Jadi jumlah pakan yang di butuhkan tiap ekor sampai pada umur 4 minggu sebesar 1.520 gram.   

3. Kwalitas dan kwantitas pakan fase finisher adalah sebagai berikut di bawah ini.

- Kwalitas atau kandungan zat gizi pakan terdiri dari protein 18,1-21,2%, Lemak 2,5%, Serat kasar 4,5%, Dan Kalsium (Ca) 1% Phospor (P) 0,7-0,9% Dan Energi (ME) 2900-3400 Kcal.

- Kwantitas pakan terbagi/digolongkan dalam 4 golongan umur yaitu :

Minggu kelima (Umur 30-35 hari) 111 gram/hari/ekor.
Minggu ke enam (Umur 37-43 hari) 129 gram/hari/ekor.
Minggu ke tujuh (Umur 44-50 hari) 146 gram/hari/ekor.
Minggu ke delapan (Umur 51-57 hari) 161 gram/hari/ekor.Jadi jumlah total pakan per ekor pada umur 30-57 hari adalah 3.829 gram.

Dan pemberian minum di sesuaikan dengan umur ayam, Dalam hal ini di kelompokkan dalam 2 fase, Yaitu :

1. Fase starter (Umur 1-29 hari) Dan kebutuhan air minum terbagi lagi pada Masing-masing minggu Yaitu :

Minggu pertama : (1-7 hari) 1,8 liter/hari/100 ekor.
Minggu kedua : (8-14 hari) 3,1 liter/hari/100 ekor.
Minggu ketiga : (15-21 hari) 4,5 liter/hari/100 ekor.
Minggu keempat : (22-29 hari) 7,7 liter/hari/ekor.

Jadi, Jumlah air minum yang di butuhkan sampai umur 4 minggu adalah sebanyak (122,6 liter/100 ekor. Pemberian air minum pada hari pertama Hendaklah di beri tambahan gula dan obat anti stress kedalam air minumanya. Banyak gula yang di berikan, Adalah (50 gram/liter air).

2. Fase finisher (Umur 30-57 hari) Kelompok Masing-masing minggu yaitu :

Mimggu ke lima : (30-36 hari) 9,5 liter/hari/100 ekor.
Minggu ke enam : (37-43 hari) 10,9 liter/hari/100 ekor.
Minggu ke tujuh : (44-57 hari) 12,7 liter/hari/100 ekor
Minggu ke delapan : (51-57 hari) 14,1 liter/hari/ekor, Jadi total air minum (30-57 hari) Sebanyak (333,4) liter/hari/ekor.

3. Vaksinasi merupakan salah satu cara mengendalikan penyakit virus yang menular dengan cara menciptakan kekebalan tunuh. Pemberianya secara teratur sangat penting untuk mencegah penyakit. Dan Vaksin di bagi menjadi 2 macam Yaitu :

1. Vaksin aktif adalah vaksin yang mrngandung Virus hidup, Kekebalan yang di timbulkan lebih lama dari pada dengan vaksin inaktif/pasif.

2. Vaksin anaktif. Vaksin anaktif ini adalah, Vaksin yang mengandung virus yang telah di lemahkan atau telah di matikan tampa merubah struktur antigenic. Sehingga mampu membentuk zat kebal. Kekebalan yang di timbulkan lebih pendek, Dan keuntunganya di suntikkan kepada ayam yang di duga sakit.

Macam-macam Vaksin :

1. Vaksin NCD Virus lasota buatan Drh Kuryna.
2. Vaksin NCD Virus komarov buatan Drh Kuryna (Vaktif anaktif).
3. Vaksin NCD HB-1/Pestos.
4. Vaksin Cacar/pox, Virus Diftose.
5.Vaksin anti NCD Vaksin Lyomarex untuk Marek.

Persyaratan dalam Vaksinasi :

1. Ayam yang vaksinasi haruslah sehat.
2. Dosis dan kemasan vaksin harus tepat dan benar.
3. Sterilisasi Alat-alat.

Pemeliharaan Kandang :

Agar bangunan kandang bisa berguna secara efektif, Maka bangunan kandang perlu di pelihara secara baik, Yaitu kandang selalu di bersihkan dan di jaga atau di Cek apabila ada bagian kandang yang rusak supaya segera Di sulam dan di perbaiki kembali. Dengan demikian daya guna kandang bisa maksimal tampa mengurangi persyaratan kandang bagi ternak yang di budidaya/di pelihara.

7. Hama dan penyakit

1. Penyakit karena bakteri

A. Berak putih (pullorum) Menyerang ayam kampung dengan angka kematian yang sangat tinggi.
Penyebab : Salmonella pullorum, Pengendalian diobati dengan Antibiotika.

B. Foel typhoid : Sasaran yang sering terkena penyakit adlah ayam muda remaja dan dewasa.
Penyebab : Salmonella gallinarum. Gejala : Ayam-ayam mengeluarkan tinja yang berwarna hijau Kekuning-kuningan. Pengendalian : Dengan antibiotika/preparat sulfa.

C. Parathyphoid : Menyerang ayam di bawah umur satu bulan.
Penyebab : Bakteri dan genus Salmonella.
Pengendalian : Dengan prepatat sulfa/obat sejenisnya.

D. Kolera : Penyakit ini jarang menyerang anak ayam atau ayam remaja, Tetapi selain menyerang ayam menyerang kalkun dan burung merpati.
Penyebab : pasteurella multocida.
Gejala : Pada serangan yang serius pial ayam (Gelambir di bawah paruh) Akan membesar.

E. Pilek Ayam (Coryza) : Menyerang semua umur ayam dan yang pertama menyerang Anak ayam.
Penyebab : Makhluk intermediet antara virus dan bakteri.
Gejala : Ayam yang terserang akan menunjukkan Tanda-tanda seperti orang pilek.
Pengendalian : Bisa di sembuhkan dengan Antibiotika/preparat sulfa.

F. CRD : CRD Adalah penyakit pada ayam yang populer di indonesia, Menyerang aanak ayam dan ayam remaja.
Pengendalian : Di lakukan dengan antibiotika (Spiramisin dan Tilosin).

G. Infeksi synovitis : Penyakit ini sering menyerang ayam muda terutama ayam broiler dan kalkun.
Penyebab : Bakteri dari genus Mycoplasma.
Pengendalian : Dengan Antibiotika.

2. Penyakit karena Virus

A. Newcastle disease (ND)

ND Adalah penyakit oleh virus yang populer di peternak ayam di indonesia. Pada awalnya penyakit di temukan pada tahun 1926 di daerah priangan. Penemuan tersebut tidak tersebar luas di seluruh dunia/dunia peternakan ayam. kemudian di Eropa, Penyakit ini di temukan lagi dan di beritakan ke seluruh Dunia. Dan akhirnya penyakit ini di namakan Newcatle disease.

B. Infeksi bronchitis

Infeksi bronchitis ini menyerang semua umur ayam, Pada dewasa penyakit ini menurunkan produksi telur, Penyakit ini merupakan penyakit pernafasan yang serius untuk anak ayam juga ayam remaja. Tingkat kematian ayam dewasa adalah rendah, Tetapi pada anak ayam mencapai 40% bila menyerang ayam petelur menyebabkan telur jadi lembek. Dan kulit telur tidak normal, putih telur encer, dan kuning telur mudah Berpindah-pindah tempat (Kuning telur yang normal tepat pada Tengah telur) Tidak ada pengobatan untuk penyakit ini, Tetapi bisa di cegah dengan vaksinasi.

C. Infeksi laryngotracheitis

Infeksi laryngotracheitis Merupakan penyakit pernafasan yang serius terjadi pada unggas.
Penyebab : Virus yang diidentifikasikan dengan tarpeia avium, Virus ini di luar mudah di bunuh dengan desinfektan, Misalnya, Karbol.
Pengendalian :

a. Belum ada obat untuk mengatasi penyakit ini,
b. Pencegahan di lakukan dengan vaksinasi dan sanitasi yang ketat.

D. Cacar Ayam (Fowl pox)

Gejala : Tubuh ayam bagian jengger yang terserang akan Bercak-bercak cacar.
Penyebab : Virus Borreeliota avium.
Pengendalian : Dengan Vaksinasi.

E. Marek

Penyakit ini menjadi populer sejak tahun 1980-an Dan hingga kini menyerang Bangsa Unggas. Akibat seranganya menyebabkan kematian ayam sampai 50%.
Pengendalian : Dengan Vaksinasi.

F. Gumboro

Penyakit ini di temukan pada tahun 1962 oleh (Cosgrove) di daerah Delmarva Amerika serikat. Penyakit ini menyerang bursa frabisius, Khususnya menyerang Anak-anak ayam yang ber umur 3-6 Minggu.

3. Penyakit karena jamur dan Toksin

Penyakit ini karna ada jamur atau sejenisnya yang merusak makanan, Hasil perusakan ini mengeluarkan zat racun yang kemudian di makan ayam. ada pula pengolahan bahan yang menyebabkan asam amino berubah menkadi zat beracun. Berikut beberapa penyakit ini adalah :

A. Muntah darah hitam (Gizzerosin)

Ciri-ciri kerusakan total pada gizzard ayam.
Penyebab : Adalah racun dalam tepung ikan, Tetapi tidak semua tepung ikan menimbulkan penyakit ini. Timbulnya penyakit ini akibat pemanasan bahan makanan yang menguraikan asam amino hingga menjadi racun.
Pengendalian : Belum di temukan.

B. Racun dari bungkil kacang

Minyak yang tinggi dalam bungkil kelapa dan bungkil kacang, merangsang pertumbuhan jamur dari grup Aspergillus. Untuk menghindari keracunan bungkil kacang maka dalam rancung tidak di gunakan antioksidan atau bungkil kacang dan bungkil kelapa yang mengandung kadar lemak tinggi.  

4. Penyakit karena parasit

A. Cacing

Karena penyakit cacing jarang di temukan di peternakan yang bersih dan terpelihara baik. Tetapi peternakan yang kotor banyak siput air dan minuman kotor maka bisa jadi ayam terserang cacingan. Ciri-ciri serangan cacingan adalah tubuhnya kurus, bulunya kusam, produksi telur merosot dan kurang aktif.

B. Kutu

Banyak menyerang ayam di peternkan Indonesia. Dari luar kutu tidak terlihat tapi bila bulu ayam di sibak akan terlihat kutunya. Tanda fisik ayam terserang, ayam akan gelisah. Kutu pada umumnya terdapat dalam kandang yang tidak terkena sinar matahari langsung, Maka sisi kandang diarahkan melintang dari timur ke barat. Dan penggunaan semprotan kutu sama dengan cara penyemprotan nyamuk. Penyemprotan ini tidak boleh mengenai tangan dan mata secara lansung, Penyemprotan di lakukan pada malam hari, Sehingga pelaksanaanya lebuh mudah karena Ayam-ayam tidak aktif.

5. Penyakit karena Protozoa

Penyakit ini berasal daro protozoa, (trichomoniasis, Hexamitiasis, Dan Blachead) Penyakit ini di masukkan ke golongan parasit, Tetapi sebenarnya berbeda. Penyakit ini jarang menyerang ayam lingkungan peternakan di jaga kebersihan dari alang-alang dan genangan air.

8. Panen

1. Hasil utama

Hasil utama budidaya ayam petelur adalah berupa telur yang di hasilkan ileh ayam. sebaiknya telur di panen 3 kali dalam sehari. Hal ini bertujuan agar kerusakan isi telur yang di sebabkan oleh virus, dapat terhindar dan terkurangi. Pengmabilan pertama pada pagi hari antara pukul 10.00-11.00. Dan pengambilan ke 2 pukul 13.00-14.00. Kemudian pengambilan ke 3 / Terakhir, sambil mengecek seluruh kandang di lakukan pada pukul 15.00-16.00.   

2. Hasil tambahan

Hasil tamnahan yang dapat di nikmati dari hasil budidaya ayam petelur adalah, Daging dari ayam yang telah tua, (Afkir) Dan kotoran yang dapat di jual untuk di jadikan pupuk kandang.

3. Pengumpulan

Telur yang telah di hasilkan diambil dan di letakkan diatas egg tray (nampan telur). Dalam pengambilan dan pengumpulan telur. Petugas pengambil harus lansung memisahkan antara telur normal dan dengan yang abnormal. Telur normal adalah telur yang oval, Bersih dan berkulit mulus serta beratnya 57,6 gram dengan volume sebesar 63 cc. Dan telur yang abnormal, Misal telurnya kecil atau terlalu besar, Berkulit retak atau keriting dan berbentuk lonjong.

4. Pembersihan

Setelah telur di kumpulkan, Kemudian telur yang kotor karena terkena litter atau tinja ayam di bersihkan. Telur yang terkena litter bisa di bersihkan dengan amplas besi yang halus. Dan di cuci secara khusus atau dengan cairan pembersih. Seperti biasanya pembersihan di lakukan untuk telur tetas.

9. Analisis Ekonomi Budidaya

Analisis usaha budidaya : Perkiraan analisis budidaya ayam petelur buras (150 ekor) tahun 1998 di bintaro, jakarta.

Biaya produksi

Modal tetap (investasi)
Kandang dan atap-------------------------------Rp. 225.000,-Induk 150 ekor @ Rp17.500,-----------------Rp. 2.626.000,-

 Jumlah biaya modal tetap----------------------------Rp. 2.850.000,-

Modal kerja/variabel

Pakan 90 gr x 150 x Rp. 1.210,-/kg x 30-------- Rp. 490.000,-

Penyusutan kandang (4tahun)-------------------- Rp. 4.700,-

Penyusutan induk (umur produktif 2 tahun)------- Rp. 109.375,-

Obat-obatan------------------------------------- Rp. 1.000,-

Resiko kematian 3% per tahun------------------- Rp. 6.565,-

Jumlah biaya modal kerja---------------------------- Rp. 611.640,-

Jumlah biaya produksi------------------------------- Rp. 611.640,-

Pendapatan

Telur 60 x Rp. 650,- x 30 ----------------------------Rp. 1.170.000,-

Ayam afkir 141 ekor x Rp. 10.000,------------------ Rp. 58.750,-

Jumlah pendapatan --------------------------------------- Rp. 1.228.750,-

Keuntungan

Rp. 1228.750,- – Rp. 611.640,- =--------------------- Rp. 617.110,-4)

Parameter kelayakan usaha

a. B/C ratio = 2,0

Keterangan :

Perhitungan biaya dan pendapatan dilakukan dalam 1 bulan

Harga-harga diperhitungkan pada bulan November 1998

Diperlukan luas tanah 40 m 2
   
2. Gambaran peluang Agribisnis

Kebutuhan telur dewasa ini dalam negri terus meningkat sejalan dengan peningkatan pola hidup manusia dalam meningkatkan kebutuhan akan protein hewani yang berasal dari telur, Selain dari itu adanya program pemerintah dalam meningkatkan gizi masyarakat, Terutama Untuk Anak-anak. Kebutuhan akan telur yang terus meningkat tidak di imbangi dengan produksi telur yang besar, Sehingga terjadilah kekurangan persediaan telur yang mengakibatkan harga telur melambung/mahal.Dengan melihat kondisi tersebut budidaya ayam petelur dapat memberikan keuntungan yang yang menjanjikan bila di kelola secara intensif dan terpadu.

Sekian terimakasih karena anda telah menyimak dan membaca artikel Tips Dan Teknik Budidaya Ayam Ras Petelur tersebut, Semoga banyak manfaatnya untuk anda tentunya pengunjung saya http://sabdaalamnusantara.blogspot.com/2013/05/tips-dan-teknik-budidaya-ayam-ras.html

30 Responses to “Tips Dan Teknik Budidaya Ayam Ras Petelur ”

Google Partner mengatakan...
15 September 2015 pukul 13.10.00 WIB

Makasih infonya gan ternak pertama || Informasi Peternakan


988Bet Trade In mengatakan...
31 Januari 2016 pukul 15.18.00 WIB

Artikel nya bagus min

kalau artikel saya gmn min?
Agen Judi
Bandar Judi
Agen Bola Bonus
Bandar Asia77
Agen Poker
Agen Asia8
Agen 1sCasino
Agen Casino
Agen Bola IBCBET
Agen Bola Sbobet
Prediksi Bola


Agen Judi | Agen Sbobet | Agen Bola | Agen Judi Online

http://988bet.com/
http://988bet.com/prediksi-wolverhampton-vs-preston-north-end-13-februari-2016/
http://988bet.com/prediksi-skor-swansea-city-vs-southampton-13-februari-2016/
http://988bet.com/prediksi-sunderland-vs-manchester-united-13-februari-2016/
http://988bet.com/prediksi-sheffield-wednesday-vs-brentford-13-februari-2016/
http://988bet.com/prediksi-rotherham-united-vs-birmingham-13-februari-2016/
http://988bet.com/prediksi-skor-reading-vs-burnley-tanggal-13-februari-2016/


Anonim mengatakan...
5 Oktober 2016 pukul 08.07.00 WIB

Assalamu Alaikum wr-wb, perkenalkan nama saya ibu Rosnida zainab asal Kalimantan Timur, saya ingin mempublikasikan KISAH KESUKSESAN saya menjadi seorang PNS. saya ingin berbagi kesuksesan keseluruh pegawai honorer di instansi pemerintahan manapun, saya mengabdikan diri sebagai guru disebuah desa terpencil di daerah surakarta, dan disini daerah tempat mengajar hanya dialiri listrik tenaga surya, saya melakukan ini demi kepentingan anak murid saya yang ingin menggapai cita-cita, Sudah 9 tahun saya jadi tenaga honor belum diangkat jadi PNS Bahkan saya sudah 4 kali mengikuti ujian, dan membayar 70 jt namun hailnya nol uang pun tidak kembali bahkan saya sempat putus asah, pada suatu hari sekolah tempat saya mengajar mendapat tamu istimewa dari salah seorang pejabat tinggi dari kantor BKN pusat Jl. Letjen Sutoyo No. 12 Jakarta Timur karena saya sendiri mendapat penghargaan pengawai honorer teladan, disinilah awal perkenalan saya dengan beliau, dan secara kebetulan beliau menitipkan nomor hp pribadinya 0853-1144-2258 atas nama Drs Muh Tauhib SH.MSI beliaulah yang selama ini membantu perjalan karir saya menjadi PEGAWAI NEGERI SIPIL.alhamdulillah berkat bantuan bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI SK saya dan 2 teman saya tahun ini sudah keluar, bagi anda yang ingin seperti saya silahkan hubungi bapak Drs Muh Tauhib SH.MSI, siapa tau beliau bisa membantu anda


KEREN TANIA mengatakan...
12 Februari 2018 pukul 03.00.00 WIB

ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo gabung di fanspoker
ditunggu apa lagi mari segera bergabung dengan kami ya ^^


UCHIHA SASUKE mengatakan...
20 April 2018 pukul 05.02.00 WIB


Poker Online yang pasti dan aman hanya di www,ionQQ,net... pin bb : 58a-b14-f5


Karolina mengatakan...
21 April 2018 pukul 10.02.00 WIB

Artikel detail dan lebih mengerucut ke analisa usaha ternak ayam petelur ya pak.

Sebenarnya ada beberapa tahapan dalam ternak ayam petelur. Kebetulan saya telah membuat panduan ternak ayam petelur mulai dari pemilihan indukan/bibit hingga pasca panen, bisa cek Disini


Poker Kartu Online mengatakan...
14 November 2018 pukul 02.28.00 WIB

PROMO BONUS DEPOSIT HARIAN INDOKARTU

Minimal Deposit!

=== 7 Permainan 1 USER ID ===
JUDI KARTU ONLINE & AGEN POKER ONLINE
INDOKARTU merupakan web judi poker online Indonesia resmi dan terlengkap dalam menyediakan permainan judi online seperti poker online, domino online, bandar ceme online, blackjack online, Bahkan sebagai web Agen Poker Online uang asli yang menyediakan transaksi dari bank BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, memberikan minimal deposit yang sangat murah serta menyediakan hadiah jackpot setiap harinya dan bisa main dengan para player dari seluruh daerah yang ada di Indonesia. Main poker online terpercaya di IndoKartu

http://www.indokartu.info/2018/07/22/cara-bermain-poker-online-di-situs-terpercaya/
http://www.indokartu.info/2018/07/25/cara-bermain-capsa-susun-online-di-situs-terpercaya/
http://www.indokartu.info/2018/07/31/tips-dan-trik-bermain-domino-qiu-qiu-online/


Ayo main sekarang di indokartu.net


Dave Thames mengatakan...
11 Desember 2018 pukul 06.57.00 WIB

Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
hanya di D*EW*A*P*K / pin bb D87604A1
dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)


heriseo61 mengatakan...
27 Februari 2019 pukul 02.57.00 WIB


viagra
viagra asli
jual viagra
toko viagra
viagra usa
viagra original
obat viagra
viagra pfizer
obat kuat viagra
obat viagra asli
agen viagra
agen viagra asli
apotik viagra
apotik viagra asli
viagra jakarta
viagra asli jakarta
obat kuat jakarta
obat kuat asli jakarta
jual viagra jakarta
toko viagra jakarta
agen viagra jakarta
apotik viagra jakarta
toko viagra asli
jual viagra asli
harga viagra
harga viagra asli
beli viagra
beli viagra asli
pesan viagra
pesan viagra asli
viagra indonesia
jual pil biru
toko pil biru
agen pil biru
jual obat kuat
toko obat kuat
penjual viagra
penjual viagra asli
viagra original usa
viagra asli pfizer
viagra asli usa
viagra asli original
titan gel jakarta
titan gel asli jakarta
titan gel original
titan gel rusia
obat cialis
obat kuat cialis
cialis jakarta
cialis asli jakarta
cialis original
cialis england


Chika Tan mengatakan...
15 Juli 2019 pukul 03.17.00 WIB

WIN323 - Merupakan Situs Online Betting NO.1 Di Indonesia.
Dengan WIN RATE tertinggi 97% + Bonus Bonus Super Heboh yang bisa
anda dapatkan setiap hari nya!!

Bonus Bonus Super Heboh Dari WIN323
~ Bonus New Member : 20%
~ Bonus Next Deposit : 5%
~ Bonus Cash Back : 5%

Minimal Deposit : Rp.25.000
Minimal Withdraw : Rp.25.000

Untuk permainan terbaru FAFA SLOT BONUS NEW MEMBER 100% dengan maximal Bonus Rp.250.000 , Dengan mininimal deposit Rp 25.000,-
syarat TO x 8
Contoh : 25.000 + 25.000 * 8 = 400.000
Minimal WD 50.000


TEMBAK IKAN ONLINE

Bonus Deposit 50%
Minimal Deposit Rp25.000
Max Bonus Rp. 1.000.000,-
TO x 15 + BONUS

Bonus Deposit 10%
Minimal Deposit : Rp.50.000,-
Max Bonus : Rp. 500.000,-
TO x 7 + BONUS

CASHBACK 10%
Bonus Cashback hanya diberikan kepada player yang tidak mengclaim bonus next deposit

Tunggu apalagi mari langsung bergabung bersama WIN323 dan jadilah
pemenang di setiap taruhan yang Bossku lakukan :)

Contact Person WIN323 :
BB : E3E94F65
LINE : win323a

WA : +855 78 633 430 ( WIN323 )


DewaZeus mengatakan...
22 Juli 2019 pukul 05.35.00 WIB

BISA DEPOSIT PAKE PULSA

DewaZeus merupakan bagian dari situs ZeusBola, yg merupakan master agen mater taruhan judi bola, Casino, Poker, taruhan sabung ayam online S128, CF88 DewaPoker, Live Casino Agen Resmi Lisensi Filipina Paling Terpercaya di Indonesia, hanya di http://104.248.148.252/.

Yang Merupakan Peserta Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama bersama perusahaan Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man buat beroperasi sbg juru taruhan olahraga sedunia.

main judi pakai pulsa
https://dewazeus.site/situs-agen-taruhan-poker-deposit-via-pulsa-2019/
livechat zeusbola

Ayo join sekarang di dewazeus.site


Vini Wong mengatakan...
19 Agustus 2019 pukul 05.54.00 WIB

Bossku , Dalam Permainan pastinya ada Menang & Kalah nya dong !
Tapi kalau kalah terus Menang pun Jarang Mungkin Rezeki Bossku gak di sana , kalau udah seperti itu Buruan pindah bosku ke EDENPOKER .
BERMINAT menambah penghasilan join ke edenpoker(.)XYZ

# Minimal Deposit IDR 15.000,-
# Minimal Withdraw IDR 15.000,-
# Bonus New Member 10.000,-
# Bonus Deposit 5%,-
# Bonus Rollingan 0.5%,-
# Bonus Referral 10%,-

WA : +855 7863 3569
LIVE CHAT : edenpoker(.)xyz


Doyan Main mengatakan...
15 Desember 2019 pukul 14.56.00 WIB

Belum Pernah Dapat Jackpot Slot? Cobalah Bermain Slot Kami...
Winning303.org
Rasakan Jackpot Setiap Hari...Dapatkan Juga Bonus Rollingan Setiap Hari....
Seru Bukan??? Yang Pastinya Anda Tidak Akan Berpaling Lagi...

Mainkan Permainan Lainnya Dengan 1 User ID Saja...
1. Live Casino
2. Poker
3. Sportsbook
4. Lottery/Togel
5. Sabung Ayam

Hubungi Segera:
WA: 087785425244
Cs 24 Jam Online


CemePoker mengatakan...
27 Desember 2019 pukul 19.18.00 WIB

BISA DEPOSIT via GoPay

CemePoker merupakan delegasi Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yang sediakan bermacam macam tidak sedikit game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg delegasi judi poker dgn rating win tertinggi.
Cemepoker menjamin 100% keamanan separo membernya serta pemain Poker hamba dijamin 100% Player VS Player.
jangan sampai cabar nantikan hadiah mengunggut setiap bulannya dan kompensasi referal sama tua pandangan hidup

https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

Ayo daftar hari ini hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/


Angel Tan mengatakan...
18 Januari 2020 pukul 23.49.00 WIB

Terima kasih min informasinya :) Salam Sukses Selalu min...

Mau tanya min.. Apakah Benar, Pakan Ayam Baru Menetas itu benar seperti yang ada pada artikel https://pemainayam.club/pakan-ayam-baru-menetas/ ini ? ..

Mohon masukannya min ... Terima kasih sebelumnya..


Sylvia ANg mengatakan...
21 Januari 2020 pukul 02.40.00 WIB

Klaim Promo Bonus 100% ! Anda bisa langsung mengklaimnya bila resmi terdaftar di Agen Linkaja88 !
Kunjungi » https://www.linkaja88.net/

Tersedia banyak permainan dengan berbagai provider yang sangat lengkap !

SBOBET
368BET
CBET
BACCARAT
JUDI DADU
BLACKJACK
ROULETTE
SLOT ONLINE
SV388
S128
TOGEL
TEMBAK IKAN

Dapatkan secara Gratis Aplikasi Sabung Ayam S128
Klik Link Disamping » https://www.linkaja88.net/gratis-download-aplikasi-sabung-ayam-s128/

Kontak WhatsApp online 24 Jam : +62812-2222-995


Unknown mengatakan...
1 Februari 2020 pukul 05.29.00 WIB

Tentunya semua ingin menang di dalam bermain saat memilih judi poker sebagai salah satu permainan yang menguntungkan bettor. Pasti anda akan mnecari situs yang dapat memberikana kenyamanan dan pelayanan yang maksimal saat akan memainkannya.

Bonus Freechip Pokerayam
> Bonus New Member 10%
> Bonus Deposit Harian 5%
> Bonus Rake Back Mingguan

Menerima Berbagai Metode Transaksi Terlengkap di Indonesia Minimal Deposit 10rb
- Semua Bank Lokal
- OVO
- Gopay
- Dana
- Pulsa (Minimal Deposit 25rb Rate Terbaik)

* https://pokerayam.club/mendapatkan-penghasilan-dari-situs-idn-poker-indonesia/
* Daftar Akun Poker Pakai Dana
* Kontak PokerAyam
* Link Alternatif Pokerayam

HUBUNGI KAMI:
pokerayam.cc
WA : 0812-2222-1680
LINE : POKERAYAM


Sumarni mengatakan...
3 Februari 2020 pukul 18.01.00 WIB

Nikmati Bonus Freechip di Ulang Tahun Agen Bolavita Di Bulan Maret 2020 !

Bolavita Menyediakan permainan yang sangat lengkap ! Memiliki Licensi Resmi Yang Berlokasi di Filipina, Aman dan Terjamin Keamanannya !

Menyediakan Deposit Via Linkaja, Ovo, Gopay, Dana, Pulsa Xl & Telkomsel serta Semua jenis rekening bank di Indonesia..

Untuk anda yang hobi bermain judi online... Daftar sekarang juga di Bolavita !

Baca Promo Klik link di samping ini » http://159.89.197.59/freechip-ulang-tahun-bolavita-ke-7/

Kontak Resmi :
» Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita

#agenbolavita #bandarbolavita #situsbolavita #casino #sabungayam #roulette #judidadu #judionline #bandaronline

SABUNG AYAM S128
SV388
SLOT
CASINO
TEMBAK IKAN
SPORTSBOOK


Angel Tan mengatakan...
26 Februari 2020 pukul 05.32.00 WIB

Bolavita Menyediakan permainan yang sangat lengkap ! Memiliki Licensi Resmi Yang Berlokasi di Filipina, Aman dan Terjamin Keamanannya !

Tersedia juga banyak bonus meriah lainnya yang dapat anda Klaim setiap Hari !

Jangan sungkan hubungi Kontak Cs kami yang online 24 Jam dibawah ini :

» Nomor WhatsApp : +62812-2222-995
» ID Telegram : @bolavitacc
» ID Wechat : Bolavita
» ID Line : cs_bolavita

#agenbolavita #bandarbolavita #situsbolavita #casino #sabungayam #roulette #judidadu #judionline #bandaronline

S128
SV388
CASINO
TEMBAK IKAN
SLOT


beng mengatakan...
20 Maret 2020 pukul 13.28.00 WIB

Winning303

Agen judi online terbaru

Tersedia games :
Poker
sports
live casino
slots
togel
sabung ayam

Link terbaru kami
www.winning303.pw

Info lebih lanjut :
WA : 0877 8542 5244


moris mengatakan...
28 Maret 2020 pukul 15.34.00 WIB

Dapatkan Double Bonus dari Donaco Poker Setiap Hari!!
Mau Tau Caranya??? Ayo Daftar..!!.atau Hubungi Kami Segera......

WHATSAPP : +6281333555662


Sumarni mengatakan...
11 April 2020 pukul 03.54.00 WIB

Bolavita adalah situs agen judi online yang menyediakan berbagai jenis permainan taruhan online yang cukup lengkap antara lain adalah sabung ayam live, casino live, poker online, tembak ikan, togel online, bola tangkas, slot, ding-dong, taruhan bola, basket dan masih banyak lainnya....

Tersedia Deposit & Withdraw Menggunakan :
» Rekening Bank
» Ovo
» Gopay
» Dana
» Linkaja
» Pulsa

Tersedia Bonus :

» Bonus Deposit pertama 10%
» Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
» Bonus Rollingan 0.5% + 0.7%
» Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x

Link pendaftar : http://159.89.197.59/register/
Kontak WhatsApp » Klik Link : https://bit.ly/aktif24jam


Mr Sam .. mengatakan...
14 April 2020 pukul 02.16.00 WIB

Winning303

Dengan Banyak Promo Yang Menarik dan Raih Kemenanganmu Sebanyak - Banyaknya

Tersedia Banyak Permainan Menarik dari Kami :
Sports
Slot
Live casino
Togel
Sabung Ayam

Silahkan Klik ID Gratis Sabung Ayam

www.winning303.pw


Fenny mengatakan...
24 September 2020 pukul 12.07.00 WIB

BOLAVITA Adalah Agen Judi Online Indonesia yang berdiri sejak 2013. Menjadi salah satu Judi Online Terpercaya di Indonesia yang menyediakan berbagai jenis permainan yang sangat lengkap dan sudah di akui banyak kalangan pecinta judi online Di Indonesia.

Tersedia :
• Daftar Judi Online Deposit Ovo
• Daftar Judi Online Deposit Gopay
• Daftar Judi Online Deposit Dana
• Daftar Judi Online Deposit Linkaja
• Daftar Judi Online Deposit Pulsa
• Daftar Judi Online Deposit Bank

Promo :
★ Bonus Deposit Pertama 10%
★ Bonus Deposit Setiap Hari 5%
★ Bonus Cashback Mingguan 5% - 10%
★ Bonus Referral 7% + 2%
★ Bonus Rollingan 0,5% + 0,7%
★ Bonus 100% Win Beruntun 8x, 9x, 10x

Tersedia :
» Judi Bola Online / Sportsbook
» Sabung Ayam ( Wala / Meron )
» Casino Live ( Player / Banker )
» Slot online ( Mesin Jackpot )
» Togel Online ( Toto Online )
» Bola Tangkas ( Tangkasnet / 88Tangkas )
» Tembak Ikan ( Fishing Hunter )
» Poker Online
» Domino
» Dan Masih Banyak Lainnya.

Link Pendaftaran »»»» https://bit.ly/3b2Tnq7
Kontak WhatsApp »»»» Klik Link : https://bit.ly/aktif24jam
Link Layanan Live Chat (24 Jam Online) »»»» https://bit.ly/2VD8fER


msmcalista mengatakan...
6 Januari 2021 pukul 04.23.00 WIB

Museumpoker situs IDN Poker terbaik Indonesia deposit termurah hadir memberikan layanan taruhan permainan online hingga 9 jenis permainan. Rating kemenangan tertinggi tanpa adanya robot serta admin.

9 Permainan Dalam 1 Akun
* Poker
* DominoQQ
* Bandar Ceme
* Ceme Keliling
* Capsa Susun
* Pot Limit Super10
* Omaha
* Blackjack
* Superbull

Promo Terbaru MuseumPoker
- Bonus Deposit Harian
- Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL / Axis
- Bonus Deposit New Member 20%
- Bonus Mingguan 0.5%
- Bonus Jackpot

Daftar Poker Online

Kontak Resmi
WA : +6282267932581
LINE : museumpoker
Telegram : +6282267932581

Bandar Poker Online Indonesia

Museumpoker Situs Judi Poker Deposit Gopay Dan OVO


Alexandra Christie mengatakan...
23 April 2021 pukul 15.46.00 WIB

Ayo Cobain Sensasi Bermain Promo Freechip Tanpa Deposit... Join Disini Sekarang Kumpulan Berbagai Macam Permainan Taruhan Online Terbaik, Kunjungi Website Kami Di Klik Disini dan Dapatkan Bonus Terbaru 8X 9X 10X win klik disini untuk mendapatkan akun Sabung Ayam anda dan Bonus Berlimpah.
3


Unknown mengatakan...
27 Mei 2021 pukul 02.06.00 WIB

CLUB388CASH SLOT & CASINO ONLINE INDONESIA TERBARU 2021

CLUB388CASH adalah situs judi slot online terbaik 2021 yang sudah sangat diminati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Dengan jumlah deposit yang terjangkau sudah bisa memainkan semua permainan yang tersedia.
Minimal Deposit Rp.10.000,-
Minimal Withdraw Rp.50.000.-

Join bersama kami sekarang juga di CLUB388CASH
Bonus New Member 10%
Bonus Harian 5%

Yuk Buruan Join Sekarang Bersama Kami Di CLUB388CASH Situs Judi Slot Online Indonesia Terpercaya 2021
Banyak Permainan yang Mudah Mendapatkan JACKPOT!

Untuk pendaftaran bisa langsung Klik link berikut :
DAFTAR JUDI SLOT ONLINE

KONTAK :
WhastApp: 0819-1005-3031

Judi Slot Online Club388
Deposit Pulsa Tanpa Potongan
Poker Online
Situs Poker Online
Situs Poker Deposit Pulsa


Indyyy mengatakan...
17 Agustus 2021 pukul 07.44.00 WIB

PROMO PULSA TANPA POTONGAN
ZEUSBOLA SOLUSINYA....

AGEN TOGEL & SLOT TERBAIK & TERPERCAYA.
TERSEDIA DEPOSIT BANK, OVO, GOPAY, DANA, LINKAJA
AJAK TEMANMU DAN DAPATKAN BONUS REFFERALNYA..
MELAYANI 24JAM LOH..
☎️ Whatsapp : +62 822-7710-4607
☎️ Link Whatsapp : https://zeusbo.la/whatsapp


Doyan Main mengatakan...
22 Agustus 2021 pukul 22.21.00 WIB

BOLAVITA Agent yang menereima Deposit pulsa & E-wallet

Info hub
WA:0812 2222 995


Unknown mengatakan...
7 September 2021 pukul 05.22.00 WIB

CARI SITUS BANDAR YANG AMAN DAN TERPERCAYA?
PASTINY DI ZEUSBOLA DONG.

ZEUSBOLA MERUPAKAN SITUS BANDAR YANG SANGAT TERPOPULER DI MASYARAKAT INDONESIA,KAMI JUGA MENYEDIAKAN GAME YANG MEBUAT ANDA TIDAK BOSAN DAN JUGA BISA MEMBUAT ANDA JADI JUTAWAN LOHH

MELAYANI DEPOSIT PULSA DAN DEPOSIT REKENING

SEGERA DAFTAR DAN DAPATKAN HADIAH MENARIK SEPERTI JUATAAN RUPIAH DAN IPHONE 11 PRO MAX YA


untuk info selanjutnya hubungi cs kami di
instagram : zeusbola.official





Posting Komentar